Gigi Bungsu Yang Tumbuh Terasa Sakit, Kenapa Bisa?

Dipublish tanggal: Agu 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Gigi bungsu biasanya tumbuh ketika Anda memasuki usia sekitar 17 hingga 25 tahun. Gigi bungsu Anda akan tumbuh disertai rasa nyeri yang luar biasa, namun hal tersebut sangatlah wajar. 

Meskipun demikian, banyak orang yang memutuskan untuk mencabut gigi bungsu akibat rasa sakit yang ditimbulkan sangat mengganggu ketika hendak melakukan aktivitas sehari-hari. 

Iklan dari HonestDocs
Pencabutan Gigi Di Tooth's Kingdom Dental Care

Pencabutan gigi adalah tindakan di mana sebuah gigi atau beberapa gigi diangkat oleh ahli bedah mulut dan wajah-rahang (maksilofasial) menggunakan peralatan kedokteran gigi lengkap. Ini adalah teknik sederhana yang dikenal sebagai bedah mulut, biasanya membutuhkan bius lokal atau umum, dan obat penenang

Istock 181864178 %281%29

Sepertinya sebuah lirik lagu yang berkata, “lebih baik sakit hati, daripada sakit gigi,” benar adanya, sehingga orang memilih untuk melakukan operasi gigi bungsu

Mengapa timbul rasa sakit ketika gigi bungsu tumbuh?

Gigi yang tumbuh ketika Anda berusia antara 17 hingga 25 tahun ini berfungsi untuk mengunyah makanan menjadi lembut agar mudah dicerna. 

Selain itu, gigi bungsu juga berperan dalam penyelarasan bentuk gusi Anda. Profesor bedah mulut dan rahang dari Harvard School of Dental Medicine, Thomas Dodson, DMD, MPH, mengatakan bahwa anatomi mulut adalah akar masa;ah terbesar gigi bungsu. 

Anatomi mulut seperti bentuk rahang atau bentuk gigi mempengaruhi pertumbuhan gigi bungsu di kemudian hari. 

Gusi akan mengalami perubahan bentuk setelah tumbuhnya gigi selama bertahun-tahun. Apabila ruang yang ada pada tidak cukup untuk ditempati oleh gigi bungus, maka gigi bungsu dapat tumbuh dengan cara menggeser posisi gigi lain atau bahkan terjebak dalam gusi dan tulang rahang yang mengakibatkan Anda merasakan rasa sakit yang luar biasa. 

Gigi bungsu yang dibiarkan tumbuh ke samping dapat merusak gigi yang lain, merusak tulang rahang dan juga saraf. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Terlebih lagi, letak gigi bungsu sangat sulit dijangkau, hal ini menyebabkan makanan dengan mudah terperangkap dan membentuk plak. 

Sehingga gigi bungsu sangat rentan mengalami gigi berlubang, penyakit gusi, serta masalah gigi dan mulut lainnya. Beberapa masalah inilah yang akan membuat sakit gigi menjadi parah karena tumbuhnya gigi bungus. 

Oleh karena itu, apabila komplikasi diatas sudah Anda rasakan akibat tumbuhnya gigi bungsu, segera lakukan konsultasi dengan dokter gigi agar bisa dengan cepat menentukan perawatan yang tepat bagi Anda. 

Haruskah gigi bungsu dicabut? 

Banyak yang memilih untuk mencabut gigi bungsu untuk menghindari rasa nyeri yang luar biasa. Akan tetapi, keputusan untuk mencabut gigi bungsu tergantung pada dokter gigi dan ahli bedah mulut. 

Apabila dokter gigi melihat bahwa kemungkinan gigi bungsu yang tumbuh dapat merusak gigi di sebelahnya atau menyebabkan masalah lain, maka dokter gigi akan merekomendasikan Anda untuk melakukan operasi pencabutan gigi bungsu. 

Walaupun semua tergantung pada dokter gigi, akan lebih baik apabila Anda segera mencabut gigi bungsu. Gigi bungsu yang di cabut pada usia muda akan lebih mudah daripada dilakukan pada usia tua. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Hal tersebut terjadi karena pada usia muda, akar gigi masih terbilang lunak sehingga dokter dapat mencabutnya tanpa memerlukan tenaga ekstra. Selain itu, proses penyembuhan pencabutan gigi bungsu di usia muda juga lebih cepat. 

Apabila Anda menunda-nunda untuk mecabut gigi bungsu, akan terjadi pendarahan berat, gigi retak hingga mati rasa setelah Anda melakukan operasi. 

Oleh karna itu, apabila Anda merasakan gejala seperti gusi bengkak, sakit dan terasa ada yang menggganjal di bagian belakang rahang, sebaiknya segera ke dokter untuk memastikan apa yang menjadi penyebabnya. 

Biasanya, Anda akan dirongten dengan sinar X untuk melihat apakah gigi bungsu dengan baik atau tidak. 

Efek samping operasi gigi bungsu 

Apabila dokter menemukan bahwa gigi bungsu Anda bermasalah setelah melakukan rongten dengan sinar X, maka dokter akan merekomendasikan untuk melakukan pencabutan gigi bungsu. 

Pencabutan gigi bungsu akan dilakukan dengan prosedur operkolektomi, sebuah operasi kecil yang bertujuan untuk membuka gusi dengan cara di sayat. 

Setelah operasi selesai, Anda akan merasakan efek yang samping seperti yang terjadi pada operasi-operasi pada umumnya. Efek samping yang Anda alami adalah nyeri gusi dan pembengkakan

Anda tidak perlu khawatir jika hal ini terjadi, karena dapat diatasi dengan menggunakan obat pereda nyeri yang bisa Anda dapatkan diberbagai apotek atau toko obat. Kemungkinan dokter akan merespkan obat pereda nyeri dengan dosis tertentu sesuai dengan kebutuhan Anda. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Wisdom Teeth Pain Relief: 15 Remedies for Toothaches. Healthline. (https://www.healthline.com/health/wisdom-teeth-pain-relief)
Wisdom teeth removal: When is it necessary?. Mayo Clinic. (https://www.mayoclinic.com/health/wisdom-teeth-removal/AN01961)
Wisdom Teeth Removal (Extraction): What to Expect, Recovery & Pain. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/wisdom-teeth-adult)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app