Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA ENWA SIWI
Makanan dan Diet Sehat

6 Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh

Update terakhir: SEP 21, 2019 Tinjau pada SEP 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.715.936 orang

6 Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh

Vitamin sangat penting peranannya dalam membantu melawan berbagai penyakit dan melindungi tubuh dari kerusakan sel. Itulah mengapa vitamin juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kita bisa memperoleh vitamin melalui makanan, baik itu yang bersifat hewani maupun nabati. Namun beberapa orang mungkin kesulitan untuk mendapatkan seluruh kebutuhan vitamin harian melalui makanan, sebagai alternatifnya mereka menggunakan suplemen vitamin yang sangat mudah didapat karena banyak dijual di toko obat.

Namun tahukah Anda vitamin untuk daya tahan tubuh yang paling utama itu apa saja ya? Berikut jawabannya:

Vitamin A

Vitamin ini sangat terkenal dengan perannya yang baik bagi penglihatan. Vitamin A dalam bentuk beta-karoten, memiliki sifat antioksidan sehingga dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat oksidasi oleh radikal bebas. Peran vitamin A untuk daya tahan tubuh juga terkait dengan perlindungan terhadap  jaringan dan selaput lendir. Ikan, minyak ikan, daging, ginjal, hati, telur, susu dan keju merupakan contoh-contoh makanan yang mengandung vitamin A. Baca juga: Manfaat dan Fungsi Vitamin A

Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks, memiliki peran utama dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan dengan mengubah makanan menjadi energi yang diperlukan sel-sel tubuh kita. Vitamin B ternyata juga dapat melindungi kita dari berbagai penyakit. Sebagai contoh Vitamin B9 (asam folat) yang memiliki manfaat mencegah kanker. Sumber vitamin B kompleks termasuk sayuran, hati, telur, biji-bijian dan ragi. Lebih lengkap silahkan baca: Sumber Vitamin B9 (Asam folat)

Vitamin C

Manfaat vitamin C yang perlu kita ketahui antara lain mempercepat penyembuhan luka, membantu pertumbuhan dan perkembangan. Kaitannya dengan meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C memiliki sifat antioksidan yang juga dapat memblokir kerusakan akibat oksidasi yang dapat menyebabkan peradangan, penyakit jantung dan kanker. Vitamin C juga melindungi tubuh dari bahan kimia beracun dan polusi udara.

Sudah tidak asing lagi, bahwa vitamin C dosis tinggi dapat melindungi tubuh dari pilek dan flu (masuk angin).

Sumber makanan yang kaya akan vitamin C termasuk stroberi, jeruk, tomat, melon,  brokoli, sayuran berdaun hijau, ubi jalar dan kentang. Buah-buahan lain yang mengandung vitamin C yang cukup besar termasuk blueberry, nanas, mangga dan semangka. Dari sayuran, seperti kubis, kembang kol, dan labu.

Lebih lengkap baca juga: Makanan Sumber Vitamin C

Vitamin D

Vitamin D membantu penyerapan kalsium sehingga mampu mencegahan penyakit kehilangan mineral  tulang, seperti osteoporosis. Vitamin yang aktif dalam tubuh dalam bentuk senyawa calciterol.  Vitamin D memainkan peran penting dalam memperkuat fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Vitamin ini dapat diperoleh dari paparan sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet. Sumber makanan yang mengandung Vitamin D terbaik termasuk ikan salmon, tuna, mackerel, sardine. Susu terfortifikasi, sereal, keju dan kuning telur juga mengandung vitamin D tapi dengan jumlah yang lebih kecil. Lebih lanjut silahkan baca: Sumber Vitamin D

Vitamin E

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kadar vitamin E yang lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, University of Maryland Medical Center. Vitamin ini juga dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. Jumlah yang cukup vitamin E mencegah masalah hati dan ginjal. Penderita diabetes dapat mengambil manfaat dari vitamin E karena kebanyakan diabetisi memiliki antioksidan yang rendah. Vitamin ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan kadar kolesterol. Sumber Vitamin E termasuk gandum, hati, telur, kacang-kacangan, biji bunga matahari, sayuran berdaun hijau, alpukat, asparagus, ubi jalar dan minyak nabati seperti zaitun, jagung, safflower, dan kedelai.

Vitamin K

Vitamin K dapat melindungi kita dari kanker hati dan prostat serta pengapuran pembuluh darah arteri. Vitamin K sangat penting dalam proses pembekuan darah sehingga pendarahan cepat berhenti. Karena memiliki peran mencegah proses pengapuran atau kalsifikasi pada arteri, maka vitamin K dapat melindungi kita terhadap penyakit jantung.

Beberapa sumber vitamin K diantaranya sayuran hijau, daging dan susu.

Vitamin-vitamin di atas merupakan vitamin untuk daya tahan tubuh yang paling utama, namun demikian vitamin lainnya juga tetaplah penting untuk menunjang kesehatan tubuh kita.

 

Referensi

Brown, J. Everyday Health. 8 Surprising Health Benefits of B Vitamins.

Cleveland Clinic (2016). 3 Vitamins That Are Best for Boosting Your Immunity.

Harvard Health Publishing Harvard Medical School (2018). How to boost your immune system.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit