Inilah Cara Memilih dan Menggunakan Tabir Surya (Sunscreen) dengan Benar

Cara kerja tabir surya ada dua yaitu dengan cara memantulkan sinar UV supaya tidak sampai ke kulit dan dengan cara menyerap sinar UV sebelum sampai pada kulit Anda. Berikut ini beberapa tips untuk memilih tabir surya (sunscreen) :
Dipublish tanggal: Sep 4, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Terlalu lama terkena paparan sinar matahari dapat membuat kulit Anda menjadi belang, terbakar atau kemungkinan terkena kanker kulit. Sehingga Anda membutuhkan perlindungan untuk menangkal sinar ultraviolet. Salah satu cara supaya terhindar dari efek buruk sinar ultraviolet adalah menggunakan tabir surya.

Tabir surya mempunyai banyak manfaat bagi kulit seperti dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet, mencerahkan kulit, atau melembabkan kulit. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Namun bagi sebagian orang menggunakan tabir surya sering diabaikan, padahal hal ini sangat penting bagi kesehatan kulit, terutama orang yang sering beraktivitas di luar ruangan.

 Setelah Anda mengetahui manfaat dari penggunaan tabir surya, Anda juga harus bisa menjawab beberapa pertanyaan berikut ini. Bagaimana cara memilih dan menggunakan tabir surya (sunscreen) dengan benar? Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini.

Cara memilih tabir surya (Sunscreen)

Cara kerja tabir surya ada dua yaitu dengan cara memantulkan sinar UV supaya tidak sampai ke kulit dan dengan cara menyerap sinar UV sebelum sampai pada kulit Anda. Berikut ini beberapa tips untuk memilih tabir surya (sunscreen) :

  • Pilihlah tabir surya (sunscreen) yang mempunyai kadar SPF 15 atau lebih. Perbedaan mendasar pada tabir surya SPF 15 dan SPF 30 adalah kemampuan yang dimiliki pada tabir surya yang memiliki kandungan SPF 30 lebih tinggi sebesar 4% dalam menangkal sinar UVB jika dibandingkan dengan SPF 15. Selain itu, sebaiknya Anda memilih tabir surya yang memiliki kandungan PA yang tinggi, semakin banyak + maka semakin tinggi perlindungannya terhadap sinar UVA.
  • Pilihlah tabir surya (sunscreen) yang memiliki kandungan seperti avobenzon, seng oksida, ecamsule, oksibenzon, titanium oksida, atau sulisobenzone. Kandungan tersebut dapat melindungi kulit Anda dari bahaya sinar UVB dan UVA.
  • Pilihlah tabirs surya tapa weangian (fragrance-free).
  • Pilihlah bentuk tabir surya sesuai jenis dan kondisi kulit Anda.
  • Cek tanggal kadaluarsa tabir surya pada kemasan produknya.

Cara memilih tabir surya (sunscreen) berdasarkan jenis dan kondisi kuli Anda adalah sebagai berikut:

1. Kulit sensitif

Apabila Anda mempunyai kulit yang cenderung sensitif, Anda harus lebih jeli untuk memilih tabir surya yang tepat. Sebaiknya Anda memilih tabir surya yang tidak memiliki kandungan PABA, bahan pengawet atau parfum. 

2. Kulit kering

Jika Anda memiliki jenis kulit kering, sebaiknya Anda memilih tabir surya dalam bentuk lotion, krim atau salep. Selain itu, Anda juga disarankan untuk memilih tabir surya yang memiliki kandungan minyak, lanolin, dan dimethicone guna melembabkan kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

3. Kulit berminyak

Tabir surya (sunscreen) oil-free atau yang bebas kandungan minyak ialah pilihan yang tepat jika Anda mempunyai jenis kulit berminyak. Tabir surya dalam bentuk gel atau yang memiliki kandungan alkohol juga disarankan untuk Anda. 

4. Kulit berbulu

Apabila Anda mempunyai  kulit berbulu, sebaiknya Anda menghindari tabir surya dalam bentuk krim, karena tabir surya akan menempel pada bulu halus Anda. Tabir surya dalam bentuk gel atau spray sangat disarankan jika Anda mempunyai kulit berbulu. 

Cara menggunakan tabir surya (sunscreen)

Manfaat tabir surya dapat Anda rasakan secara maksimal apabila Anda menggunakannya dengan benar. Berikut ini beberapa tips cara menggunakan tabir surya agar efektif melindungi kulit Anda dari radiasi sinar matahari:

  • Oleskan tabir surya (sunscreen) setidaknya 15-30 menit sebelum Anda melakukan aktivitas di luar ruangan. Anda bisa mengoleskan 2 sendok makan sunscreen ke seluruh tubuh Anda. Usahakan untuk menggunakan sunscreen pada takaran yang pas. Sesuaikan dengan kandungan nilai SPF nya dan jenis kulit Anda.
  • Gunakan tabir surya (sunscreen) secara merata pada seluruh bagian tubuh Anda seperti, belakang telinga, bagian kaki, dan kepala (jika kepala Anda botak). Selain itu, gunakan juga lip balm yang dapat melindung bibir Anda dari paparan sinar matahari.
  • Apabila tabir surya (sunscreen) sudah mulai terhapus, pleskan kembali tabir surya pada tubuh Anda, apalagi jika Anda sedang berkeringat atau berenang. Anda bisa mengoleskan ulang tabir surya setiap 2-4 jam.
  • Jangan gunakan tabir surya (sunscreen) pada bayi yang berusia kurang dari 6 bulan.

Sebaiknya penggunaan tabir surya juga tetap dilakukan saat Anda melakukan aktivitas di dalam ruangan, ataupun saat cuaca mendung. Hal ini karena sinar matahari dapat menembus ke arah manapun. 

Tetapi yang harus Anda ingat adalah tabir surya tidak sepenuhnya mampu melindungi kulit Anda dari paparan sinar ultraviolet. Masalah kulit seperti lebih gelap, sensasi terbakar, atau kanker kulit masih dapat terjadi. 

Sehingga Anda juga harus melengkapi perlindungan lainnya seperti memakai pakaian panjang, kacamata hitam, topi bertepi lebar, atau menggunakan payung.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Choose the Right Sunscreen. American Cancer Society. (https://www.cancer.org/latest-news/choose-the-right-sunscreen.html)
How to Choose & Use Sunscreen (for Parents). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/parents/sunscreen.html)
How to choose and use sunscreen. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/cancer/how-to-choose-and-use-sunscreen)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app