Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Fraktur Greenstick : Penyebab, Gejala dan Penanganannya

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.164.891 orang

Fraktur (patah tulang) greenstick terjadi ketika tulang menekuk dan patah, tetapi tulang tidak patah menjadi dua bagian terpisah. Fraktur ini disebut dengan nama greenstick yang berarti ranting pohon yang masih muda, karena terlihat mirip dengan apa yang terjadi ketika Anda mencoba untuk mematahkan ranting dari pohon yang masih muda. Fraktur jenis ini biasanya terjadi pada tulang panjang seperti tulang lengan, tulang kering, tulang paha dan tulang panjang lainnya. Kondisi ini juga dikenal dengan istilah "fraktur parsial."

Anak-anak lebih cenderung mengalami fraktur greenstick karena tulang mereka lebih lunak dan tidak rapuh seperti orang dewasa. Fraktur greenstick sangat sering terjadi. Di Amerika Serikat, jutaan anak mengalami fraktur jenis ini setiap tahunnya. Fraktur greenstick sering terjadi ketika seorang anak jatuh dengan posisi merentangkan tangan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Apa yang menyebabkan terjadinya fraktur greenstick?

Penyebab paling umum dari fraktur greenstick adalah terjatuh. Sebagian besar anak-anak mengalami fraktur greenstick pada tulang lengan mereka, karena mereka mencoba untuk menahan diri ketika jatuh dengan menumpu pada lengan.

Risiko patah tulang greenstick lebih tinggi pada anak-anak karena tulang mereka lebih lunak dan lebih fleksibel daripada tulang orang dewasa. Dalam fraktur greenstick, tulang membengkok dan retak tetapi tidak patah menjadi potongan-potongan terpisah. Sebagian besar fraktur greenstick terjadi pada anak di bawah 10 tahun.

Apa saja gejala dari fraktur greenstick?

Gejala fraktur greenstick bervariasi tergantung pada tingkat keparahan fraktur. Seseorang yang mengalami fraktur greenstick  mungkin hanya mengalami memar atau nyeri tekan jika hanya mengalami fraktur ringan.

Dalam kasus lain, mungkin tampak adanya bengkokan di tungkai atau daerah yang patah, disertai dengan pembengkakan dan rasa sakit. Gejala juga tergantung pada lokasi cedera. Misalnya, jika cedera terjadi di jari Anda, Anda mungkin tidak dapat menggerakkan jari untuk jangka waktu tertentu. Atau, patah di lengan mungkin disertai dengan rasa sakit dan pembengkakan saat menggerakan lengan.

Apakah fraktur greenstick dapat dicegah?

Anda dapat menurunkan risiko patah tulang greenstick anak Anda dengan menyediakan peralatan keselamatan yang tepat untuk bermain olahraga, dan dengan mencegah anak Anda terjatuh atau mengalami cedera lain yang menyebabkan patah tulang. Beberapa tips yang dapat Anda lakukan meliputi :

  • Pasang teralis jendela
  • Jangan biarkan anak-anak memanjat jendela
  • Pasang sabuk pengaman bagi anak-anak saat sedang berkendara
  • Upayakan anak-anak bermain di tempat dengan permukaan yang tidak keras
  • Hati-hati saat menaiki tangga
  • Jangan biarkan lantai kamar mandi licin

Bagaimana penanganan fraktur greenstick?

Hubungi dokter segera jika anak Anda mengalami rasa sakit yang terus-menerus pada anggota tubuh yang terluka. Cari pertolongan medis segera jika seorang anak terjatuh dan mengalami nyeri yang luar biasa, walaupun tidak disertai dengan tanda-tanda patah tulang. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk memeriksa kerusakan saraf yang kadang-kadang bisa terjadi bersamaan dengan cedera tulang, dokter Anda mungkin meminta Anda untuk menggoyangkan jari Anda atau melakukan tes serupa lainnya. Selain itu, mereka dapat memeriksa sendi di atas dan di bawah area yang terluka. Untuk memastikan Anda mengalami fraktur greenstick, mereka akan meminta Anda melakukan foto rontgen.

Perawatan fraktur greenstick

Tergantung pada tingkat keparahan fraktur greenstick, dokter mungkin perlu meluruskan tulang secara manual sehingga tulang dapat sembuh dengan baik. Anak Anda akan menerima obat penghilang rasa sakit dan kemungkinan obat penenang dalam menjalani prosedur ini.

Fraktur greenstick memiliki risiko tinggi untuk mengalami patah tulang lebih lanjut, sehingga sebagian besar jenis fraktur ini ditangani dengan pemasangan gips selama penyembuhan.

Kadang-kadang, dokter Anda mungkin akan membiarkan Anda untuk melepas gips sementara, terutama jika sebagian besar tulang yang mengalami cedera sudah mulai menyambung. Anak Anda mungkin bisa melepas gips sebentar saat mau mandi.

Pemeriksaan X-ray diperlukan dalam beberapa minggu pertama untuk memastikan fraktur sembuh dengan benar, untuk memeriksa keselarasan tulang, dan untuk menentukan kapan gips tidak lagi diperlukan. Pada kebanyakan kasus, fraktur greenstick memerlukan empat hingga delapan minggu untuk penyembuhan total, tergantung pada waktu istirahat dan usia anak.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit