Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Guarana - Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: SEP 18, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.342.150 orang

Tahukah Anda, buah Guarana memiliki kandungan kafein lebih besar dari kopi yang berguna untuk kesehatan?

Masyarakat Indonesia, memang kurang familiar mengenal atau mendengar nama buah yang satu ini. Guarana merupakan buah yang sangat bagus dimanfaatkan untuk kesehatan, bahkan kecantikan.

Umumnya, buah ini memang sangat terkenal di Amerika Serikat dan banyak dijual di negara Brazil, Peru, dan Paraguay dalam produk berbahan dasar guarana.

Menarik untuk Anda ketahui, bahwa buah ini memiliki  efek kafein yang lebih besar dari kopi, tentu saja membuatnya disebut-sebut sebagai tanaman berkualitas dan obat mujarab karena dapat memberikan khasiat yang sangat beragam.

Apa itu Guarana?

Guarana (Paullinia cupana) adalah tanaman asal Brazil yang termasuk dalam kategori sapindaceae atau termasuk dalam keluarga tanaman maple, hidup dengan cara merambat dan berkelompok dengan daun yang lebar disertai gugusan bunga.

Tanaman ini memiliki kulit buah berwarna merah dengan daging berwarna putih, juga terdapat biji hitam yang ukurannya seperti kopi.

Anda akan melihatnya seolah-olah seperti bola mata jika daging buah dan bijinya terbuka dari kulitnya,

Menanam tanaman ini caranya sangat mudah, di Indonesia sendiri sudah banyak yang menanamnya untuk memenuhi kebutuhan, bahkan sebagai penghias kebun.

Kandungan nutrisi buah Guarana

Buah guarana, tentu saja memiliki banyak kandungan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda, yaitu:

  • Guaranin
  • Hipoxanthine
  • Proanthocyanidins
  • Asam salisilat
  • Theobromine
  • Glukosa
  • Adenine
  • Choline
  • Xanthine
  • Asam amino
  • Kalium
  • Potassium
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Vitamin B1, B2, B6, B12, dan E

Masih banyak kandungan nutrisi lainnya yang terdapat di dalam buah guarana.  Tidak heran jika banyak penelitian tentang guarana karena memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Manfaat buah Guarana

Buah guarana banyak diolah menjadi industri makanan, minuman, dan suplemen kesehatan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Ragam manfaat yang Anda dapatkan seperti dibawah ini.

1. Meningkatkan kemampuan otak

Menurut penelitian, guarana dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan otak dalam daya ingat dan meningkatkan memori.

Selain itu, dalam studi lain guarana dipercaya dapat membantu Anda mendapatkan nilai tes tertinggi dalam mengerjakan tugas-tugas dan menyelesaikannya lebih cepat.

2. Menurunkan berat badan

Guarana memiliki kandungan kafein yang besar dengan kemampuan meningkatkan metabolisme sebesar 3-11% , sehingga dapat membakar kalori dalam tubuh Anda lebih cepat.

Penelitian lain menjelaskan bahwa guarana bisa membantu menekan gen dalam produksi sel lemak dan gen yang memperlambat kinerjanya.

3. Meringankan diare

Guarana yang digunakan dalam dosis rendah, dapat mencegah tubuh Anda kehilangan air sementara karena kandungan tanin yang berada didalamnya.

Kafein yang terdapat pada guarana juga dapat merangsang proses peristaltik yang mengatasi sembelit dengan memicu kontraksi yang ada dalam usus besar untuk mendorong  ke daerah rektum.

4. Menurunkan kolesterol dan jantung

Guarana memiliki antioksidan yang dapat membantu aliran darah dan mencegah pembekuan dalam darah.

Kolesterol jahat dalam tubuh Anda diturunkan oksidasinya oleh guarana sehingga dapat efektif membantu pembentukan plak pada arteri.

Orang yang mengonsumsi guarana memiliki penurunan kolesterol yang lebih baik daripada yang tidak mengkonsumsinya sama sekali menurut penelitian.

5. Mengurangi rasa sakit dan nyeri

Kandungan kafeinnya yang tinggi pada guarana, dapat mengatasi sakit dan nyeri yang Anda alami.

Peran kafein tersebut dapat memanajemen nyeri dengan cara mengikat dan menghambat kerja reseptor adenosine yang terlibat dalam merangsang perasaan nyeri.

Guarana memang sudah dikenal sebagai penghilang rasa sakit pada suku-suku di daerah Amazon.

6. Mencegah kanker

Guarana memiliki sifat anti kanker yang terdapat dalam kandungan xanthines. Kanker terjadi karena mengalami pertumbuhan sel yang tidak terkendali.

Guarana dapat melindungi kerusakan DNA dan menekan dan memicu  kematian pada sel kanker dalam tubuh. Selain itu, bisa menekan stimulasi kematian yang disebabkan kanker.

7. Membunuh bakteri

Kandungan senyawa buah guarana dapat menghambat bahkan membunuh pertumbuhan bakteri yang berbahaya pada tubuh Anda.

Penelitian telah membuktikan, bahwa guarana dapat menekan pertumbuhan pada bakteri Streptococcus mutans yang menyebabkan plak dan kerusakan pada gigi. Kombinasi dari kafein dan nabati seperti tanin dapat memberikan efek antibakteri guarana.

8. Menyehatkan mata

Guarana memiliki kandungan yang bisa melawan stres oksidatif yang berasal dari faktor gangguan mata berhubungan dengan usia seperti penyakit katarak.

Kandungannya dapat mengatasi penglihatan menjadi lebih baik jika dikonsumsi secara teratur karena dapat secara signifikan mengurangi jumlah kerusakan DNA dan kematian pada sel mata.

Manfaat yang dimiliki guarana tidak terbatas dalam penjelasan di atas saja, manfaat lainnya yang Anda dapat rasakan seperti:

  • Menambah energi dan stamina
  • Melawan aterosklerosis
  • Meningkatkan oksigen
  • Meningkatkan gairah seks
  • Meningkatkan kadar hormon
  • Meningkatkan imunitas
  • Melawan sindrom pramenstruasi atau PMS
  • Menjaga kesehatan pencernaan
  • Pengencer darah alami
  • Menyehatkan kulit

Efek samping Guarana

  • Food and Drug Administration menyatakan guarana aman digunakan selama dosis yang digunakan rendah hingga sedang. Guarana juga sudah tersedia secara luas dalam masyarakat umum.
  • Namun, dalam dosis yang tinggi guarana dapat memberikan efek samping yang berlebihan seperti insomnia, sakit kepala, gelisah, gugup, sakit perut, dan palpitasi jantung. Selain itu, kafein bisa menyebabkan kecanduan dan ketergantungan jika dikonsumsi dalam dosis yang tinggi.
  • Hindari konsumsi untuk ibu hamil dan menyusui karena kafein dapat melewati plasenta yang bisa menyebabkan kelainan pertumbuhan pada anak jika terlalu banyak dan meningkatkan resiko keguguran.

Dosis penggunaan Guarana

  • Anda dianjurkan mengonsumsi dosis sekitar 37.5-75 miligram guarana untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang cukup.
  • Beberapa penelitian sudah membuktikan jika dosis tersebut dapat meningkatkan daya ingat, kewaspadaan, dan juga mood.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp