Ikuti 8 Langkah Ini untuk Cegah Jerawat

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ikuti 8 Langkah Ini untuk Cegah Jerawat

Hampir semua orang pernah mengalami timbulnya jerawat di kulit wajah, entah di dahi, pipi, ujung hidung atau bagian wajah lainnya.

Jerawat seringkali dianggap mengganggu karena rasa sakit yang kadang muncul, apalagi jika jerawat meradang dan membengkak besar serta menonjol kemerahan.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Jerawat juga akan mengurangi rasa percaya diri seseorang karena kulit wajah menjadi tidak tampak halus.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat di wajah. Apa sajakah itu ? Simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini.

8 langkah tepat cegah jerawat di wajah

  • Harus rajin mencuci wajah

Anda harus selalu menggunakan toner pembersih wajah untuk menghapus make-up, menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di wajah akibat aktivitas keseharian.

Kemudian, rutinlah mencuci wajah setiap hari, pagi dan malam sebelum Anda tidur.

Pastikanlah Anda memilih sabun cuci wajah yang sesuai dengan kondisi dan jenis kulit Anda. Apabila jenis kulit wajah berminyak, sebaiknya pilih sabun berbentuk gel/foam, sedangkan kulit kering pilih sabun jenis krim/lotion.

Bagi Anda yang tinggal di negara Indonesia dengan iklim tropisnya, ternyata berpengaruh pada kondisi kulit yang bisa menyebabkan kulit kering rentan mengelupas.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Jangan anggap sepele, karena sel kulit mati yang terkelupas akan menutupi pori-pori kulit, bercampur dengan keringat, minyak, dan debu bisa memicu timbulnya komedo dan jerawat.

Maka dari itu, disarankan untuk Anda rutin mengeksfoliasi wajah guna mengelupaskan sel kulit mati tadi. Selain mencegah jerawat, eksfoliasi juga membantu mengencangkan pori-pori dan menyegarkan kulit.

Sinar matahari dapat menyebabkan dampak buruk apabila langsung terpapar ke kulit. Maka, penting bagi Anda untuk selalu memakai sunscreen/tabir surya setiap hari.

Seperti halnya apabila Anda baru saja melakukan eksfoliasi kulit, Anda wajib menggunakan lotion tabir surya.

  • Hindari sering menyentuh kulit wajah

Kebiasaan menyentuh kulit wajah sering dilakukan banyak orang bahkan tanpa sadar.

Padahal ini rentan menyebabkan timbulnya jerawat, karena bakteri dan kotoran di tangan bisa tersebar ke kulit wajah dan akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Untuk itu, sebaiknya cuci tangan Anda terlebih dahulu sebelum menyentuh kulit wajah Anda.

Pola makan Anda juga dapat mempengaruhi kondisi kulit wajah Anda. Misalnya, seseorang dengan konsumsi makanan mengandung indeks glikemik tinggi lebih rentan terkena jerawat dibandingkan yang tidak.

Makanan/minuman yang mengandung indeks glikemik tinggi diantaranya seperti keripik, makanan dipanggang yang menggunakan tepung putih, dan minuman soda.

Makanan dan minuman tersebut cepat menaikkan kadar gula darah, padahal tidak bergizi. Disarankan, akan lebih sehat jika pola konsumsi Anda ubah dengan mengkonsumsi sayuran, buah, dan makanan kukus/rebus.

Selain itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh agar setiap organ tubuh tetap bekerja dengan optimal.

  • Jangan terlalu sering memakai make up

Tahukah Anda bahwa jika menggunakan makeup tebal dapat menyumbat pori-pori kulit wajah dan dapat menimbulkan jerawat. Apalagi jika wajah Anda sedang berjerawat kemudian Anda berusaha menutupinya dengan make-up.

Hal tersebut adalah salah, karena justru akan memperparah jerawat di wajah Anda. Sebaiknya Anda gunakan make-up setipis mungkin dan jangan terlalu sering.

  • Kendalikan stres anda

Stres dapat menyebabkan produksi hormon tubuh menjadi tidak seimbang. Hal ini juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Maka, agar tidak muncul jerawat akibat perubahan hormon stres, sebaiknya tetaplah lakukan beberapa hal yang Anda sukai dan membuat Anda bahagia. Kendalikan stress yang terjadi pada diri Anda.

Misalnya seperti bernyanyi. mendengarkan musik, yoga/meditasi, jalan-jalan atau menonton film komedi. Jangan lupa banyak senyum dan tertawa karena juga bermanfaat bagi kesehatan Anda.

  • Rajin berolahraga

Olahraga memang dapat melancarkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh sehingga kulit Anda akan menerima lebih banyak oksigen serta asupan nutrisi yang akan menjaganya tetap sehat dan mencegah timbulnya jerawat di wajah.

Selain itu, olahraga juga salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi atau menghilangkan stres. Karena seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa stres dapat menimbulkan jerawat karena perubahan hormon yang terjadi.

Jadi, olahraga juga mampu mencegah timbulnya jerawat.

Namun, jangan lupa untuk segera mengeringkan badan dan mandi setelah Anda melakukan aktivitas fisik/olahraga, hal ini juga untuk mencegah timbulnya jerawat yang disebabkan oleh keringat dan pakaian yang kotor setelah berolahraga.

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Williams LB, et al. (2008). Chemical and mineralogical characteristics of French green clays used for healing. DOI: (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2600539/)
Pappas A. (2009). The relationship of diet and acne: A review. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2836431/)
The National Standard Research Collaboration. (2013). Tea tree oil (Melaleuca alternifolia). (http://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/tea-tree-oil/evidence/HRB-20060086)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app