Hilangkan Noda Merah Bekas Jerawat? Gunakan Metode Ini!

Untuk mengatasi kemerahan di wajah Anda, beberapa metode tindakan medis dapat dilakukan, diantaranya:
Dipublish tanggal: Agu 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 16, 2020 Waktu baca: 2 menit
Hilangkan Noda Merah Bekas Jerawat? Gunakan Metode Ini!

Jerawat merupakan masalah yang paling umum dialami banyak orang. Namun, jika dibiarkan tanpa pengobatan tertentu, jerawat akan meninggalkan bekas yang membandel, seperti noda merah di wajah Anda. 

Tentu saja hal ini sangat mempengaruhi penampilan Anda. Metode apa yang ampuh untuk mengurangi noda merah bekas jerawat di wajah? Simak penjelasan di bawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Obat apa yang dapat mengatasi noda kemerahan di wajah?

Masalah jerawat sering kali muncul di usia pubertas atau masa remaja, tapi tidak menutup kemungkinan di usia tua jerawat masih membandel di wajah. 

Timbulnya jerawat dapat menimbulkan beberapa gejala seperti rasa nyeri, kemerahan, bengkak, dan juga komedo di kulit. Gejala tersebut umumnya mudah untuk diatasi, yang sulit yaitu menghilangkan bekas jerawat yang ditinggalkan seperti noda merah di kulit. 

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengunjungi dokter kulit dan diberikan beberapa resep obat oleh dokter kulit.

Obat antibiotik paling sering diberikan untuk memperbaiki kulit yang sedang mengalami ‘break out’ akibat jerawat. Antibiotik dipercaya dapat membasmi bakteri yang mengendap di kulit akibat jerawat. 

Biasanya setelah jerawat meradang akan meninggalkan bekas jerawat seperti kemerahan.

Apa perbedaan obat dalam bentuk krim dan oral?

Obat antibiotik yang diberikan menggunakan resep dokter digunakan dalam bentuk krim atau obat-obatan. Obat tersebut memiliki fungsi yang sama untuk membunuh bakteri di area wajah yang bermasalah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Antibiotik bentuk krim ini hanya bekerja untuk membunuh bakteri dari luar, sedangkan obat-obatan diminum untuk membasmi bakteri dari dalam folikel rambut.

Anda dapat mengkombinasikan penggunaan antibiotik dengan zat lainnya seperti retinoid atau benzoil,peroksida dan juga accutane. Zat-zat ini dapat membantu mengurangi resiko dari resistensi antibiotik. 

Untuk kondisi tertentu, sebaiknya Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Dua metode tindakan dokter untuk menghilangkan noda merah

Untuk mengatasi kemerahan di wajah Anda, beberapa metode tindakan medis dapat dilakukan, diantaranya:

1. Metode dermabrasi

Anda dapat menggunakan treatment dermabrasi untuk membantu kulit Anda menjadi normal kembali dan mengembalikan perubahan warna yang merata. 

Metode ini menggunakan alat dermabrasi berupa sikat kawat atau roda berlian yang berfungsi mengangkat lapisan atas kulit.Metode ini memang dapat menyebabkan kulit Anda terluka. Namun jangan khawatir, lapisan baru akan terbentuk kembali di area yang mengalami masalah ketika sembuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Cefspan 100mg cap 1

Waktu yang dibutuhkan sekitar satu minggu. Kemudian kulit baru akan menjadi normal kembali setelah melewati 6-12 minggu.

Anda dianjurkan untuk merawat kulit dengan cara menjaga kebersihan kulit menggunakan sabun pembersih wajah yang cocok dengan kulit Anda untuk menghindari infeksi yang menyebabkan bekas jerawat di kulit. 

Selain itu, gunakan pelembab kulit agar kulit tidak mudah kering. Gunakan juga sunblock dengan SPF untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dapat menyebabkan kulit terbakar.

2. Metode laser

Noda merah atau kemerahan yang Anda alami setelah memiliki jerawat dapat diatasi menggunakan metode laser skin resurfacing. 

Metode ini bekerja dengan cara mengangkat lapisan kulit paling atas untuk membantu kulit menjadi normal dan sehat kembali. Waktu yang dibutuhkan untuk sembuh sekitar 10-20 hari. 

Anda juga dapat menambahkan cover make up menggunakan foundation atau bedak untuk mengatasi kemerahan di wajah. Kemerahan ini akan menghilang dalam waktu 2-3 bulan.

Hindari penggunaan obat-obatan pemicu pembekuan darah yang mengandung ibuprofen, vitamin E, dan aspirin saat ingin melakukan metode ini.

Gunakan tabir surya, masker wajah, atau payung untuk melindungi kulit Anda dari sengatan sinar matahari. Jika perlu, Anda  juga bisa menggunakan sunblock dengan SPF 30 atau lebih untuk membantu proses penyembuhan kulit Anda.

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Werschler WP, et al. (2015). Treating acne scars: What’s new? (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4570086/)
U.S. National Library of Medicine. (2016). Salicylic acid topical. (https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a607072.html)
Shim EK, et al. (2001). Microdermabrasion: A clinical and histopathologic study. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11442587)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app