Jangan Mengabaikan Sakit Kepala Sebelah Kiri

Dipublish tanggal: Sep 22, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 3 menit

Sakit kepala terutama sakit kepala yang terletak di sebelah kiri biasanya terjadi karena beberapa faktor. Sakit kepala pada bagian sebelah kiri dapat berlangsung dalam waktu yang tidak lama dan akan sembuh dengan sendirinya. 

Namun, jika sakit kepala sebelah kiri muncul secara terus menerus atau tidak hilang rasa sakitnya, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Paratusin tablet 3

Ketika Anda merasakan pusing, hal tersebut pasti akan sangat menganggu aktivitas. Untuk meredakan rasa sakit yang muncul, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui apa yang menjadi pennyebabnya sehingga dapat memberikan pengobatan yang tepat. 

Mengenali penyebab Sakit Kepala sebelah kiri

Penyebab sakit kepala sebelah kiri bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah gaya hidup yang kurang sehat. Selain itu, ada juga hal lain yang memicu terjadinya sakit kepala sebelah kiri, yaitu:

  • Mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol
  • Sering menunda makan
  • Kurang tidur
  • Stres

Tidak hanya itu, ,akanan juga dapat memicu terjadinya sakit kepala sebelah kiri, seperti makan makanan yang mengandung bahan pengawet, kacang-kacangan dan daging olahan. 

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kiri, antara lain:

Infeksi dan alergi

Infeksi saluran pernapasan terkadang disertain dengan demam yang dikuti dengan keluhan sakit kepala. Sementara alergi dapat menyebabkan penyempitan saluran pernapasan, sehingga akan menyebabkan sakit kepala.

Triminal neugralgia

Triminal neugralgia merupakan gangguan yang terjadi pada syaraf trigeminus yang berfungsi untuk menghantarkan sensasi rangsangan dari wajah menuju ke otak. Triminal neugralgia awalnya ditandai dengan rasa sakit yang terjadi pada satu sisi wajah, sehingga bisa memicu sakit kepala kiri.

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Paratusin tablet 3

Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi tidak mempunyai gejala yang khas, akan tetapi tekanan darah tinggi bisa memicu rasa tegang pada leher, hingga sakit kepala.

Stroke

Sakit kepala yang kemunculannya mendadak dan parah bisa dijadikan pertanda adanya serangan penyakit stroke. Anda perlu waspada bila menggalami sakit kepala yang sakit dan muncul secara mendadak. Sebaiknya segerakan untuk ke dokter

Gegar otak 

Gegar otak bisa disebabkan oleh benturan pada kepala yang terjadi dengan keras sehingga kepala mengalami cedera pada otak. Gegar otak dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala sebelah kiri

Tumor otak

Tumor otak merupakan pertumbuhan sel abnormal di otak. Tumor otak akan menyebabkan kepala terasa sakit secara terus menerus dengan kemunculan yang mendadak dan berulang. Kondisi ini juga disertai dengan beberapa gejala seperti kehilangan pengelihatan, kesulitan berjalan dan kejang kejang

Kondisi diatas dapat menyebabkan beberapa sakit kepala, seperti migraine yang berdenyut pada satu sisi kepala dan sakit kepala cluster yang ditandai dengan nyeri yang hebat pada satu sisi kepala. Nyeri yang dirasakan akan menjalar hingga mata yang berada di sisi kepala yang sakit.

Cara mengatasi Sakit Kepala sebelah kiri

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi sakit kepala kiri. Anda bisa mencoba beberapa pengobatan berikut, yaitu dengan mengompres bagian kepala yang terasa sakit, bisa juga dengan berendam di air yang hangat, istirahat yang cukup.  Bila diperlukan, Anda dapat mengonsumsi obat bebas seperti ibuprofen, paracetamol atau aspirin

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Namun jika sakit kepala belum hilang, segera memriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Dokter akan menanyakan ciri-ciri sakit kepala yang anda rasakan seperti misalnya apakah sakit kepala sebelah kiri yang dirasajan sudah berapa lama anda menggalaminya. 

Dan jika diperlukan dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan seperti CT scan dan MRI bagian kepala, untuk mengetahui apa yang terjadi dengan kepala anda dan penyebabnya . 

Setelah mengetahui penyebabnya, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dengan penyebab sakit kepala yang Anda alami. Obat-obatan juga akan diberikan untuk meredakan rasa sakit pada kepala sebelah kiri, yaitu:

  • NSAIDsa: obat yang membantu meredakan rasa sakit kepala.
  • Obat beta blocker: obat ini digunakan untuk mengobati tekanan darah yang tinggi. Dan juga menjadi andalan untuk mencegah sakit kepala migrain .
  • Obat anti kejang: obat yang dapat mencegah migrain dan biasa digunakan sebagai pencegah sakit kepala yang sudah kronis..
  • Botulinum toxin: obat yang dapat meredakan keteganggan otot kepala. 

Informasi yang perlu ketahui adalah obat-obatan tersebut harus dikonsumsi sesuai dengan resep dari dokter. Maka dari itu, selalu konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami sakit kepala yang terjadi secara terus menerus agar mendapatkan obat yang sesuai dengan penyakit yang Anda alami.

24 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app