Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR. VINA SETIAWAN

Isradipine: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 15, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Tinjau pada Mei 13, 2019 Waktu baca: 3 menit

Tekanan darah tinggi adalah kondisi yang sering ditemukan dan ketika tidak diobati, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada otak, jantung, pembuluh darah, ginjal dan bagian tubuh lainnya. Kerusakan pada organ-organ ini dapat menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, stroke, gagal ginjal, kehilangan penglihatan, dan masalah lainnya. 

Pengobatan darah tinggi dapat dilakukan dengan merubah gaya hidup seperti makan makanan yang rendah lemak dan garam, menjaga berat badan yang sehat, berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, tidak merokok, dan menggunakan alkohol dalam jumlah sedang.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jika perubahan gaya hidup tidak dapat membantu Anda mengontrol tekanan darah Anda, Anda dapat mulai mempertimbangkan penggunaan obat-obat anti hipertensi seperti Penghambat saluran Kalsium (Calcium Chanel Blocker/CCB)

CCB dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara mencegah kalsium berinteraksi dengan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan kemampuan pembuluh darah untuk menyempit dan pada akhirnya menyebabkan pembuluh darah lebih longgar sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Mengenai Isradipine

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Kapsul, tablet

Kandungan:

Obat calcium channel blockers

Apa itu obat Isradipine?

Isradipine termasuk ke dalam kelompok obat CCB. Selayaknya obat CCB bekerja, obat ini bekerja dengan cara melemaskan otot-otot pada jantung dan pembuluh darah Anda. Isradipine digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi). 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Kadang-kadang obat ini diberikan bersama dengan obat tekanan darah lain. Isradipine juga dapat digunakan untuk tujuan selain yang tercantum dalam panduan pengobatan ini.

Pada kondisi apa Anda tidak boleh menggunakan obat Isradipine?

Anda tidak boleh minum obat ini jika Anda alergi terhadap isradipine.

Sebelum mengambil isradipine, beri tahu dokter Anda jika Anda alergi terhadap obat apa pun, atau jika Anda memiliki:

Jika Anda memiliki salah satu dari kondisi ini, Anda mungkin memerlukan penyesuaian dosis atau tes khusus agar dapat menggunakan obat Isradipine dengan aman.

Obat ini termasuk obat kehamilan kategori C. Obat ini mungkin berbahaya bagi bayi yang belum lahir. Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil selama pengobatan menggunakan obat ini.

Isradipine dapat masuk ke dalam ASI dan dapat membahayakan bayi yang menyusu. Jangan gunakan obat ini tanpa memberi tahu dokter Anda jika Anda menyusui bayi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Bagaimana dosis dan cara penggunaan Isradipine?

Yang perlu Anda ingat bahwa obat ini tidak akan menyembuhkan tekanan darah tinggi Anda, tetapi obat ini dapat membantu Anda mengendalikan tekanan darah tinggi Anda sehingga tidak menimbulkan komplikasi serius seperti gagal jantung, penyakit pembuluh darah, stroke, atau penyakit ginjal. 

Anda harus meminum obat ini sesuai petunjuk dokter. Anda mungkin harus minum obat tekanan darah tinggi seumur hidup Anda.

Obat ini tersedia dalam bentuk kapsul dan tablet. Dengan sediaan 2,5 miligram dan 5 miligram. Untuk penggunaannya:

Untuk bentuk kesediaan kapsul

  • Dewasa — Dosis awal 2,5 miligram (mg) dua kali sehari. Dokter Anda dapat meningkatkan dosis Anda jika diperlukan.
  • Anak-anak — Penggunaan dan dosis harus ditentukan oleh dokter Anda.

Untuk bentuk kesediaan oral (tablet-extended release)

  • Dewasa — Dosis awal 5 miligram (mg) sekali sehari. Dokter Anda dapat meningkatkan dosis Anda jika diperlukan.
  • Anak-anak — Penggunaan dan dosis harus ditentukan oleh dokter Anda.

Efek Samping apa yang dapat ditimbulkan dari penggunaan Isradipine?

Segera dapatkan bantuan medis jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi seperti: gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan Anda. 

Segera hubungi dokter Anda jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti berikut:

Daftar efek samping di atas, bukanlah daftar efek samping lengkap yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan obat ini. Untuk informasi lengkap mengenai efek samping yang mungkin terjadi pada penggunaan obat ini, periksa pada label informasi yang tertera pada kemasan, atau konsultasikan dengan dokter Anda.

Interaksi Isradipine dengan penggunaan obat-obatan lainnya

Sebelum menggunakan Isradipine, beri tahu dokter Anda jika Anda menggunakan salah satu dari obat berikut:

  • cimetidine (Tagamet, Tagamet HB);
  • fentanyl (Duragesic, Ionsys, Actiq); atau
  • rifampin (Rifadin, Rimactane, Rifater).

Daftar ini tidak lengkap dan mungkin ada obat lain yang dapat berinteraksi dengan penggunaan obat isradipine. 

Beri tahu dokter Anda mengenai semua pengobatan yang Anda gunakan termasuk obat dengan resep dokter dan obat-obatan bebas yang Anda gunakan seperti vitamin, mineral, produk herbal, dan suplemen. Jangan mulai menggunakan obat baru tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.


15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Emerging Research on Isradipine. Parkinson's Disease Health Information & Community. (https://parkinsonsdisease.net/research/isradipine/)
JCI -Systemic isradipine treatment diminishes calcium-dependent mitochondrial oxidant stress. JCI. (https://www.jci.org/articles/view/95898)
Schran, Horst F. et al. Clinical pharmacokinetics of isradipine. The American Journal of Medicine, Volume 84, Issue 3, 80 - 89. (https://www.amjmed.com/article/0002-9343(88)90193-3/fulltext)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp