Kebiasaan Sehat

Hangover: Ketahui Gejala dan Makanan Ampuh Memulihkannya

Dipublish tanggal: Jun 15, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 2 menit
Hangover: Ketahui Gejala dan Makanan Ampuh Memulihkannya

Minum alkohol terkadang menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh sebagian orang. Alasan klasik yang sering dilontarkan oleh peminum alkohol adalah untuk mencari rasa enteng akibat letih bekerja atau bahkan frustasi.

Alkohol memang memberikan efek samping pada tubuh seperti tanpa beban dan lebih percaya diri. Namun akibat itulah yang membuat Anda minum alkohol lagi dan lagi. Sehingga mencapai taraf yang berlebihan dan menimbulkan mabuk.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Sesaat setelah Anda mabuk maka fungsi di dalam tubuh tidak dapat Anda terkontrol dengan baik. Pusing dan vertigo menjadi salah satu gejala awal bahwa Anda keracunan alkohol, sehingga Anda akan mengalami Hangover. Apa itu hangover dan bagaimana cara memulihkannya dengan segera? Simak penjelasannya berikut ini.

Gejala Hangover

Hangover menjadi salah satu istilah yang digunakan saat bangun tidur setelah sebelumnya mengalami mabuk karena alkohol. Kondisi ini dapat mempengaruhi kondisi mental dan fisik yang berpengaruh pada gula darah, urin dan pola tidur.

Beberapa gejala yang timbul akibat hangover diantaranya adalah:

  1. Merasa lelah dan haus yang berlebihan.
  2. Nyeri di sekujur tubuh.
  3. Mengalami mual kemudian muntah dan timbulnya gejala diare.
  4. Terlalu sensitif terhadap cahaya dan suara.
  5. Sulit berkonsentrasi.
  6. Depresi dan cenderung lebih emosional.
  7. Meningkatnya tekanan denyut nadi dan darah sistolik.

Makanan yang Bisa Pulihkan Hangover

Anda tentu saja tidak siap beraktivitas seperti bekerja dan keperluan lainnya, apabila mengalami gejala hangover. Selain itu Anda akan merasa malu, karena mabuk atau minum alkohol merupakan kegiatan tabu dan bisa jadi termasuk ke dalam tindakan kriminal. Apalagi hangover bisa bertahan selama satu hari penuh di dalam tubuh.

Dengan demikian Anda butuh penghilang gejala hangover supaya bisa kembali beraktivitas seperti biasa. Inilah beberapa makanan dan minuman yang direkomendasikan untuk penghilang gejala hangover.

Telur

Kandungan asam amino menjadi salah satu zat yang terkandung di dalam telur. Zat tersebut dapat menghilangkan gejala hangover.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Asparagus

Asparagus merupakan salah satu makanan berwarna hijau memanjang yang sering ditemukan di Korea. Kandungan senyawa pada asparagus dapat memecah kandungan alkohol di dalam tubuh. Sehingga diyakini senyawa racun penyebab hangover bisa keluar dengan cepat dan mudah.

Konsumsi Banyak Air Putih

Air putih sebagai satu-satunya sumber kehidupan yang bisa membuang racun di dalam tubuh. Sehingga banyak minum air putih turut mempercepat Anda pulih dari hangover.

Jahe

Rasa mual menjadi salah satu gejala akibat hangover, maka gejala tersebut bisa diredam dengan konsumsi jahe. Gunakan jahe sebagai perasa tambahan pada air hangat atau minuman lainnya, namun pastikan tanpa tambahan gula.

Lemon

Minuman alkohol merupakan racun bagi tubuh peminumnya, maka dari itu hati harus bekerja lebih cepat supaya dapat mengeluarkannya dari dalam tubuh. Dengan demikian untuk mempercepat proses pengeluaran racun oleh hati namun tidak sampai merusaknya adalah dengan minum air lemon. 

Lemon kaya akan vitamin C tinggi sehingga mampu meningkatkan kerja hati tanpa menimbulkan peradangan hati.

Tomat

Saat Anda mengalami gejala hangover di pagi hari, maka segeralah membuat jus buah tomat. Jus tomat memiliki khasiat baik untuk fungsi kerja hati sehingga proses pengeluaran racun berjalan lebih cepat. Dengan demikian Anda akan cepat pulih seperti biasa.

Meskipun terdapat beberapa cara untuk menyembuhkan hangover, namun ada baiknya Anda perhatikan dosis alkohol yang diminum sehingga masih dalam batas yang wajar.

22 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to help patients who drink too much: A clinical approach. National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism. https://pubs.niaaa.nih.gov/publications/Practitioner/CliniciansGuide2005/clinicians_guide5_help_p.htm.
2015-2020 Dietary Guidelines for Americans. U.S. Department of Health and Human Services and U.S. Department of Agriculture. http://health.gov/dietaryguidelines/2015/guidelines.
Acetaminophen: Avoiding liver damage. U.S. Food and Drug Administration. https://www.fda.gov/ForConsumers/ConsumerUpdates/ucm168830.htm.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app