Jenis Patah Tulang yang Wajib Anda Tau

Dipublish tanggal: Apr 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Jenis Patah Tulang yang Wajib Anda Tau

Patah tulang, atau fraktur, terjadi ketika ada gaya yang belebihan mengenai tulang kemudian menyebabkan tulang patah atau hancur. Beberapa fraktur adalah patah tulang menyeluruh, sedangkan beberapa lainnya hanya retakan pada tulang. 

Tipe patah tulang bervariasi tergantung kondisi cidera dan besarnya gaya yang mengenai tulang.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Leher 5 Kali Visit Di NK Health

Untuk pemulihan pasien yang mengalami keluhan pada leher, seperti tightness pada otot-otot sekitar leher sampai ke pundak, timbul gejala neurologis yang terjadi pada penjalaran saraf cervical pada vertebrae dengan menggunakan exercise dan manipulasi. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang (Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit leher 5x visit di nk health

Apa yang menyebabkan Patah Tulang?

Tulang merupakan bagian tubuh yang kuat. Tulang dirancang untuk menyerap tekanan jika Anda terjatuh atau Anda mengalami kecelakaan. Tetapi tulang Anda hanya dapat menyerap tekanan sebelum akhirnya patah. Patah tulang biasanya terjadi karena hal-hal berikut ini:

  • Cidera (tanpa sengaja atau disengaja)
  • Jatuh dari ketinggian
  • Jatuh di es atau permukaan yang licin atau tidak aman
  • Berlatih secara berlebihan terutama apabila Anda mengikuti olahraga tertentu

Osteoporosis adalah penyebab umum patah tulang. Osteoporosis menyebabkan tulang melemah pada orang lanjut usia.

Apa saja tipe Patah Tulang?

  • Patah tulang biasa adalah ketika tulang patah menjadi dua buah bagian.
  • Patah tulang terbuka atau campuran adalah ketika sebagian tulang menembus permukaan kulit atau jika gaya menyebabkan kerusakan pada kulit.
  • Patah tulang tertutup adalah ketika tulang patah, tetapi kulit masih tertutup.
  • Patah tulang spiral adalah ketika patahan tulang berbentuk spiral. Hal ini terjadi karena sesuatu memutar tulang Anda.
  • Patah tulang akibat tekanan adalah ketika tulang Anda hancur, seperti saat vertebrae di kolom spinal tertekan saat kecelakaan.
  • Fraktur greenstick terjadi pada anak-anak. Merupakan patah tulang yang terjadi pada salah satu sisi tulang dan sisi lain membengkok karena tekanan.
  • Fraktur comminuted adalah ketika cidera menyebabkan tulang hancur menjadi setidaknya tiga buah fragmen tulang.
  • Fraktur transversal adalah ketika patahan terjadi di sepanjang bagian terpendek tulang Anda, daripada bagian terpanjang tulang Anda.
  • Fraktur avulsi adalah ketika cidera menyebabkan tendon atau ligamen yang menempel pada tulang melepaskan sebuah bagian tulang.
  • Fraktur terimbas adalah ketika gaya menekan dari kedua arah tulang, menekan bagian yang patah menjadi satu.
  • Fraktur stes adalah ketika melakukan gerakan yang berlebihan atau berulang yang menyebabkan retakan kecil pada tulang.

Apa saja gejala Patah Tulang?

Jika Anda mengalami patah tulang, Anda akan merasakan nyeri pada tulang atau di daerah sekitarnya. Anda mungkin menyadari adanya bengkak. Saat terjadi patah tulang, Anda mungkin mendengar suara pop atau klik. 

Jika patah tulang berada di lengan atau kaki Anda, alat gerak tersebut akan terlihat bengkok atau terdeformasi. Anda juga mungkin melihat memar pada kulit Anda atau ada pendarahan

Jika Anda mengalami patah tulang campuran, bagian dari tulang Anda mungkin mencuat dari luka tersebut. Akan menjadi sulit untuk menggerakkan tulang yang patah dan Anda mungkin mengalami kesulitan berjalan jika tulang kaki Anda yang patah.

Apakah pilihan obat untuk mengobati patah tulang?

  • Pertolongan Pertama
    Teknik pertolongan pertama berikut dapat menstabilkan tulang hingga Anda bisa mendapatkan perawatan di rumah sakit.
  • Memberi es pada cidera dan mengangkat daerah yang terluka untuk mengurangi pembengkakan.
  • Membersihkan luka secara perlahan-lahan dengan sabun dan air untuk mencegah bakteri masuk ke luka.
  • Menutupi luka dengan perban.

Jika patah tulang terjadi pada lengan dan kaki, sling atau splint dapat menghentikan pergerakan daerah yang cidera dan membuat tulang tetap stabil. Anda bisa menggunakan majalah atau koran yang digulung untuk splint buatan sendiri. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Fisioterapi via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket fisioterapi hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia p01 fisioterapi

Jika Anda mengalami patah tulang di kaki bagian atas, tulang belakang, pelvis atau pinggul, tetaplah di tempat Anda hingga bantuan datang dan jangan menggerakkan tulang. Mencoba menggerakkannya dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada daerah yang cidera.

  • Perawatan di rumah sakit

Ketika Anda sampai di rumah sakit, Anda akan melakukan X-ray untuk menentukan apakah tulang Anda patah dan untuk mengetahui jenis patah tulang. Dokter akan memeriksa tulang Anda dengan tepat sebelum menstabilkan atau memasang gips

Jika tulang tidak dikembalikan dengan benar, cidera tidak akan sembuh sempurna. Jika Anda memiliki patah tulang yang tidak bisa digips, seperti patah tulang leher, dokter akan merekomendasikan penggunaan sling atau perban khusus.

  • Operasi

Kebanyakan patah tulang dan patah tulang campuran memerlukan operasi. Selama operasi, dokter akan menggunakan pin, plat, mur, atau kabel pada tulang untuk menyatukan patahan hingga tulang sembuh.

Apakah harapan jangka panjangnya?

Penyembuhan dapat memerlukan waktu dua minggu hingga berbulan-bulan, tergantung tipe dan keparahan patahan. Patah tulang pada orang dewasa biasanya memerlukan waktu setidaknya enam minggu untuk sembuh, sedangkan patah tulang pada anak-anak bisa sembuh dengan cepat. 

Setelah tulang sembuh, Anda perlu melakukan latihan untuk memperkuat otot yang tidak Anda gunakan selama tulang digips. Dokter juga akan menyarankan Anda untuk berolahraga di rumah. 

Anda perlu berlatih dengan terapis fisik untuk memperkuat otot dan mengembalikan fleksibilitas sendi Anda.


23 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
William Morrison MD, fracture type (https://www.healthline.com/health/fracture), 29 September 2016.
MedlinePlus, fracture type (https://medlineplus.gov/ency/imagepages/1096.htm).
Benjamin Wedro, MD, FACEP, FAAEM, fracture type (https://www.medicinenet.com/broken_bone_types_of_bone_fractures/article.htm).

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app