HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Infeksi Jamur Pada Batang Rambut (White Piedra) - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Apr 27, 2019 Update terakhir: Apr 23, 2020 Waktu baca: 3 menit

Piedra adalah sejenis infeksi jamur (mikosis) pada rambut. Piedra dibagi menjadi dua, yaitu piedra hitam dan putih. Gambaran klinis keduanya dapat berkisar dari tanpa gejala hingga rambut rontok. Piedra adalah infeksi jamur pada bagian batang rambut. Infeksi kulit kepala oleh piedra putih jarang terjadi.

Apa penyebab terjadinya Piedra Putih?

Piedra putih adalah infeksi jamur yang relatif jarang pada batang rambut. Piedra putih dapat disebabkan oleh infeksi jamur jenis Trichosporon ovoides dan Trichosporon inkin. Namun pada kebanyakan kasus, piedra putih disebabkan oleh  Trichosporon ovoides. Piedra putih umumnya tidak menular

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Cefspan 100mg cap 1

Jamur dari jenis trichosporon yang menyebabkan piedra, banyak ditemukan di tanah. 

Tidak jelas bagaimana mekanisme seseorang sampai bisa terinfeksi jamur ini tetapi, Pada kebanyakan kasus, piedra putih lebih banyak ditemukan pada orang dengan sistem kekebalan tubuh menurun seperti pada pasien-pasien HIV atau pasien kanker yang sedang menjalani pengobatan kemoterapi.

Gejala Piedra Putih

Gejala utama piedra putih adalah adanya nodul putih pada batang rambut, seperti nodul mutiara yang mengelilingi batang rambut. Nodul ini biasanya ditemukan pada rambut wajah dan rambut tubuh (misalnya, pada kumis dan janggut, bulu mata, alis, rambut ketiak dan rambut kemaluan). 

Nodulnya berdiameter sekitar 1 mm atau lebih besar dan cukup mudah dihilangkan.

Gejala lain yang mungkin ditemukan pada seseorang yang terinfeksi piedra putih termasuk:

  • Rambut rapuh dan rusak
  • Rambut terasa berpasir
  • Kepala terasa nyeri atau gatal

Gambaran klinis yang muncul pada seseorang yang terinfeksi piedra putih sangat mirip dengan dengan kondisi lain yang mempengaruhi rambut. Berikut beberapa perbedaan gejala yang nampak pada piedra putih dan kondisi kulit lain dengan gejala yang mirip.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Kutu rambut dan Piedra Putih

Kutu adalah serangga kecil yang menempel pada batang rambut dan menyedot darah dari kulit kepala. Telur kutu berwarna gelap, tetapi kutu yang menetas berwarna terang. 

Tidak seperti kutu, piedra putih tidak jarang menghasilkan sensasi gatal yang parah atau membuat Anda merasa ada sesuatu yang berjalan di kulit kepala Anda. Nodul piedra putih mudah dihilangkan sedangkan kutu telur sulit untuk dihilangkan.

Piedra Hitam dan Piedra Putih

Piedra hitam dan piedra putih sama-sama ditandai dengan adanya nodul pada batang rambut. Nodul yang mencirikan piedra hitam keras, berwarna hitam / coklat, dan sulit dihilangkan. 

Piedra hitam lebih sering terlihat pada rambut pada kulit kepala dan  jarang ditemukan pada rambut wajah atau rambut pada bagian tubuh lainnya.

Tinea Versikolor dan Piedra Putih

Tinea versikolor adalah infeksi kulit jamur (panu). Orang dengan kondisi ini bisa mendapatkan bercak bersisik di mana saja di tubuh mereka. Bercak ini bisa lebih terang atau lebih gelap dari warna kulit alami Anda. Tidak seperti bercak kulit, piedra putih muncul sebagai nodul di sekitar batang rambut yang berwarna putih.

Ketombe dan Piedra Putih

Ketombe adalah suatu kondisi yang mempengaruhi kulit kepala, sedangkan piedra putih mempengaruhi batang rambut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Bagaimana cara mencegah tumbuhnya Piedra Putih?

Infeksi jamur piedra putih cenderung terjadi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. 

Namun Anda dapat mencegah kondisi ini dengan menjaga kebersihan lingkungan dan pakaian yang Anda kenakan, terutama jika Anda atau orang-orang terdekat Anda memiliki kondisi tubuh dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Bagaimana cara mengatasi White Piedra?

Diagnosa

Dokter mendiagnosis piedra putih dengan memeriksa batang rambut dan nodul yang melekat pada batang rambut. Dokter juga dapat melakukan pemeriksaan khusus yang dapat membuktikan bahwa nodul yang menempel disebabkan oleh infeksi jamur. Beberapa pemeriksaan yang mungkin dokter lakukan meliputi:

  • Pemeriksaan bilasan KOH
  • Pemeriksaan kultur jamur

Pengobatan

Penanganan utama piedra putih adalah dengan mencukur atau memotong rambut. Selain mencukur rambut yang terinfeksi, Agen antijamur seperti terbinafine juga dapat digunakan dalam pengobatan piedra.

Pilihan pengobatan piedra putih lainnya dapat dilakukan dengan menggunakan antijamur topikal seperti imidazol, ciclopirox olamine, 2 persen selenium sulfida, sulfur 6 persen dalam larutan minyak, larutan chlorhexidine, cat chlorani, zinc pyrithione, dan lotion amfoterisin B. 

Penggunaan obat antijamur perlu diberikan selama beberapa minggu bahkan setelah mencukur rambut untuk mencegah kembalinya infeksi jamur pada batang rambut.

Untuk sebagian besar kasus, piedra putih adalah kondisi yang tidak berbahaya dan kebanyakan orang dapat pulih sepenuhnya.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Infections That Cause Hair Loss: Ringworm, Folliculitis, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/infectious-agents)
White Piedra: What It Is, How You Get It, How It’s Treated. Healthline. (https://www.healthline.com/health/white-piedra)
White pubic hair: Four possible causes. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319118.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app