Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Guanethidine: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: OCT 13, 2019 Tinjau pada OCT 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.835.966 orang

Tekanan darah tinggi menambah beban kerja jantung dan pembuluh darah. Jika berlangsung lama, jantung dan pembuluh darah mungkin tidak dapat berfungsi dengan baik. Sehingga jika terjadi dalam jangka waktu yang lama, dapat merusak pembuluh darah otak, jantung, dan ginjal, yang mengakibatkan stroke, gagal jantung, atau gagal ginjal. Tekanan darah tinggi juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Masalah-masalah ini kemungkinan kecil terjadi jika tekanan darah dapat dikendalikan.

Mengenai Guanethidine

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Tablet

Kandungan:

Obat antihipertensi 

Apa itu Guanethidine?

Guanethidine termasuk dalam kelas umum obat-obatan yang disebut antihipertensi. Obat ini digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi).

Guanethidine bekerja dengan cara mengendalikan impuls saraf di sepanjang jalur saraf tertentu. Sebagai hasilnya, hal ini dapat meregangkan pembuluh darah sehingga darah melewatinya dengan lebih mudah dan membantu menurunkan tekanan darah. Guanethidine hanya tersedia dengan resep dokter Anda.

Selain penggunaan obat yang diresepkan dokter Anda, untuk menjaga tekanan darah Anda tetap normal, Anda mungkin perlu mengubah pola hidup agar lebih sehat dengan cara pengendalian berat badan dan mengurangi jenis makanan-makanan tertentu, terutama makanan yang mengandung banyak sodium.

Banyak pasien yang memiliki tekanan darah tinggi tidak akan melihat tanda-tanda masalah. Bahkan, banyak yang mungkin merasa normal. Sangat penting bagi Anda untuk minum obat tepat seperti yang dianjurkan oleh dokter dan melakukan kontrol rutin jika Anda memiliki kondisi darah tinggi walaupun tanpa gejala apapun.

Yang perlu Anda ketahui adalah penggunaan Guanethidine tidak akan menyembuhkan tekanan darah tinggi Anda tetapi, penggunaan obat ini dapat membantu Anda mengendalikannya. Oleh karena itu, Anda harus terus meminumnya sesuai petunjuk dokter jika Anda berharap dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya dalam rentan yang normal.

Anda mungkin harus minum obat tekanan darah tinggi selama sisa hidup Anda. Untuk membantu Anda ingat untuk rutin minum obat, cobalah untuk meminumnya pada waktu yang sama setiap hari.

Bagaimana dosis dan cara penggunaan Guanethidine?

Dosis obat ini akan berbeda untuk pasien yang berbeda. Ikuti perintah dokter Anda atau petunjuk pada label informasi yang tertera pada kemasan. Informasi berikut hanya mencakup dosis rata-rata obat ini. Jika dosis Anda berbeda, jangan mengubahnya kecuali dokter Anda memberi tahu Anda untuk melakukannya.

Jumlah obat yang Anda minum tergantung pada kekuatan obat. Juga, jumlah dosis yang Anda ambil setiap hari, waktu yang diperbolehkan antara dosis, dan lama waktu Anda minum obat tergantung pada kondisi medis Anda dan respon Anda terhadap pengobatan.

Guanethidine tersedia dalam bentuk obat minum (per oral) dan dalam bentuk injeksi. Untuk bentuk sediaan oral (tablet) Guanethidine tersedia dalam sediaan 10mg dan 25mg. Untuk penggunaannya sebagai berikut:

  • Untuk mengatasi tekanan darah tinggi:
    • Dosis awal pada orang dewasa : 10 atau 12,5 miligram (mg) sekali sehari. Kemudian, dokter Anda dapat meningkatkan dosis Anda menjadi 25 hingga 50 mg sekali sehari
    • Untuk dosis pada anak-anak didasarkan pada berat badan dan harus ditentukan oleh dokter Anda. Dosis yang biasa diberikan adalah adalah 200 mikrogram (mcg) per kilogram (kg) dari berat badan perhari. Kemudian, dokter Anda dapat menambah dosis sesuai kebutuhan.

Efek samping apa yang dapat ditimbulkan bersamaan dengan penggunaan Guanethidine?

Seiring dengan manfaat, semua obat dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, periksakanlah dengan dokter Anda sesegera mungkin jika ada efek samping berikut terjadi:

  • Pembengkakan kaki atau tungkai bawah
  • Diare atau peningkatan buang air besar
  • Pusing, sakit kepala ringan, atau pingsan, terutama ketika bangun dari posisi berbaring atau duduk
  • Masalah seksual pada pria
  • Detak jantung lambat
  • Hidung tersumbat
  • Kelelahan atau kelemahan yang tidak biasa

Daftar efek samping di atas bukan lah daftar efek samping yang lengkap. Konsultasikan dengan dokter atau baca pada label yang tertera pada kemasan untuk mengetahui tentang semua efek samping yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan obat ini.

Apakah Guanethidine aman jika digunakan bersama dengan obat-obatan lain?

Meskipun sebaiknya Anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 obat atau lebih secara bersamaan, dalam beberapa kasus pengobatan menggunakan dua obat yang berbeda mungkin akan dilakukan untuk mengatasi masalah yang berbeda, oleh karena itu mungkin penggunaan 2 obat-obatan atau lebih mungkin perlu dilakukan. Jika hal ini terjadi, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter.

Dokter Anda mungkin ingin mengubah dosis, atau melakukan tindakan pencegahan lain. Menggunakan Guanethidine dengan obat-obatan berikut tidak dianjurkan. Karena penggunaan obat ini bersama dengan obat-obatan di bawah dapat memperburuk efek samping yang ditimbulkan. Contoh obat yang dapat menyebabkan hal tersebut meliputi :

  • Brofaromine
  • Clorgyline
  • Furazolidone
  • Iproniazid
  • Isocarboxazid
  • Lazabemide
  • Linezolid
  • Moclobemide
  • Phenelzine
  • Procarbazine
  • Rasagilin
  • Selegiline
  • Toloxatone
  • Phenylpropanolamine
  • Pseudoephedrine
  • Amitriptyline
  • Doxepin

Daftar obat di atas bukan lah daftar lengkap obat-obatan yang dapat berinteraksi dengan penggunaan obat Guanethidine. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan obat apapun yang digunakan bersama dengan obat Guanethidine.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp