Gingivitis Ulcerative Nekrotikans Akut: Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Update terakhir: May 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.021.066 orang

Gingivitis ulseratif nekrotikans akut adalah infeksi gusi yang sangat nyeri. Gejalanya yaitu berupa nyeri akut, perdarahan, dan bau napas yang busuk. Diagnosis gingivitis ulseratif nekrotikans akut didasarkan pada temuan klinis. 

Pengobatannya biasanya dengan debridemen, peningkatan kebersihan mulut, pembilasan mulut, perawatan suportif, dan, jika debridement harus ditunda maka dapat diberikan obat antibiotik.

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Cefspan merupakan antibiotik untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan atas, infeksi saluran kemih dan kelamin, kulit & jaringan lunak. PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Cefspan 100mg cap 1

Gingivitis ulcerative nekrotikan akut paling sering terjadi pada perokok dan seseorang yang sedang mengalami stress. Faktor risiko lainnya adalah kebersihan mulut yang buruk, defisiensi nutrisi, defisiensi imun (misalnya, HIV / AIDS, penggunaan obat-obatan imunosupresif), dan kurang tidur. 

Pada beberapa orang juga menderita kandidiasis oral.

Apa penyebab terjadinya Gingivitis Ulcerative Nekrotikans Akut?

Gingivitis ulcerative nekrotikan akut disebabkan oleh infeksi bakteri campuran yang meliputi anaerob seperti P. intermedia dan Fusobacterium serta spirochetes, seperti Treponema.

Gingivitis ulcerative nekrotikan akut juga dapat dikaitkan dengan penyakit di mana sistem kekebalan tubuh terganggu, termasuk penyakit HIV / AIDS. Gingivitis ulcerative nekrotikan akut adalah infeksi oportunistik yang terjadi pada latar belakang gangguan pertahanan host lokal atau sistemik.

Apa saja gejala-gejala dari Gingivitis Ulcerative Nekrotikans Akut?

Pada tahap awal, beberapa pasien mungkin mengeluh perasaan tidak nyaman di sekitar gigi. Tiga tanda dan gejala yang harus ada untuk mendiagnosis kondisi penyakit ini adalah:

  • Nyeri gusi yang parah.
  • Perdarahan gingiva yang banyak dan membutuhkan sedikit atau tidak ada pemicu.
  • Papilla interdental mengalami ulserasi atau luka

Tanda dan gejala lain yang mungkin dapat terjadi yaitu:

  • Bau mulut
  • Rasa yang tidak enak pada mulut seperti bau logam.

Malaise, demam, dan / atau pembesaran kelenjar getah bening jarang sekali terjadi. Nyeri terlokalisasi dengan cukup baik di daerah yang mengalami luka. Reaksi sistemik mungkin lebih terasa pada anak-anak. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Cancrum oris adalah komplikasi yang sangat jarang, biasanya terjadi pada anak-anak yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Gambaran serupa tetapi dengan rasa sakit yang lebih hebat dapat terlihat pada periodontitis nekrotikans pada penyakit HIV / AIDS.

Bagaimana cara mendiagnosis Gingivitis Ulcerative Nekrotikans Akut?

Untuk mendiagnosis gingivitis ulcerative nekrotikan akut biasanya dilakukan smear untuk bakteri fusospirochaetal dan leukosit. Smear bakteri dilakukan untuk diferensiasi dengan leukemia akut atau stomatitis herpes.

Bagaimana cara mengobati Gingivitis Ulcerative Nekrotikans Akut?

Berikut ini beberapa pengobatan yang dapat dilakukan untuk menangani gingivitis ulcerative nekrotikan akut adalah:

  • Debridemen
  • Pembilasan mulut (misalnya dengan hidrogen peroksida, klorheksidin)
  • Meningkatkan kebersihan mulut
  • Terkadang dapat diberikan antibiotik oral

Pengobatan gingivitis ulcerative nekrotikan akut terdiri dari debridement lembut dengan scaler tangan atau perangkat ultrasonik. Debridement dapat dilakukan selama beberapa hari. Juga dapat menggunakan sikat gigi yang halus dan lembut atau waslap untuk menyeka gigi.

Bilas atau kumur-kumur mulut pada interval per jam dengan larutan garam yang hangat atau dua kali per hari dengan 1,5% hidrogen peroksida atau 0,12% klorheksidin dapat membantu mengatasi masalah gingivitis ulcerative nekrotikan akut selama beberapa hari pertama setelah debridement awal.

Langkah-langkah pendukung penting lainnya termasuk meningkatkan kebersihan mulut (dilakukan dengan lembut), nutrisi yang cukup, asupan cairan yang tinggi, istirahat yang cukup, analgesik sesuai kebutuhan, dan menghindari iritasi (misalnya, iritasi yang disebabkan oleh merokok atau mengkonsumsi makanan yang panas atau pedas). 

Tanda-tanda perbaikan biasanya terjadi dalam waktu 24 hingga 48 jam, setelah itu debridement dapat diselesaikan.

Jika debridement ditunda (misalnya, jika dokter gigi atau instrumen yang diperlukan untuk debridement tidak tersedia), obat antibiotik oral (misalnya, amoksisilin 500 mg q 8 jam, erythromycin 250 mg q 6 jam, atau tetrasiklin 250 mg q 6 jam) dapat memberikan pertolongan dengan cepat dan dapat dilanjutkan sampai 72 jam setelah gejala sembuh.

Jika gingivitis ulcerative nekrotikan akut tidak segera diobati, maka infeksi dapat menyebabkan kerusakan periodonsium yang cepat dan dapat menyebar, seperti stomatitis, ke jaringan sekitarnya seperti pada daerah pipi, bibir atau tulang rahang

Perlu Anda ketahui, kondisi tersebut dapat terjadi dan sangat berbahaya pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Perkembangan pada penyakit atau komplikasi tersebut mungkin dapat terjadi pada individu yang rentan mengalami kekurangan gizi, dengan kondisi yang parah.

Penting juga untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi. Setidaknya pergi ke dokter gigi untuk kontrol kesehatan gigi dan mulut minimal dua kali dalam setahun untuk menghindari terjadinya gingivitis ulcerative nekrotikan akut. 

Serta hindari juga kebiasaan yang dapat memicu munculnya penyakit ini seperti merokok dan stress

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit