Cara Mengatasi Nyeri Haid dengan Yoga

Dipublish tanggal: Mei 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Mengatasi Nyeri Haid dengan Yoga

Banyak wanita yang mengalami perut kram, kembung, sakit kepala, mual, hingga tidak bisa beranjak dari tempat tidur saat tamu bulanan datang yaitu menstruasi

Sensasi tajam yang menusuk, terasa panas, berdenyut-denyut dan kram di perut bagian bawah dan di punggung dapat disebut sebagai Dismenore. Inilah yang terjadi pada wanita yang menderita nyeri haid parah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kontraksi pada rahim dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa selama masa menstruasi. Rahim yang menegang atau kontraksi ini menghambat aliran darah ke dinding rahim sehingga Anda mengalami perut kram, nyeri punggung, pusing kepala hingga kaki pegal-pegal sebelum dan selama menstruasi.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complimentary Medicine pada Women’s Health Magazine, terdapat sebuah trik kecil yang mungkin dapat memberikan keringanan bagi Anda yang mengalami nyeri haid parah dengan tanda-tanda seperti perut kram, kembung, dan gejala PMS lainnya. 

Trik kecil tersebut adalah olahraga yoga.

Apakah yoga bisa mengatasi nyeri haid?

Jawabannya adalah bisa. Yoga merupakan sebuah teknik fisik, mental dan holistik alami yang sudah teruji dengan berbagai pengalaman dan penelitian. 

Yoga dapat menekan kram perut yang parah akibat PMS. Perut kram yang sering membuat para wanita enggan untuk beraktivitas ini ternyata bisa menjadi lebih buruk dan lebih parah jika kurang bergerak.

Pose yoga atau yang disebut dengan “Asana” memiliki potensi untuk meringankan rasa sakit akibat PMS dengan merentangkan pinggul dan sendi Anda dan mengurangi stres emosional yang menjadi penyebab dari tegangnya otot-otot Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Berikut ini adalah gerakan-gerakan yoga yang mampu meringankan nyeri saat haid:

  • Reclining Twist

Pose Reclining Twist adalah cara yang santai dan mudah untuk meningkatkan leksibilitas tulang belakang dari sisi ke sisi. Hal ini dapat meringankan nyeri perut dan nyeri pada punggung bawah. Cara melakukan pose ini adalah dengan:

  • Berbaring telentang, silangkan lutut kiri di atas sisi kanan tubuh.
  • Rentangkan tangan lebar-lebar, usahakan posisi wajah melihat ke arah kiri
  • Tahan lima napas, rasakanlah tulang belakang Anda yang memanjang dan berputar. Melalui pose ini Anda mungkin juga dapat mendengar beberapa gemeretakan.
  • Gunakanlah otot perut Anda untuk membalikkan lutut ke posisi awal dan ulangi gerakan ini untuk sisi lainnya.
  • Wide Child’s Pose

Wide Child’s Pose dapat memanjangkan punggung bagian bawah Anda dan membuka pinggul Anda, sementara kedua lutut terpisah lebar dan perut rileks di antaranya. Peregangan ini dapat mengurangi nyeri pinggul serta membantu meningkatkan maupun mempertahankan kesehatan pinggul. 

Pose ini akan memicu perasaan relaksasi dan ketenangan bagi Anda. Wide Child’s Pose dapat Anda lakukan dengan :

  • Menempatkan lutut di lantai, melebarkan keduanya hingga jarak yang nyaman, lalu lipat tubuh Anda ke depan dan rentangkan lengan Anda di depan.
  • Istirahatkan dahi Anda di atas matras atau kepala Anda bisa menoleh ke satu sisi. Tahan pose ini selama lima napas, kemudian putar kepala Anda untuk menghadap ke sisi sebaliknya dan tahan lagi pose tersebut selama lima napas.
  • Half Bound Squat

Pose Half Bound Squat mampu meregangkan pinggul Anda. Ketegangan pinggul adalah penyebab utama kram perut yang Anda alami. Berikut adalah cara untuk melakukan Pose Half Bound Squat :

  • Mulai dari posisi jongkok biasa, satukan kaki Anda hingga berdekatan. Turunkan pantat Anda menuju tumit. (Jika pantat Anda tak sampai tumit, selipkan lipatan selimut)
  • Tariklah napas dan ayunkan lutut ke arah kiri sambil memutar tubuh bagian atas ke samping kanan. Buang napas, capai siku kiri atas Anda dengan tangan kanan dari belakang untuk memperpanjang torso.
  • Tahan pose ini selama lima napas.
  • Seret tangan kiri Anda di antara lutut lalu turunkan bahu kiri untuk menghampiri lutut kiri sejauh yang Anda bisa (memeluk lutut dengan ketiak)
  • Buka dada Anda dan tatap atas bahu kanan. Jaga pinggul supaya selaras dan lutut sejajar satu sama lain menghadap ke depan. Bernapaslah terus selama 30 sampai 60 detik selama 5 kali.
  • Tarik napas, menatap kembali ke depan, dan hembuskan napas untuk kembali ke posisi awal. Anda dapat memutar posisi dan mengulangi gerakan ini.

Selain ketiga pose di atas, masih ada beberapa pose lagi seperti Pose Harimau yang dapat mengurangi nyeri pada punggung bagian bawah dan Cat Pose yang dapat meregangkan tubuh atas dan leher seraya memberikan pijatan ringan pada tulang belakang serta organ-organ perut.

 Semua gerakan ini bertujuan untuk mengalirkan energi, meregangkan, membuat rileks otot-otot dan melancarkan peredaran darah Anda. Dengan demikian, nyeri haid yang Anda alami pun akan berkurang. Jangan biarkan nyeri haid menghalangi aktivitas Anda. Cobalah untuk bergerak.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app