Ingin tidur Lebih Nyenyak? Lakukan 4 Gerakan Yoga Ini

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ingin tidur Lebih Nyenyak? Lakukan 4 Gerakan Yoga Ini

Ada banyak cara yang dilakukan orang-orang agar lebih mudah tidur seperti minum segelas susu hangat, menderngarkan musik klasik, membaca buku, hingga melakukan meditasi. Masalah tidur ini memang menjadi problem serius bagi banyak orang.

Tidur malam adalah salah satu hal penting yang tidak boleh dianggap sepele. Kekurangan tidur bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh seperti menyebabkan obesitas, depresi, penyakit jantung, hingga stroke.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

4 Gerakan Yoga Supaya Anda Tidur Lebih Nyenyak

Bila Anda juga mempunyai problem susah tidur, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa tidur dengan lebih nyenyak. Salah satu caranya adalah dengan melakukan yoga. Ada beberapa gerakan yoga yang bisa membantu meningkatkan proses alami tidur dan meningkatkan kualitas tidur Anda. 

Berikut ini beberapa gerakan yoga yang bermanfaat untuk meningkatkan tidur menjadi lebih nyenyak.

1. Warrior with one side bend

Gerakan ini diawali dengan posisi berdiri, kemudian tarik kaki kanan ke belakang dan bertumpu pada tumit dengan jari kaki mengarah keluar. Lalu tekuk lutut kiri hingga posisinya tegak lurus dengan tumit kiri sedangkan kaki kanan tetap dalam keadaan lurus. Angkat tangan kanan hingga ke atas kepala. 

Regangkan tubuh bagian kanan dan tarik napas. Setelah itu pertahankan posisi tersebut dan hembuskan napas, tarik napas lagi dan posisi tangan kanan kembali ke semula. Ulangi gerakan yang sama untuk kaki yang lain.

2. Supine bent-knee twist

Pada gerakan ini, Anda mulai dengan posisi berbaring dengan kaki terentang dan posisi lengan di samping tubuh. Anda bisa meletakkan bantal di bawah kepala bila perlu. Kemudian angkat dan pelut lutut kiri ke arah dada dan tarik napas. 

Lalu, hembuskan napas perlahan sambil menarik lutut kiri ke arah kanan tubuh secara perlahan. Ambil dua napas dalam dan panjang dan ulangi untuk posisi yang lain

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

3. Functional squat

Gerakan functional squat dimulai dengan posisi berdiri tegak dengan jarak kaki selebar pinggang dan rentangkan tangan sejajar dengan bahu. Kemudian mulai berjongkok secara perlahan dan tumpukan berat badan pada tumit.

Bila Anda kesulitan untuk berjongkok tanpa mengangkat tumit, Anda bisa berpegangan pada tembok atau pagar agar posisi lebih stabil. Saat berjongkok, ambil napas sebanyak 3 kali dan fokuskan relaksasi pada bagian punggung setiap menghembuskan napas. 

Bila posisi jongkok masih kurang nyaman, Anda bisa memperlebar jarak antar kaki untuk mengurangi rasa nyeri.

4. Diaphragmatic breathing and backward-count meditation

Gerakan ini juga diawali dengan posisi berbaring dengan meletakkan satu bantal di atas lutut dan satu lainnya di bawah kepala. Tutup mata dan ambil napas panjang secara perlahan melalui hidung. Anda harus bisa merasakan seluruh dinding dada mengembang hingga bagian diafragma atau tulang rusuk terbawah. 

Kemudian buang napas secara perlahan dengan hitungan mundur antara 20 sampai satu dan rasakan dada kembali dalam posisi awal.

Setelah menghembuskan napas, coba rasakan bila masih ada udara di rongga dada yang masih bisa dikeluarkan. Berhenti sejenenak dan rilekskan pikiran kemudian ulangi lagi dengan tarikan napas yang lebih dalam dan panjang sekitar 30-40 kali napas.

Selain melakukan gerakan yoga di atas, Anda juga bisa berhenti menggunakan gadget setengah jam sebelum tidur agar pikiran bisa tenang. Hal ini karena paparan sinar biru atau radiasi dari gadget bisa menyebabkan kesulitan tidur atau membuat tidur tidak nyenyak.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Self-help tips to fight tiredness. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/sleep-and-tiredness/self-help-tips-to-fight-fatigue/)
Stretching Before Bed: 8 Stretches to Do at Night Before Sleep. Healthline. (https://www.healthline.com/health/stretching-before-bed)
Yoga for fibromyalgia: Poses, research, and more. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/315142.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
7 Cara Agar Tidak Kehabisan Napas Saat Lari
7 Cara Agar Tidak Kehabisan Napas Saat Lari

Kehabisan nafas saat lari bisa disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya melakukan kesalahan saat berlari, mengidap penyakit asma, alergi, dan lainnya. Jika Anda juga memiliki masalah yang sama dengan yang sudah disebutkan, sementara Anda ingin melakukan olahraga lari, Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda bernapas lebih baik saat berlari.

Buka di app