Apa Penyebab Terjadinya Cedera Tendon Achilles dan Siapa yang Lebih Berisiko?

Dipublish tanggal: Agu 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 18, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apa Penyebab  Terjadinya Cedera Tendon Achilles dan Siapa yang Lebih Berisiko?

Apa itu Tendon Achilles?

Tendon adalah jaringan berbentuk pita yang menghubungkan otot ke tulang. Tendon Achilles terletak di bagian belakang kaki bagian bawah dan menghubungkan otot betis ke tulang tumit. 

Tendon Achilles berfungsi untuk memfasilitasi berjalan dengan membantu mengangkat tumit dari tanah.

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Cefspan 100mg cap 1

Apa itu Ruptur Tendon Achilles? 

Ruptur tendon Achilles adalah robekan lengkap atau sebagian yang terjadi ketika tendon diregangkan melebihi kapasitasnya. 

Ruptur tendon Achilles biasanya terjadi ketika seseorang melompat, berputar dengan kuat, atau terjadi percepatan berlari yang tiba-tiba. Cedera pada tendon juga bisa terjadi karena jatuh atau tersandung.

Ruptur tendon Achilles paling sering terlihat pada "pejuang akhir pekan" yang  biasanya merupakan orang paruh baya yang berpartisipasi dalam olahraga di waktu luang mereka (akhir pekan). 

Pada kondisi yang lebih jarang terjadi, penyakit atau obat-obatan, seperti steroid atau antibiotik tertentu, dapat melemahkan tendon dan berkontribusi terhadap ruptur tendon Achilles.

Siapa pun dapat mengalami cedera pada tendon Achilles mereka, tetapi beberapa orang lebih rentan daripada yang lain. Sejumlah faktor intrinsik dan ekstrinsik, termasuk strain berulang yang berlebihan, tampaknya berpengaruh terhadap degenerasi dan rupturnya tendon Achilles. 

Namun hingga saat ini, belum diketahui penyebab utama yang menyebabkan robeknya tendon Achilles, mengingat penyebab terjadinya cedera dipengaruhi oleh multifaktorial, rumit, dan tidak sepenuhnya dipahami.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antibiotik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 24

Berikut beberapa penyebab dan faktor risiko yang dinilai bertanggung jawab terhadap terjadinya cedera tendon Achilles.

Kondisi Medis Terkait

Penyakit sistemik yang memengaruhi tendon Achilles meliputi:

Tendinitis Achilles 

Adalah suatu kondisi dimana kolagen pada tendon mengalami kerusakan sehingga menyebabkan tendon menjadi lebih rapuh. Kondisi ini lebih sering terjadi pada pelari, pesenam, pesepeda, dan pemain bola voli. 

Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya hiperpronasi yang menyebabkan tendon meregang dan robek. Selain itu, tendon dapat menahan 8-10 kali berat badan seseorang saat menjalani latihan berat atau ketika seseorang berlari dengan jari-jari kakinya (berlari jinjit).

Perubahan jadwal dan / atau tingkat Intensitas Latihan

Menambahkan jarak tempuh saat menjalani rutinitas lari harian atau berpartisipasi dalam latihan pliometrik yang memerlukan gerakan eksplosif, seperti burpee atau lompatan kotak dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya robekan pada tendon.

Perubahan Arena Berolahraga

Seperti ketika seorang pemain tenis yang awalnya bermain di lapangan rumput, beralih ke lapangan tanah liat, atau ketika seorang atlet mengganti sepatu.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Pasca Stroke 5 Kali Visit di NK Health

Untuk Pemulihan Pasien, pasca pemulihan dari rawat inap stroke. Latihan termasuk Anamnesa dan Tes Khusus, dengan terapi Bobath Method, Breathing Exercise, PNF (Procioceptive Neuromuscular Stabilization), Modality dan Exercise Therapy. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi pasca stroke 1x visit di nk health

Menegangnya Otot Betis

Otot-otot betis yang tegang atau lemah dapat mengalami peregangan berlebihan, sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan otot dan jaringan lunak di sekitarnya.

Perbedaan Panjang Kaki

Walaupun kondisi ini jarang terjadi, namun kondisi ini dapat menyebabkan tubuh untuk mengkompensasi dan menempatkan struktur jaringan lunak seperti tendon Achilles yang berisiko menyebabkan terjadinya cedera

Sering Mengenakan Sepatu Hak Tinggi 

Sering mengenakan sepatu hak tinggi dapat memendekan tendon Achilles, membuatnya lebih rentan terhadap cedera.

Latihan Berlebihan

Latihan berlebihan seperti berlari menanjak bukit, dapat menyebabkan terjadinya mikro trauma pada tendon Achilles. Jika kondisi ini berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, kondisi ini mungkin dapat menyebabkan terjadinya cedera simtomatik yang lebih parah.

Usia

Bertambahnya usia (di atas 30 tahun) berkontribusi terhadap penurunan suplai darah ke tendon, membuat mereka lebih rentan terhadap cedera

Penggunaan Obat-Obatan Tertentu

Penggunaan antibiotik fluoroquinolone, seperti ciprofloxacin (Cipro), gemifloxacin (Factive), atau levofloxacin (Levaquin), dapat meningkatkan terjadinya cedera tendon Achilles.

Pes Cavus (Kaki Melengkung)

Telapak kaki dengan kelengkungan yang tinggi dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi mengalami tendinopati Achilles

Peradangan Sendi

Beberapa jenis arthritis tertentu, seperti ankylosing spondylitis atau psoriatic arthritis, juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami cedera tendon Achilles.

Pasien dengan satu atau lebih faktor risiko cedera Achilles yang mengalami nyeri berulang atau kelemahan di bagian belakang tumit atau pergelangan kaki disarankan untuk mencari perhatian medis. 

Ruptur tendon Achilles bukan merupakan kondisi yang sembuh tanpa pengobatan. Jika Anda mengalami tanda-tanda nyeri akut yang disertai dengan gangguan pergerakan pada kaki setelah berolahraga atau beraktivitas, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi yang terjadi.

21 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Achilles Tendonitis: Treatment for Heel Pain and Symptoms. Healthline. (https://www.healthline.com/health/achilles-tendinitis)
Achilles tendon pain: Causes. when to see a doctor, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324800.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app