Kebiasaan Sehat

Mengalami Hangover Setelah Pesta? Atasi dengan 8 Cara Ini

Dipublish tanggal: Jul 3, 2019 Update terakhir: Jun 4, 2020 Tinjau pada Okt 7, 2019 Waktu baca: 4 menit
Mengalami Hangover Setelah Pesta? Atasi dengan 8 Cara Ini

Ada beberapa pendapat dari para ahli yang mengatakan bahwa penyebab terjadinya hangover setelah mengonsumsi alkohol antara lain terganggunya ritme biologis tubuh karena reaksi dari alkohol yang masuk ke dalam tubuh atau terjadinya kondisi “sakau” alkohol yang menjadi penyebab lainnya.

Dari hasil penelitian membuktikan bahwa semakin manis rasa dari minuman alkohol yang dikonsumsi, maka semakin tinggi pula kandungan residu di dalamnya. Hal ini terjadi karena kandungan tersebut merupakan zat hasil sulingan dari alkohol yang dapat menyebabkan rasa mual. Untuk jenis minuman yang mengandung residu tinggi di antaranya red wine dan liquor malt.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Salah satu efek yang biasanya dirasakan oleh tubuh setelah malamnya mengonsumsi banyak minuman beralkohol adalah kondisi ketika Anda bangun tidur di pagi hari dan itu merupakan bentuk respon tubuh karena tubuh mengalami dehidrasi dan penyesuaian dalam proses penurunan kadar alkohol dalam tubuh.

Ada beberapa cara cepat dalam menurunkan efek hangover akibat konsumsi alkohol, namun cara ini dianggap kurang tepat, yaitu dengan menambahkan kadar alkohol dalam tubuh sehingga memaksa tubuh untuk menunda efek hangover itu sendiri. Hal ini dilakukan karena turunnya kadar alkohol dalam tubuh. Tetapi jika dilakukan, efek hangover akan menjadi lebih parah ketika Anda bangun. 

Cara mengatasi hangover setelah pesta

Beberapa cara untuk mengurangi gejala sakit kepala, mual, dan keluhan lainnya saat Anda mengalami gejala hangover, antara lain:

1. Minum air putih

Alkohol merupakan cairan yang dapat menyebabkan tubuh Anda dehidrasi karena tergolong cairan diuretik. Minum air putih sesaat setelah Anda mengonsumsi alkohol dapat membantu memberikan cairan tambahan pada tubuh selain cairan alkohol.

Minum air putih akan mengurangi rasa pusing ketika Anda bangun di pagi hari karena efek dehidrasi yang disebabkan oleh alkohol. Tingkat dehidrasi yang semakin berkurang akan menurunkan pula tingkat dari efek hangover yang Anda rasakan. Kondisi hangover sendiri disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh atau terjadinya dehidrasi, sehingga cara yang paling mudah yaitu dengan minum air putih sebanyak 2-3 liter setiap hari.

Alternatif lain yang bisa Anda konsumsi untuk menetralkan asupan alkohol adalah dengan mengonsumsi minuman yang mengandung elektrolit dan mineral tinggi seperti air kelapa dan jus sayuran hijau. Elektrolit ini berfungsi sebagai penyeimbang cairan dalam tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

2. Hindari junk food

Junk food yang banyak mengandung minyak dan lemak tinggi menjadi makanan yang tidak direkomendasikan saat Anda dalam kondisi hangover. Meskipun banyak beredar mitos yang mengatakan bahwa junk food dapat mengurangi efek hangover, tetapi yang sebenarnya terjadi, Anda akan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras karena mengonsumsi junk food.

Anda dapat memilih menu sarapan yang tepat dan sehat, seperti alpukat, bayam, roti panggang, telur ceplok, atau sereal yang mengandung banyak protein dan lemak, serta makan makanan yang kaya akan elektrolit untuk mengurangi efek dari hangover. Selain itu, jenis makanan tersebut juga akan memberikan asupan gizi yang baik untuk tubuh Anda.

Baca juga: Makanan yang Ampuh Pulihkan Hangover

2. Minum air lemon

Menambahkan sejumput garam dan jus lemon pada air minum Anda dapat menjadi tambahan kandungan alkali untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh Anda. Air lemon dan cuka apel yang Anda campurkan dalam air minum Anda (1 sdm cuka apel dan ½ sdt kunyit) dapat pula mempercepat proses detoksifikasi alkohol pada hati (liver).

3. Mengunyah jahe

Jahe yang dapat berfungsi sebagai antiseptik dan antibakteri merupakan salah satu obat herbal yang sudah menjadi resep turun temurun. Jahe mengandung banyak bahan aktif, antara lain lesitin, linilecid acid, stearic acid, pentadecanoic acid, myristic acid, lauric acid, caproc acid, caprylic acid, linoleic acid, oleic acid, palmetic acid, karbohidrat, shogaol, 6-gingesulfonic acid, 1- dehydrogingerodine, zingerone, gingerol dan gingerglycolipids (A,B,C) yang dapat mengatasi rasa mual, sakit perut dan diare.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh The National Institute of Health USA bahwa dengan menyampurkan jahe, gula merah, dan serabut putih buah jeruk (tangerin putih) sebelum alkohol masuk ke tubuh Anda dapat mengurangi resiko mual dan muntah saat Anda bangun tidur di pagi hari.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Suntikan dan Infus via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket suntikan dan infus hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia h10 suntikan dan infus

Baca juga: 10 Manfaat Jahe

4. Lakukan aktivitas yang berkeringat

Mengeluarkan banyak keringat melalui aktivitas olahraga dapat membantu mengeluarkan racun dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Selain itu, dengan melakukan aktivitas olahraga secara rutin, tubuh Anda dapat melepaskan hormon endorfin, yaitu hormon good mood yang dapat mengurangi rasa mabuk setelah Anda minum alkohol. Yoga atau berenang dapat menjadi pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi efek hangover.

5. Tidur dan istirahat

Coba mengistirahatkan tubuh Anda dengan tidur siang untuk mengembalikan energi Anda saat kondisi hangover. Karena pada dasarnya, gejala hangover yang Anda alami akan semakin bertambah parah ketika Anda kurang istirahat.

6. Jangan minum kopi

Banyak anggapan keliru yang menyatakan bahwa dengan minum kopi yang mengandung kafein akan menjaga tubuh agar tetap terjaga sepanjang hari dan mengurangi rasa sakit kepala yang timbul karena efek hangover. Padahal dengan tumpukan alkohol dan tambahan kafein yang ada di dalam tubuh Anda setelah minum justru akan menambah rasa sakit pada kepala Anda.

Untuk Anda yang terbiasa mengonsumsi kopi sebaiknya menambahkan air putih setelah Anda minum kopi pertama di pagi hari karena kandungan kafein dalam kopi dapat menyempitkan pembuluh darah dan membuat aliran darah semakin cepat. Karena gabungan antara alkohol dan kafein justru akan memperburuk efek hangover yang Anda rasakan.

7. Minum obat-obatan

Anda bisa mengurangi efek nyeri akibat minum minuman beralkohol dengan minum obat-obatan seperti aspirin dan ibuprofen karena kemungkinan obat tersebut dapat membantu menghilangkan efek hangover dalam waktu sekitar 8-24 jam dan membuat tubuh kembali normal. Tetapi ada jenis obat yang harus Anda hindari yaitu obat yang mengandung acetaminophen dan tylenol karena efek buruk yang ditimbulkan pada organ hati ketika bertemu alkohol di dalam tubuh.

24 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Hangover Cures: 7 Effective Home Remedies (Supported by Science). WebMD. (https://www.webmd.com/balance/hangover-cure#1)
Hangover cures. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/alcohol-support/hangover-cures/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app