HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Grape Seed: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Biji anggur (grape seed) ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan terutama untuk mengatasi masalah kesehatan yang berhubungan dengan efek radikal bebas 
  • Biji anggur (grape seed) memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan sudah banyak dikemas dalam bentuk suplemen makanan yang menyehatkan
  • Biji anggur (grape seed) yang dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan umumnya dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, sakit tenggorokan, dan batuk
  • Dosis biji anggur (grape seed) yang dianjurkan adalah sebanyak 150-200 mg dalam sehari atau dapat diminum 2-3 kali sehari sesuai petunjuk dokter
  • Suplemen grape seed dapat bereaksi dengan obat antiplatelet dan penghilang rasa nyeri seperti Aspirin dan Ibuprofen, serta obat penurun kolesterol seperti Methotrexate
  • Klik untuk mendapatkan suplemen Grape Seed atau makanan sehat lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD

Buah anggur sangat lezat untuk dimakan, namun tahukah Anda bahwa bijinya (grape seed) juga bermanfaat? Mungkin Anda salah satunya, ketika mengkonsumsi buah anggur bijinya harus dibuang terlebih dahulu karena dirasa mengganggu dan tidak berguna. Selain buahnya yang baik untuk kesehatan, ternyata biji anggur juga punya kandungan antioksidan yang tinggi.

Pemanfaatan biji anggur sudah banyak dilakukan, seperti pengolahan ekstrak biji anggur yang diolah dalam berbagai macam bentuk, salah satunya dalam bentuk minyak. Biji anggur dimanfaatkan karena dapat mengatasi berbagai macam masalah kesehatan yang berhubungan dengan radikal bebas dan penyakit lainnya.    

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Mengenai Grape Seed

Golongan

Suplemen makanan

Kemasan

Biji anggur (grape seed) dipasarkan dalam bentuk tablet dari berbagai merek

Kandungan

Menurut berbagai macam riset, biji anggur merupakan sumber fitokimia, kandungannya meliputi:

  • Lemak
  • Mineral
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Polifenol
  • Asam galat
  • Catechin
  • Epicatechin
  • Gallocatechin
  • Epigallocatechin
  • Proanthocyanidins

Manfaat Grape Seed

Anda tidak perlu khawatir jika memakan biji anggur (grape seed) tanpa diekstrak terlebih dahulu, dapat menyebabkan masalah usus buntu. Tekstur yang dimiliki biji anggur adalah lunak. Jadi, aman untuk Anda konsumsi secara langsung bersama daging buahnya. Berikut penjelasan manfaat biji anggur:

1. Menangkal radikal bebas dan kanker

Kandungan yang tinggi dari proanthocyanidins merupakan senyawa yang dapat mencegah dan menyeleksi sel-sel kanker melalui mekanisme apoptosis yang membuat sel kanker melakukan program bunuh diri. Selain itu, dapat menangkal radikal bebas karena kandungannya 20-50 kali vitamin C dan E.

2. Menjaga kelenturan pembuluh darah

Biji anggur (grape seed) memiliki kandungan endungeoned dan zat pycnogenol yang dapat mengatasi varises dan stroke karena dapat menguatkan dan menjaga kelenturan pembuluh darah Anda. Mekanisme yang dilakukan dengan cara perbaikan dari dalam struktur.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Selain itu, sangat berperan penting untuk mengontrol tekanan darah .dalam tubuh agar selalu terjaga tetap stabil.

3. Mengatasi peradangan prostat

Menurut penelitian, biji anggur sudah terbukti dapat dengan baik meningkatkan kualitas seks dan mengatasi peradangan prostat pada pria.  

4. Menjaga kesehatan kulit dan wajah

Biji anggur memiliki kaya antioksidan yang lebih baik dengan vitamin C dan E. Maka, selain bisa menangkal radikal bebas, ternyata dapat melawan penuaan dan membuat kulit tetap mulus dan kenyal karena mampu memperkuat fungsi lapisan kulit terluar Anda.

Biji anggur juga dapat memperbaiki elastisitas dan fleksibilitas pada kulit Anda dan memperbaiki kerusakan akibat dari paparan sinar matahari yang berbahaya.

5. Meringankan flu

Flu yang Anda alami dapat diatasi dengan biji anggur (grape seed) yang memiliki nutrisi dan kandungan yang ampuh karena dapat mencegah gatal-gatal pada hidung akibat flu ataupun alergi.

6. Menyehatkan otak

Ekstrak biji anggur dipercaya dapat mengatasi depresi, menyehatkan, dan mencerdaskan otak dengan baik. Otak yang sehat dapat membuat perasaan menjadi nyaman dan bahagia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Efek samping Grape Seed

Mengkonsumsi biji anggur (grape seed) dalam jumlah yang berlebihan umumnya dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, sakit tenggorokan, dan batuk. Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu untuk menggunakannya.

Hindari mengkonsumsi biji anggur saat Anda harus menjalani operasi, Anda dapat mengalami pendarahan yang serius. Penggunaannya lebih baik dihindari dalam waktu dua minggu sebelum jadwal operasi dilaksanakan.

Alergi sangat mungkin Anda alami jika mengkonsumsi ekstrak biji anggur (grape seed), efeknya dapat menyebabkan ruam, gatal-gatal, pembengkakan pada bibir, mulut, atau lidah.

Tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui karena belum ada rekomendasi oleh ahli yang menganjurkan untuk dikonsumsi dalam keadaan tersebut. Ekstrak biji anggur belum dianggap obat-obatan secara medis.

Dosis Grape Seed

Dosis umum mengkonsumsi biji anggur (grape seed) secara optimal dianjurkan sebanyak 150-200 miligram dalam sehari. Anda dapat minum 2-3 kali atau saran dari dokter ahli yang telah Anda ajak berkonsultasi.

Interaksi obat

Berikut adalah interaksi obat biji anggur (grape seed) jika digunakan bersamaan dengan dengan obat-obat lain. Oleh karena itu, biji anggur tidak disarankan digunakan bersamaan dengan obat-obatan tanpa resep dari dokter. Potensi yang dimiliki biji anggur adalah untuk pengencer darah, serta dapat bereaksi dengan obat antiplatelet dan penghilang rasa nyeri seperti Aspirin dan Ibuprofen. Selain itu dapat juga bereaksi dengan obat penurun kolesterol seperti Methotrexate.

Artikel terkait:



18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Ünüsan, Nurhan. (2020). Proanthocyanidins in grape seeds: An updated review of their health benefits and potential uses in the food industry. Journal of Functional Foods. 67. 10.1016/j.jff.2020.103861.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/339399985_Proanthocyanidins_in_grape_seeds_An_updated_review_of_their_health_benefits_and_potential_uses_in_the_food_industry)
Rubilar, Mónica & Burgos-Díaz, César. (2016). Grape Seeds (Vitis Vinifera) and Their Nutritional Value.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/295104963_Grape_Seeds_Vitis_Vinifera_and_Their_Nutritional_Value)
Nowshehri, Javaid & Bhat, Zulfiqar & Shah, Mohammad. (2015). Blessings in disguise: Bio-functional benefits of grape seed extracts. Food Research International. 77. 10.1016/j.foodres.2015.08.026.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/281349910_Blessings_in_disguise_Bio-functional_benefits_of_grape_seed_extracts)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app