Horseradish: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 15, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Horseradish (Armoracia rusticana) adalah tanaman asli Rusia dan Hongaria. Horseradish atau lobak pedas mempunyai daging berwarna putih dan akarnya ditutupi kulit cokelat tipis. Tanaman ini biasanya mempunyai diameter akar satu inci.

Horseradish juga dikenal dengan nama Amoraciae Rusticanae Radix, Armoracia lopathifolia, Armoracia rusticana, Cochlearia armoracia, Cran de Bretagne, Cranson, Grand Raifort, Great Raifort, Meerrettich, Mountain Radish, Moutarde des Allemands, Moutarde des Capucins, Moutardelle, Nasturtium armoracia, Pepperrot, Rábano Picante, Rábano Rústico, Radis de Cheval, Raifort, Raifort Sauvage, Red Cole, Rorippa armoracia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Mengenai Horseradish

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

-

Kandungan

Serat makanan, vitamin C, folat, kalium, kalsium, magnesium, seng, dan mangan, serta komposisi kimia organik dari enzim dan minyak, seperti sinigrin, glukosinolat yang kuat.

Manfaat Horseradish

Manfaat horseradish bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Horseradish memiliki karakteristik antioksidan yang meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh dan merangsang aktivitas produksi sel darah putih. Kandungan vitamin C dari horseradish juga sangat tinggi dan dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh serta melawan radikal bebas.

2.Mencegah kanker

Horseradish dapat membantu meningkatkan kemampuan Anda melawan kanker dan menunda penyebaran metastasis sel kanker. Penelitian membuktikan bahwa horseradish memiliki efek penghambatan pada sel kanker

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

3.Membantu menurunkan berat badan

Kandungan horseradish yang tinggi serat dan kaya protein dapat merangsang perasaan kenyang dan dapat digunakan secara bebas dalam resep tanpa khawatir menambahkan lemak atau kalori jahat. Sehingga Anda bisa mengurangi porsi makan dan upaya diet tidak terganggu.

4.Menurunkan tekanan darah

Mengonsumsi lobak pedas yang mempunyai kandungan kalium yang tinggi dapat meningkatkan kesehatan jantung dan tekanan darah serta mengatur membran sel Anda.

5.Membantu pencernaan

Kandungan dalam lobak pedas bertindak sebagai stimulan lambung dan memiliki dampak pada pencernaan dan penyerapan nutrisi. Mengonsumsi lobak dapat membantu menangani masalah pencernaan dan mengatur pergerakan usus, sambil mengurangi terjadinya sembelit dan diare.

6.Meningkatkan kesehatan tulang

Menambahkan kalsium dalam jumlah besar ke dalam makanan Anda dapat membuat Anda lebih kuat dan lebih muda, serta mengurangi risiko osteoporosis.

7.Meningkatkan kesehatan pernafasan

Mengonsumsi horseradish dapat membantu membersihkan sekresi lendir di sinus dan sistem pernapasan. Menggunakan horseradish juga dapat membantu membersihkan kemacetan yang disebabkan oleh pilek, penyakit, atau alergi.

Efek samping Horseradish

Horseradish mungkin aman dikonsumsi dalam jumlah makanan dan obat bagi kebanyakan orang. Tetapi horseradish mengandung minyak mustard yang dapat mengiritasi lapisan mulut, tenggorokan, hidung, sistem pencernaan, dan saluran kemih. Horseradish dapat menyebabkan efek samping seperti sakit perut, muntah berdarah, diare, iritasi kulit, dan memperlambat aktivitas kelenjar tiroid. Jika Anda khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan oleh herbal horseradish, silakan temui dokter Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Dosis Horseradish

Dosis penggunaan horseradish yang tepat dapat bergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kondisi kesehatan dan kondisi lainnya. Tidaka ada informasi yang cukup mengenai dosis penggunaan horseradish. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang tertera pada label produk atau konsultasikan dengan dokter Anda.

Interaksi Horseradish

Sebaiknya Anda berhati-hati dengan kombinasi berikut ini:

Levothyroxine berinteraksi dengan horseradish

Levothyroxine digunakan untuk fungsi tiroid rendah sedangkan horseradish mungkin dapat mengurangi tiroid. Mengonsumsi horseradish bersamaan dengan levothyroxine dapat mengurangi efek levothyroxine. 

Beberapa merek yang mengandung levothyroxine termasuk Armour Thyroid, Eltroxin, Estre, Euthyrox, Levo-T, Levothroid, Levoxyl, Synthroid, Unithroid, dan lainnya.

Perhatian

  • Hindari menggunakan horseradish pada anak di bawah 4 tahun karena dapat menyebabkan masalah saluran pencernaan
  • Hindari mengonsumsi horseradish jika Anda dalam kondisi hamil dan menyusui.
  • Jangan mengonsumsi horseradish jika Anda mempunyai riwayat penyakit lambung, radang usus dan infeksi saluran pencernaan, karena dapat mengiritasi saluran pencernaan Anda.
  • Jangan gunakan horseradish jika Anda menderita hipotiroidisme, karena dapat memperburuk kondisi Anda.
  • Hindari mengonsumsi horseradish jika Anda mempunyai penyakit ginjal.
  • Silakan konsultasi dengan dokter jika Anda berencana akan menggunakan horseradish.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Horseradish: Benefits, Side Effects, Dosage, and Interactions. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/horseradish-benefits-4585217)
Horseradish Uses, Benefits & Side Effects. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npc/horseradish.html)
Horseradish: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-257/horseradish)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app