Sukses Turunkan Berat Badan Hanya dengan Yoga 10 Menit Setiap Hari

Dipublish tanggal: Mei 30, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Waktu baca: 3 menit
Sukses Turunkan Berat Badan Hanya dengan Yoga 10 Menit Setiap Hari

Manfaat yang dapat dirasakan dari yoga diantaranya dapat meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh, memperlancar pernapasan, menguatkan otot-otot tubuh, hingga mengasah fokus dan merileksasikan pikiran Anda. Lalu, apakah yoga efektif untuk menurunkan berat badan?

Menurut seorang ahli Beth A. Lewis, profesor di University of Minnesota di Amerika Serikat. Bahwa yoga yang di sertai dengan meditasi dapat membakar kalori lebih banyak. Yoga selama satu jam membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan berjalan kaki dengan durasi yang sama. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sedangkan berjalan kaki selama 1 jam mampu membakar sekitar 238  kalori.

Yoga juga dapat membentuk otot-otot tubuh. Karena melatih otot-otot yang sering bekerja saat yoga dapat membentuk dan meningkatkan massa otot tubuh seperti halnya berolahraga di gym. Massa otot yang bertambah berpotensi membakar lebih banyak kalori dalam tubuh.

Yoga dapat menguatkan otot jantung. Jika otot jantung kuat pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan cepat, sehingga oksigen dapat mengalir ke dalam sel sel otot lebih banyak. 

Kondisi ini menyebabkan semakin banyak kalori yang terbakar. Jadi semakin banyak kalori yang terbakar maka semakin cepat pula metabolisme tubuh bekerja membakar lemak yang tertimbun oleh tubuh Anda.

Yoga mampu menurunkan stress sehingga mencegah Anda makan berlebihan

Yoga mampu menjaga berat badan tetap stabil. Hal ini di karenakan yoga dapat menurunkan gangguan psikologis seperti stres, depresi, atau kejenuhan sehingga mencegah Anda untuk makan berlebihan.

Saat sedang stres Kebanyakan orang cenderung menyukai makanan manis atau makan berlebihan. Dengan melakukan yoga secara rutin Anda dapat menjaga stabilitas emosi dan pikiran Anda lebih baik, sehingga menghindarkan Anda dari stres.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Hidup sehat dengan yoga

Dengan yoga, Anda bisa tetap merasa tenang. Tidak hanya bagian pikiran saja, namun juga bagian tubuh Anda secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan yoga menggabungkan relaksasi tubuh dengan latihan pernafasan dan meditasi. 

Faktor keselarasan fisik, mental, dan holistik inilah yang merupakan faktor utama efektifitas yoga untuk menurunkan berat badan Anda. Seiring dengan berjalannya waktu Anda akan mulai memahami tubuh Anda sendiri.

Dengan demikian, Anda akan menyadari pola hidup sehat sangatlah penting, dan Anda tidak akan mengkonsumsi makanan ataupun melakukan aktifitas yang dapat merusak apa yang sudah anda bangun secara susah payah untuk diri Anda.

Tips 10 menit yoga untuk menurunkan berat badan

Berikut gaya yoga yang dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan hanya 10 menit setiap hari.

  • Buka kaki Anda lebih dari pinggul, letak lutut dan jari kaki mengarah ke luar. Turunkan kaki sedikit, paha Anda sejajar dengan tanah. Kemudian tarik napas sambil mencondongkan dada ke depan. 

Hembuskan napas melalui mulut dengan mengeluarkan lidah, sambil membungkuk atau menarik perut lebih rendah. Ulangilah sebanyak 15 kali.

  • Lanjutkan dengan gerakan tangan meninju ke atas. Tarik napas dan luruskan kaki saat tangan mencapai atas kepala. Kemudian hembuskan napas sambil menarik tangan kembali ke pinggul. Ulangi gerakan ini selama satu menit.
  • Kembali ke posisi awal, tarik napas sambil menarik tangan Anda mencapai atas kepala. Hembuskan napas pelan-pelan sembari lipat tangan ke depan, tekuk lutut, sehingga telapak tangan Anda bisa menyentuh tanah. Tahan posisi ini selama beberapa saat, kemudian Anda bisa menggoyangkan badan ke kanan dan ke kiri untuk beberapa kali.
  • Tarik napas untuk berdiri. Dorong pinggul ke belakang, rentangkan tangan ke depan wajah, tekuk lutut, dan buat seperti posisi sedang duduk. Buang napas dan berdiri, tarik lengan ke bawah di depan pinggul. Tarik napas untuk melakukan posisi seperti duduk. 

Lakukan selama satu menit dengan ritme semakin cepat. Anda bisa juga, mengganti posisi berdiri saat menghembuskan napas dengan gerakan melompat.

  • Tarik napas dan berdiri, angkat lengan ke atas kepala. Buang lengan ke bawah dan ke belakang sambil menghembuskan napas dan lipat ke depan. Tarik napas dan ayunkan lengan ke depan dan berdiri. Kemudian buang napas dan lipat lengan. Ulangi gerakan ini sebanyak lima atau enam kali ambil napas.
  • Ulangi gerakan 1 sebanyak 15 kali ambil napas. Langkahkan kaki ke kiri dan ke kanan. Buang napas, tekan tangan dalam posisi seperti sedang berdoa di depan dada, turunkan badan hingga ke posisi sedang duduk. Ulangi selama 30 detik, dari sisi ke sisi.
  • Lanjutkan gerakan 6 lebih cepat. Sebagai tantangan, langsung ubah gerakan 1 ke posisi seperti duduk. Tarik napas saat gerakan 1 dan buang napas saat posisi duduk. Ulangi gerakan 3.
  • Mulai lagi dengan tangan dibuka lebar dengan kaki kanan ke depan lalu ditekuk sebesar 90 derajat. Tarik napas dan luruskan kaki, angkat lengan di atas kepala. Kemudian buang napas dan turunkan tangan seperti dibuang, tarik tangan membentuk tinjuan ke pinggul. 

Ulangi selama 10 kali napas, lalu turunkan lutut kiri ke lantai dan lepaskan jari-jari kaki.

  • Letakkan tanggan Anda di atas kepala secara lebar dan terbuka, kemudian letakkan pinggul ke bawah untuk merenggangkan pinggul. Letakkan ujung jari di kedua sisi kaki kanan, geser pinggul kembali untuk meluruskan kaki kanan dan angkat jari kaki. 

Tarik napas untuk memperpanjang tulang belakang dan buang napas sambil lipat di atas kaki depan.

  • Tarik napas dan angkat dada ke tengah, rentangkan tulang belakang, lalu hembuskan napas dan lipat lengan. Pegang tangan di belakang dan luruskan lengan untuk meregangkan bagian atas kepala. Ulangi gerakan ini sebanyak lima kali napas.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Successful weight loss: 10 tips to lose weight. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/303409.php)
How to Lose Weight Fast: 3 Simple Steps, Based on Science. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/how-to-lose-weight-as-fast-as-possible)
Weight Loss & Diet Plans - Find healthy diet plans and helpful weight loss tools. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/default.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app