Jika Terluka, Pilih Diperban atau Biarkan Terbuka?

Dipublish tanggal: Jul 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Jika Terluka, Pilih Diperban atau Biarkan Terbuka?

Kecelakaan kecil yang dapat menyebabkan luka kecil atau tergores merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Hal yang terjadi adalah Anda kurang fokus saat memotong roti dengan pisau dan jari Anda terluka akibat teriris pisau. Atau Anda terjatuh dan lutut Anda terluka. 

Segera obati luka yang dalam, terdapat pendarahan hebat atau terdapat sesuatu di dalamnya. Namun bila luka tersebut cukup kecil atau hanya goresan, sebaiknya Anda melakukan hal-hal berikut:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antibiotik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 24
  • Bersihkan luka

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah membersihkan tangan Anda dengan sabun dan air. Kemudian bilas luka teriris atau tergores dengan air dingin untuk menghilangkan kotoran dan puing-puing. Letakkan daerah yang luka dibawah air yang mengalir atau suram dengan air bersih menggunakan gelas. 

Gunakan sabun antiseptik untuk membersihkan luka. Anda tidak memerlukan larutan pembersih yang kuat seperti hidrogen peroksida, yodium atau alkohol untuk membersihkan luka untuk membersihkan luka kecil dan goresan. Pembersih tersebut hanya akan mengiritasi luka. 

Air bersih dan dingin seharusnya cukup untuk membersihkan luka. 

Sejumlah kecil darah seharusnya cukup untuk membersihkan luka. Luka kecil dan tergores biasanya berhenti mengeluarkan darah dengan sendirinya. Luka pada kepala dan tangan mungkin mengalami pendarahan lebih parah karena daerah tersebut memiliki banyak pembuluh darah.

Untuk menghentikan pendarahan tekan daerah luka dengan lembut, tekan langsung menggunakan kain atau perban bersih. Lanjutkan dengan menekan pada kain penutup luka dengan baik. Hindari membuka kain atau perban untuk memeriksa luka karena hal ini dapat memicu luka mengeluarkan darah lagi. 

Jika darah keluar dan menembus lapisan kain atau perban, tambahkan kain atau perban dan tetap berikan tekanan ringan. Jika luka terdapat pada tangan atau lengan Anda, Anda dapat meringankan pendarahan dengan mengangkat tangan ke atas kepala. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Jika darah tetap mengucur dari luka, atau luka tidak berhenti mengeluarkan darah, segera periksakan diri ke rumah sakit.

Kapan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter?

Hampir semua luka dan goresan kecil tidak memerlukan perawatan dokter. Namun tetap periksakan diri ke dokter jika terjadi hal-hal sebagai berikut:

    • Luka terdapat pada wajah Anda
    • Tepi luka Anda bergerigi arah terbuka, kedalaman luka ¼ inchi atau lebih atau Anda dapat melihat otot atau lemak melalui luka tersebut. Hal-hal tersebut merupakan tanda bahwa Anda memerlukan jahitan untuk menutup luka tersebut
    • Anda tidak dapat membersihkan luka dari kotoran atau puing-puing atau mungkin luka diakibatkan oleh benda yang sangat kotor atau berkarat
    • Anda mengalami luka sobek arah tergores namun belum mendapatkan suntikan tetanus selama lima tahun terakhir.
    • Luka berasal dari gigitan hewan atau manusia
    • Luka terasa mati rasa

    Menutup luka atau goresan

    Ketika pendarahan berhenti dan daerah luka telah bersih, Anda sebaiknya menutup luka dengan perban steril dan plester. Jika luka cukup kecil dan berada di area yang tidak akan kotor serta bergesekan dengan kain baju, Anda mungkin memutuskan untuk membiarkannya terbuka. 

    Namun hampir untuk semua luka, merupakan ide yang bagus untuk menutupnya agar mencegah infeksi dan menghindari luka terbuka kembali. Ganti perban setiap hari atau lebih sering jika perban sudah kotor.

    Salep antibiotik dapat menghindarkan diri Anda dari infeksi. Gunakan salep antibiotik tipis-tipis pada luka Anda sebelum menggunakan perban. Hal ini dapat membantu luka atau goresan tetap bersih dan lembab serta terhindar dari meninggalkan bekas luka. 

    Tanda-tanda terjadi infeksi

    Jika luka tidak kunjung sembuh dan Anda mencurigai terjadi infeksi, segera periksakan luka Anda ke dokter jika Anda mengalami hal-hal berikut:

      • Luka kemerahan, hangat dan membengkak
      • Terasa semakin nyeri
      • Luka mengeluarkan nanah
      • Demam
      • Di sekitar luka terlihat kemerahan

      Kapan luka mulai membaik dan sembuh ?

      Luka dan goresan kecil akan membentuk koreng dan sembuh dalam beberapa hari. Koreng membantu luka terhindar dari kotoran dan jamur ketika kulit baru mulai naik ke permukaan. Ketika koreng muncul, Anda mungkin tidak perlu memakai pelindung atau perban lagi. 

      Meskipun proses penyembuhan ayah koreng terasa gatal sebaiknya tidak menggaruknya atau mengelupas koreng. Koreng akan terkelupas dengan sendirinya tanpa bantuan Anda dan menunjukkan kulit baru ke permukaan.

      5 Referensi
      Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
      Accidents, first aid and treatments. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/common-health-questions/accidents-first-aid-and-treatments/)
      10 Basic First Aid Procedures. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/basic-first-aid-procedures-1298578)
      Immediate First Aid Treatment for Sports Injuries. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/sports-injury-first-aid-treatment-3120820)

      Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

      Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
      (1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

      Tanya Dokter

      Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


      Lampirkan file (foto atau video)
      Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
      Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
      * Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

      Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

      Submit
      Buka di app