Kesehatan Fisik

Ini Tanda Tubuh Terlalu Lelah dan Butuh Istirahat

Update terakhir: Mar 5, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 438.885 orang

Ini Tanda Tubuh Terlalu Lelah dan Butuh Istirahat

Anda mungkin terbaisa melewatkan tidur malam lantaran harus mengejar deadline yang menumpuk. Hati-hati lho, bila hal ini sudah menjadi kebiasaan. Pasalnya, jam-jam malam yang Anda habiskan untuk terjaga karena tidak bisa tidur meski tubuh merasa lelah bisa berujung pada kelelahan kronis. Jika dibiarkan terus menerus maka kelelahan kronis dapat berdampak negatif bagi kesehatan tubuh Anda, baik secara fisik maupun mental

Jika Anda cukup sering mengalami kondisi lelah, lama-kelamaan kemampuan Anda untuk beraktivitas dengan lancar dan berinteraksi dengan sekitar Anda akan menurun. Ini bisa menjadi bumerang bagi Anda sendiri. Berikut beberapa efek yang mungkin Anda rasakan jika kelelahan tidak segera diatasi dan tanda bahwa Anda harus berhenti sejenak untuk beristirahat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

1.Emosional 
Orang yang kelelahan, tidak akan mampu berkomunikasi dan berinteraksi secara lancar dengan orang lain. Anda dapat dengan mudah merasa marah, mudah lupa, dan sulit berbicara hingga mengalami depresi. Depresi sendiri dapat menjadi penyebab terjadinya insomnia, kelelahan fisik, yang pada akhirnya dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Jadi, jika Anda sering galau dan emosi mudah terpancing, itu bisa jadi alarm bagi Anda untuk segera berisitirahat.

2.Kognitif 
Akibat kurang beristirahat,  pikiran jadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Selain itu, efek fisik yang dapat dirasakan karena tekanan mental ini adalah pusing, pandangan mata menjadi kabur, terkadang disertai dengan halusinasi ringan. Pada akhirnya, Anda tidak sanggup melaksanakan tugas-tugas dan tanggung jawab yang membutuhkan koordinasi antara mata dengan tangan.


3.Fisik 
Dari penampakan luar, tubuh Anda mungkin terlihat sehat, tapi belum tentu di dalamnya belum tentu sehat juga. Saat berada dalam kondisi terlalu lelah, sistem dalam tubuh Anda mulai bereaksi secara abnormal. Hal ini dapat menyebabkan mual, tubuh gemetar, dan pikiran juga menjadi tidak jernih. Jika Anda merasa lelah dalam jangka waktu yang lama, penurunan berat badan yang drastis atau kenaikan berat badan yang signifikan dapat terjadi.


4.Berbagai efek lainnya dari kelelahan berlebihan yang kadang tak kasat mata.
Dua jenis kondisi kesehatan yang berkaitan erat dengan kelelahan kronis yang tidak dapat langsung terlihat secara fisik adalah hipertensi atau darah tinggi serta penyakit jantung. Keduanya dapat berakibat fatal. Jika kelelahan yang Anda alami telah mencapai tahap ini, artinya Anda harus segera berobat ke tenaga medis profesional untuk evaluasi lebih lanjut. 

Karena itu jangan biarkan tubuh Anda merasa kelelahan. Luangkan waktu untuk memejamkan mata dan biarkan tubuh beristirahat sehingga ia merasa sehat.

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit