Apakah Setiap Orang Akan Mengalami Tumbuhnya Gigi Bungsu?

Dipublish tanggal: Agu 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apakah Setiap Orang Akan Mengalami Tumbuhnya Gigi Bungsu?

Ketika menginjak usia dewasa, seseorang bisa saja mengalami yang namanya gigi bungsu tumbuh. Di mana gigi ini tumbuh di gigi bagian geraham Anda yang paling belakang dan akan terasa menyakitkan. 

Pernahkah Anda mengalami hal yang demikian ? Lalu, apakah gigi bungsu itu ?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Gigi bungsu juga dikenal dengan sebutan lain yaitu gigi geraham ketiga. Gigi ini merupakan gigi yang letaknya berada di rahang bagian atas serta bagian bawah, dan proses tumbuhnya paling terakhir.

Bagaimanakah gigi bungsu ini terbentuk ? Terbentuknya benih gigi bungsu, prosesnya dimulai ketika seseorang belum menginjak usia dua belas tahun, kemudian akan berakhir ketika seseorang menginjak usia sekitar dua puluh lima tahun. 

Gigi inilah yang pada umumnya tumbuh terakhir kali, jika dibandingkan gigi-gigi yang lainnya. Masa tumbuhnya gigi ini juga menjadikannya disebut dengan nama yang lain yaitu dengan sebutan wisdom teeth. 

Nah, membahas tentang gigi bungsu, kira-kira apa sajakah yang perlu diketahui oleh Anda mengenai gigi ini ?

Apakah setiap orang akan mengalami yang namanya pertumbuhan gigi bungsu ?

Pada kenyataannya, tidak setiap orang sadar akan keberadaan gigi bungsu ini. Sebagian besar orang hanya akan merasakan timbulnya rasa sakit dan nyeri ketika mengalami proses pertumbuhan gigi bungsu ini. 

Sebenarnya, selain pada gigi bungsu, gangguan kemunculan gigi atau disebut impaksi juga bisa terjadi di gigi-gigi Anda yang lainnya, akan tetapi frekuensi yang paling tinggi terjadi di gigi bungsu Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Terdapat beberapa penelitian yang membuktikan fakta sembilan dari sepuluh orang mengalami impaksi gigi bungsu.

Ketika seseorang menginjak usia dewasa, sebenarnya pertumbuhan rahang sudah usai, maka dari itu sudah tidak lagi tempat bagi tumbuhnya gigi bungsu Anda. 

Maka, gigi bungsu tumbuhnya menjadi kurang sempurna, apalagi posisi dan arahnya juga salah. Hal tersebutlah yang akan mengakibatkan munculnya rasa yang sakit serta nyeri ketika tumbuh gigi bungsu.

Sejatinya, tumbuhnya gigi bungsu dapat membantu Anda dan tidak akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri sama sekali. 

Namun, hal itu terjadi jika gigi ini mampu tumbuh dengan normal ke rongga mulut tanpa adanya halangan, ketika benih gigi tumbuh dalam posisi yang baik, apabila terdapat bagian rahang yang masih cukup untuk menampungnya. 

Gigi bungsu dapat membantu Anda khususnya guna mengoyak serta mengunyah makanan yang sifatnya keras.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Cara mencegah rasa sakit ketika gigi bungsu tumbuh

Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan mendeteksi letak gigi bungsu Anda yaitu dengan berkonsultasi ke dokter gigi sebelum gigi tersebut tumbuh. 

Dokter akan merontgen berkala rahang dan gigi Anda guna menilai posisi serta pertumbuhan gigi bungsu tersebut, sehingga sebelum timbul masalah lain, dapat segera ditangani.

Tujuannya adalah guna mengurangi rasa sakit/nyeri jika ternyata gigi tersebut harus ditangani dengan cara dicabut beberapa tahun sesudahnya. 

Di usia muda, gigi akan lebih mudah untuk dicabut dibandingkan ketika sudah usia dewasa. Apalagi ketika sudah dewasa, proses penyembuhan akan memakan waktu yang lebih lama.

Faktor-faktor penyebab tumbuhnya gigi bungsu

Gigi bungsu jumlahnya ada empat yang ada pada bagian kanan, kiri, atas dan bawah rahang belakang Anda. Akan tetapi, sekitar duapuluh lima persen manusia ternyata memiliki gigi bungsu dengan jumlah kurang dari empat, karena biasanya gigi bungsu yang ke-empat mengalami masalah ketikaa tumbuh yang bisa disebabkan oleh faktor :

1. Genetik

Gangguan pertumbuhan gigi ini dapat disebabkan karena orang tua anak memiliki lengkung rahang yang kecil dan mungkin ukuran gigi yang besar.

2. Bentuk makanan yang dimakan

Untuk merangsang pertumbuhan rahang Anda dengan maksimal, makanan yang bertekstur lebih keras akan lebih membantu karena akan menyebabkan timbulnya aktivitas dan gerakan otot-otot rahang Anda dibandingkan makanan yang bertekstur cenderung lunak.

3. Benih gigi posisinya salah

Pertumbuhan gigi bungsu akan terganggu saat pertumbuhan benih giginya salah arah dan posisi. Hal itu juga akan rentan mengganggu pertumbuhan gigi Anda yang lainnya.

Tumbuhnya gigi bungsu yang mengalami masalah dan kesalahan posisi bisa menyebabkan sakit/nyeri. Cara untuk mengatasinya terkadang hanya dengan mencabut gigi tersebut. 

Karena jika tidak segera ditangani dengan tepat akan menyebabkan komplikasi serius lainnya, misalnya infeksi dan kista.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Wisdom teeth recovery time: How long and how to speed it up. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321657.php)
Does Everyone Have Wisdom Teeth? Purpose and Removal. Healthline. (https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/does-everyone-have-wisdom-teeth)
Wisdom Teeth: Picture, Problems, Removal. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/wisdom-teeth)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app