Hepatitis A Immunoglobulin: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Feb 16, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 568.998 orang

Angina adalah rasa sakit atau ketidaknyamanan yang terjadi ketika jantung Anda tidak bisa mendapatkan cukup darah dan oksigen. Angina disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner disebabkan oleh kolesterol yang membentuk plak menumpuk pada pembuluh darah yang memasok aliran darah ke jantung Anda, sehingga membuatnya menjadi sempit. 

Berkurangnya aliran darah mengakibatkan jantung Anda kekurangan oksigen dan menyebabkan otot-otot jantung menjadi rusak. Rasa nyeri adalah respon dari tubuh Anda untuk memberi tahu bahwa terjadi kerusakan pada otot jantung Anda.

Apa itu Glyceryl Trinitrate?

Glyceryl trinitrate termasuk ke dalam kelompok obat-obatan yang disebut nitrat atau vasodilator. Obat ini bekerja dengan cara melemaskan otot-otot di sekitar pembuluh darah (arteri dan vena) dan membantu lebih banyak darah dan oksigen untuk mencapai jantung. 

Obat ini juga dapat digunakan untuk mengontrol atau menurunkan tekanan darah selama beberapa prosedur operasi.

Glyceryl trinitrate  dapat digunakan untuk mengobati angina dengan 2 cara:

  • Untuk meredakan serangan dengan menggunakan obat saat serangan dimulai
  • Untuk mencegah serangan terjadi

Obat ini hanya tersedia dengan resep dokter. Dokter Anda mungkin dapat meresepkan glyceryl trinitrate untuk indikasi medis lain. Tanyakan kepada dokter Anda mengenai kegunaan Glyceryl Trinitrate jika Anda ingin mengetahui informasi mengenai obat ini lebih lanjut.

Glyceryl trinitrate tidak direkomendasikan untuk digunakan pada anak-anak, karena tidak ada informasi yang cukup tentang efeknya pada anak-anak.

Kapan Anda tidak boleh menggunakan obat ini?

Anda tidak boleh menggunakan Glyceryl Trinitrate jika Anda memiliki reaksi alergi terhadap glyceryl trinitrate atau salah satu bahan yang terkandung di dalamnya.

Gejala-gejala reaksi alergi terhadap glyceryl trinitrate dapat meliputi:

  •  Kesulitan bernapas;
  •  Pembengkakan pada wajah, bibir, lidah atau bagian tubuh lainnya;
  •  Ruam, gatal atau gatal-gatal di kulit.

Selain itu, Anda tidak boleh diberikan glyceryl trinitrate jika Anda memiliki salah satu dari kondisi berikut:

  • Tekanan darah rendah;
  • Cidera pada kepala atau baru mengalami stroke baru-baru ini;
  • Anemia
  • Kelainan hemoglobin, (bagian dari sel darah merah Anda, bertanggung jawab untuk membawa oksigen).

Beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda hamil atau berniat untuk hamil. Seperti kebanyakan obat vasodilator, gliceryll trinitrate tidak dianjurkan untuk digunakan selama kehamilan.

Beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda sedang menyusui atau berniat menyusui. Seperti kebanyakan obat vasodilator, gliseril trinitrate tidak dianjurkan saat Anda menyusui. Tidak diketahui apakah glyceryl trinitrate dapat diekskresikan ke dalam ASI.

Bagaimana dosis dan cara penggunaan obat ini?

Glyceryl trinitrate tersedia dalam bentuk tablet sublingual (tablet yang digunakan dengan diletakan di bawah lidah), dimana setiap tablet mengandung 300 dan 500 mikrogram Glyceryl Trinitrate dan spray oral (semprotan ke dalam mulut) dengan sediaan 400 mikrogram.

Tablet sublingual atau semprotan mulut Glyceryl trinitrate digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat serangan angina atau untuk mencegah terjadinya serangan angina, seperti ketika Anda akan berolahraga.

Tablet atau semprotan harus digunakan pada tanda pertama serangan angina. Jangan menunggu sampai rasa sakit bertambah parah.

Obat-obatan ini biasanya menghilangkan rasa sakit dalam waktu kurang dari 5 menit. Namun, jika rasa sakit tidak hilang, gunakan tablet kedua atau semprotan kedua. Jika rasa sakit berlanjut selama lebih dari 5 menit, tablet ketiga atau semprotan selanjutnya dapat digunakan. 

Jika Anda masih mengalami nyeri dada setelah total 3 tablet atau semprotan dalam periode 15 menit, segera hubungi dokter Anda untuk pánanganan lebih lanjut.

Jika Anda menggunakan Glyceryl trinitrate untuk mencegah serangan angina, letakkan tablet di bawah lidah Anda atau gunakan semprotan 5 hingga 10 menit sebelum melakukan aktivitas yang Anda tahu dapat menyebabkan serangan.

Apa kemungkinan efek samping yang dapat disebabkan dari penggunaan obat ini?

Sakit kepala, muncul ruam kemerahan pada kulit, pusing, lemah atau pingsan, detak jantung yang cepat, mual atau muntah adalah efek samping umum dari penggunaan obat ini. 

Efek samping ini biasanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya. Hubungi dokter atau apoteker Anda jika obat tersebut menimbulkan gejala yang mengganggu dan tidak hilang atau memburuk.

Pusing, sakit kepala ringan, atau pingsan dapat terjadi, terutama ketika Anda bangun dengan cepat dari posisi berbaring atau duduk. Bangun perlahan mungkin membantu mengurangi efek samping ini. 

Jika Anda merasa pusing, kembalilah duduk atau berbaring. Efek samping ini lebih mungkin terjadi jika Anda minum alkohol, berdiri untuk waktu yang lama, berolahraga atau jika cuaca sedang panas.

Apakah obat ini aman digunakan bersama dengan obat lain?

Meskipun sebaiknya Anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 obat atau lebih secara bersamaan, dalam beberapa kasus pengobatan menggunakan dua obat yang berbeda mungkin akan dilakukan untuk mengatasi masalah yang berbeda, oleh karena itu mungkin penggunaan 2 obat-obatan atau lebih mungkin perlu dilakukan. 

Jika hal ini terjadi, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter. Dokter Anda mungkin ingin mengubah dosis, atau melakukan tindakan pencegahan lain.

Menggunakan Glyceryl trinitrate dengan obat-obatan berikut tidak dianjurkan. Karena penggunaan obat ini bersama dengan obat-obatan di bawah dapat memperburuk efek samping yang ditimbulkan. 

Contoh obat yang dapat menyebabkan hal tersebut meliputi agen hipotensi, NSAID, alkohol, heparin, TCAD, antipsikotik, analgesik opioid, sapropterin.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit