Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Guar Gum: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 8, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.523.562 orang

Guar gum atau guaran adalah serat dari biji tanaman guar (cluster bean plant) atau merupakan jenis polisakarida yang berasal dari biji tanaman kacang polong Cyamopsis tetragonolobus. Tumbuhan ini banyak ditemukan pada wilayah daratan India, Pakistan, dan Amerika.

Sekitar 20-40% biji guar terdiri dari permen galactomannan yang berbentuk gel tebal saat dicampur dengan air. Guar gum dapat membantu tubuh Anda menyerap dan mencerna nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Guar gum biasanya digunakan untuk menstabilkan, mengentalkan, dan mengemulsi produk industri, seperti lotion, suplemen serat, yogurt, dan lainnya. Juga berperan dalam bidang kesehatan dengan khasiat untuk mengurangi kolesterol dan glukosa, serta dapat membantu mencegah pengerasan pada pembuluh darah.

Guar gum memang tidak mempunyai banyak nutrisi, tapi rendah kalori dan tinggi serat, tentu saja dapat membantu Anda membuat kenyang tanpa harus makan banyak dan khawatir mengalami kenaikan berat badan.

Guar gum yang ditambahkan pada makanan dapat meningkatkan kandungan serat.

Manfaat menggunakan Guar Gum

Guar gum bermanfaat dalam bidang kesehatan, yaitu:

1. Menurunkan kolesterol

Serat larut yang dimiliki guar gum dapat mengurangi dan menurunkan penyerapan kolesterol dari usus kecil. Melakukan diet dengan mengkonsumsi permen guar dapat menurunkan kolesterol sekitar 10-15%.

Menurut salah satu studi dari “The American Journal of Clinical Nutrition” menyatakan bahwa 12% kolesterol jahat turun selama enam minggu dengan konsumsi sebanyak 15 gram guar gum.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

2. Mengatasi diabetes

Pasien diabetes tipe dua yang diobati dengan lima gram getah guar yang digunakan tiga kali sehari selama tiga bulan, dapat memberikan pengaruh penurunan kadar glukosa darah puasa sebanyak 17%. Guar gum memiliki tingkat penyerapan glukosa yang lebih rendah.

Salah satu studi juga menyatakan bahwa penelitian yang dilakukan pada penderita diabetes dengan kondisi obesitas dapat mengalami penurunan kadar gula darah dengan mengkonsumsi suplemen harian yang mengandung 15 gram guar gum.

Selain itu, pengguna usia lanjut  yang mengidap diabetes saat mengkonsumsi guar gum dengan makanan dapat mengalami penurunan tekanan darah dan membantu mencegah terjadinya pingsan.

3. Menjaga kesehatan usus

Hidrolisis sebagian yang dilakukan pada gandum gum  atau PHGG merupakan serat yang larut dan berasal dari guar gum untuk mengurangi sifat pengenalannya. PHGG dapat menurunkan kondisi diare yang dialami pasien di rumah sakit dan membutuhkan makanan enteral (berkonsistensi cair).

PHGG mempunyai kemampuan terapeutik untuk mengatasi kebiasaan buang air besar yang tidak teratur atau sindrom pada usus yang mengalami iritasi. PHGG memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit pada perut dan meningkatkan kualitas hidup pasien yang mengalami iritasi usus tersebut.

4. Menurunkan berat badan

Guar gum memiliki kemampuan untuk menurunkan berat badan dan mengendalikan nafsu makan. Serat guar gum dapat membantu untuk meningkatkan viskositas dari isi lambung, sehingga waktu pengosongan lambung tertunda dan membuat Anda selalu merasa kenyang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Sebuah penelitian juga menjelaskan, mengkonsumsi serat tambahan 14 gram per hari dapat menyebabkan penurunan kalori sebesar 10% sehingga efektif untuk mengurangi berat badan.  

Selain itu, efek yang ditimbulkan terhadap penurunan berat badan wanita yang mengkonsumsi 15 gram guar gum per hari dapat mengalami turunnya berat badan sebanyak 2.5 kilogram daripada penggunaan plasebo.

5. Mengatasi sembelit

Guar gum memiliki efek pencahar, menurut salah satu Jurnal Turki Gastroenterologi, penelitian yang dilakukan pada 61 anak-anak yang mengalami konstipasi, diberikan guar gum dalam bentuk permen karet yang terhidrolisis atau laktulosa sebagai obat pencahar selama empat minggu. Hasilnya menunjukan efektif untuk menghilangkan sembelit dan nyeri pada perut.

Efek samping penggunaan Guar Gum

  • Guar gum umumnya aman untuk dikonsumsi. Namun, bagi sejumlah orang dapat memberikan beberapa efek samping ringan seperti peningkatan produksi gas dan diare.
  • Penggunaan dengan dosis tinggi terhadap konsumsi dari permen guar dapat mengalami penyumbatan kerongkongan dan usus. Kemudian, dapat mengganggu penyerapan obat dan mineral.
  • Hindari penggunaan guar gum dalam dua minggu setelah operasi karena dapat menimbulkan perubahan kadar gula darah. Penderita diabetes harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
  • Konsumsi permen karet guar gum secara signifikan dapat mengurangi penyerapan karbohidrat antioksidan, lycopene, dan lutein.
  • Ibu hamil dan menyusui kemungkinan saat mengkonsumsi guar gum dalam dosis tertentu dapat dinyatakan aman. Namun, Anda dianjurkan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait.
  • Penggunaan guar gum dengan penisilin dapat menurunkan kemampuan melawan infeksi.

Dosis Penggunaan Guar Gum

Dosis penggunaan guar gum yang dianjurkan:

  • Diabetes, 15 gram per hari.
  • Kolesterol, 5 gram serat tidak larut
  • PHGG atau sindrom usus, 5 gram guar gum yang terhidrolisa sebagian

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini