Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Kebiasaan Sehat

Tips Agar Tidak Cepat Mabuk Saat Konsumsi Minum Alkohol

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.740.191 orang

Tips Agar Tidak Cepat Mabuk Saat Konsumsi Minum Alkohol

Bagi beberapa orang berkumpul bersama akan semakin seru jika ditemani minuman beralkohol. Minuman jenis ini memang diaggap dapat menambah kemeriahan suasana, namun apabila tidak diminum dengan bijaksana maka alkohol dapat mengakibatkan kemabukkan yang berujung pada tindakan yang kurang diinginkan.

Banyak akibat yang diberikan minuman berakohol, efeknya untuk kesehatan mulai dari kerusakan hati, diabetes, sampai kanker sudah banyak diketahui. Namun demikian kali ini kita tidak akan membahas efek alkohol untuk kesehatan dalam artikel kali ini.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Alkohol dihasilkan dari fermentasi  produk alami seperti biji-bijian, buah atau sayuran, yang diberikan ragi atau bakteri untuk mengubah gula menjadi alkohol. Dalam bidang kesehatan umumnya digunakan sebagai obat penenang atau antiseptik.

Konsumsi alkohol dalam jumlah kecil dapat menghilangkan rasa cemas dan memberikan rasa santai, hal ini dikarenakan alkohol berfungsi sebagai anti depressan yang memperlambat fungsi sistem saraf pusat.

Karena hal tersebut diatas, alkohol saat ini umum ditemukan saat acara berkumpul untuk memberikan rasa relaks dan santai. Namun jika tidak dikonsumsi dengan baik makan alkohol dapat memabukkan dan berujung pada perubahan emosi dan tindakan seseorang.

Banyak akibat yang diberikan minuman berakohol, efeknya untuk kesehatan mulai dari kerusakan hati, diabetes, sampai kanker sudah banyak diketahui. Namun demikian alkohol juga banyak digunakan untuk kebaikan dalam ilmu kesehatan.

Sama seperti semua hal di muka bumi bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Yang banyak diketahui masyarakat saat ini adalah akibat buruk dari konsumsi alkohol berlebihan,

Nah, sebelum konsumsi minuman berakohol, cek tips supaya tidak cepat mabuk berikut agar acara kumpul kamu tidak berujung pada tindakan-tindakan yang kurang diinginkan:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

1. Perbanyak minum air putih

Pastikan kamu banyak mengkonsumsi air putih , karena air terbukti dapat membantu penyerapan dan pemecahan alkohol. Akan lebih baik jika kamu meminum air putih terlebih dahulu sebelum kamu mengkonsumsi minuman beralkohol berikutnya.

Sama seperti kafein, alkohol memiliki sifat deuretik yang  mana akan membuat kamu sering ke kamar kecil, untuk mencegah kurang cairan makan air putih sangat dibutuhkan saat kamu mengkonsumsi minuman berakohol.

2. Minum satu jenis alkohol saja

Tentu kamu sudah tau bahwa minum berakohol memiliki banyak jenis, mulai dari bir, vodka sampai wine. Setiap jenis memiliki kandungan yang berbeda-beda. Untuk menghindarai cepat mabuk, kamu lebih baik tidak mengkonsumsi semua jenis minuman berakohol bersamaan.

Hindari meminum jenis alkohol yang berbeda dalam kurun waktu kurang dari 2 jam, apabila tidak memungkinkan makan kamu dapat mengkonsumsi air putih terlebih dahulu sebelum mengganti jenis alkohol yang akan diminum.

3. Campur dengan soda atau air

Apabilan kamu meminum alkohol berkadar tinggi, supaya tidak cepat mabuk, campurkan minuman tersebut dengan soda, air putih ataupun es batu.

Perlu diperhatikan disini, bahwa campuran soda yang dimaksud bukan merupakan soda yang memiliki rasa manis. Apabila kamu mencampur minuman beralkohol dengan minuman manis makan kamu akan cenderung meminum lebih banyak dan cepat, dikarenakan rasa manis dalam minuman

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

4. Tambahkan makanan ringan

Apabila kamu menyediakan makanan ringan untuk menemani waktu minum, maka kemungkinan kamu untuk minum dalam jumlah besar dan cepat lebih kecil.

Hal ini dikarenakan makanan dapat mengalihkan konsentrasi kamu dan memberikan rasa kenyang, pilih makanan ringan kayak serat, protein dan lemak baik seperti kacang-kacangan dan buah-buahan.

5. Jangan biarkan perut kosong

Memakan makanan lengkap gizi sangat disarankan karena lemak, protein dan gula dalam makanan membantu memperlambat proses alkohol dalam darah.

6. Hindari mengkonsumsi minuman saat kamu merasa sedih atau stress

Seperti yang tersebut diatas sebelumnya mengenai efek alkohol sebagai anti depressan dan memberikan rasa ringan dan relaks, makan tidak sedikit orang yang mensalah gunakannya.

Apabila kamu sedang sedih atau stress, pengendalian diri untuk mengkonsumsi alkohol menurun oleh karena itu banyak orang yang mengalami mabuk. 


Konsumsi alkohol dalam jumlah sewajarnya tentu bukanlah sebuah masalah besar, namun umumnya seseorang akan menjadi tergantung dengan alkohol apabila tidak mengkonsumsinya dengan bijaksana.

Sangat disarankan agar konsumsi alkohol harian dibatasi sehingga tidak memunculkan masalah kecanduan dan perubahan perilaku yang kurang wajar. Minum dengan kesadaran akan efek alkohol pada kesehatan merupakan kuncinya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit