Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
Kesehatan Mulut dan Gigi

Apakah Gigi Geraham Bungsu atau Gigi Tidur Harus Segera Dioperasi?

Dipublish tanggal: Agu 6, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 3 menit

Gigi bungsu atau gigi geraham ketiga biasanya akan tumbuh belakangan, yaitu ketika seseorang mulai menginjak usia sekitar dua puluh tahun. Memang tidak semua orang memiliki masalah dengan pertumbuhan gigi bungsunya, namun sebagian besar orang mungkin memiliki gigi geraham bungsu (wisdom teeth) yang posisi tumbuhnya tidak pas atau tidak sempurna.

Gigi geraham bungsu mungkin tumbuh menghadap ke samping dan bukannya menghadap ke atas atau bawah seperti pada posisi gigi umumnya bisa juga disebut dengan gigi tidur. Gigi tidur ini pada umumnya dapat menimbulkan rasa sakit akibat sempitnya ruang pertumbuhan gigi sehingga gigi bungsu tumbuh tidak sejajar dengan gigi lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Tetapi beberapa pertanyaan juga muncul, apakah gigi bungsu (wisdom teeth) yang memiliki bentuk posisi salah tersebut harus ditangani dengan cara operasi atau tidak.

Yang perlu diketahui tentang gigi bungsu

Gigi bungsu atau gigi geraham ketiga pada umumnya akan tumbuh pada saat seseorang telah memasuki usia remaja ke dewasa, yaitu sekitar usia 17-25 tahun. Tumbuhnya gigi bungsu ini akan berada di posisi rahang sebelah kanan dan juga rahang sebelah kiri, pada bagian rahang atas dan rahang bawah. 

Normalnya gigi bungsu (wisdom teeth) yang tumbuh dengan sehat akan berada pada posisi yang tepat dan mudah untuk dibersihkan. Akan tetapi sebagian besar pertumbuhan gigi bungsu ini terkadang justru tidak berjalan sesuai yang semestinya karena gigi bungsu yang tumbuh belakangan dan area gusi yang menjadi tempat tumbuhnya gigi bungsu ini kemungkinan menjadi lebih sempit karena adanya pertumbuhan gigi yang lainnya. 

Hal inilah yang menyebabkan gigi bungsu kesulitan untuk tumbuh sampai ke permukaan gusi tersebut dan akhirnya gigi bungsu (wisdom teeth)tidak dapat tumbuh sejajar dengan gigi-gigi yang lainnya. Kebanyakan gigi bungsu akan tumbuh menyamping, tidak ke atas ataupun ke bawah maka gigi ini sering disebut dengan gigi tidur. 

Gigi tidur ini dapat “menabrak” gigi lain yang terletak di sebelahnya dan akan mengakibatkan rasa sakit/nyeri yang membuat tidak nyaman. Selain itu, hal ini juga dapat berpotensi merusak gigi yang ada di sebelahnya dalam jangka waktu lama. Maka dari itu, untuk mengatasinya salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan melakukan operasi gigi bungsu.

Baca juga: Cara Mengobati Sakit Gigi Akibat Gigi Bungsu

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Apakah semua gigi tidur harus dioperasi?

Gigi tidur ini akan berdampak negatif bagi kesehatan gigi dan mulut jika dibiarkan. Meskipun gigi bungsu (wisdom teeth) yang tumbuhnya tidak di posisi yang tepat tersebut mungkin tidak menimbulkan rasa sakit atau nyeri tetapi tetap disarankan untuk dilakukan operasi. Hal ini supaya tidak mengakibatkan gangguan pada gigi lainnya ataupun kesehatan secara keseluruhan.

Gigi tidur sebaiknya tidak didiamkan begitu saja karena dapat berpotensi merusak gigi di dekatnya, termasuk tulang rahang serta saraf. Selain itu, munculnya gigi tidur pada area permukaan gusi yang hanya sebagian akan beresiko masuknya bakteri penyebab infeksi di sekitar gigi. Hal ini akan menyebabkan rasa sakit/nyeri, bengkak, kaku di rahang dan gangguan lainnya. 

Letak gigi tidur yang juga sulit dijangkau oleh sikat gigi maupun flossing (benang gigi) dapat membuat gigi menjadi sulit untuk dibersihkan dan meningkatkan risiko kerusakan gigi serta penyakit gusi karena sisa makanan dan bakteri dapat dengan mudah menumpuk pada area tersebut dan menimulkan infeksi.

Baca juga: Penyebab Sakit Gigi yang Sering Terjadi

Sebaiknya jangan menunggu sampai terlalu lama untuk melakukan operasi gigi tidur karena setelahnya justru akan mengakibatkan masalah yang lebih parah (perdarahan berat, gigi retak, mati rasa hingga kehilangan sedikit gerakan pada rahang). Ada baiknya untuk segera menjalani operasi gigi bungsu sehingga kesehatan gigi tetap terjaga.

Prosedur operasi gigi tidur

Untuk mengetahui posisi gigi bungsu (wisdom teeth) yang tumbuh dengan tidak baik dapat dilakukan rontgen. Jika hasil rontgen menunjukkan adanya gigi tidur, biasanya dokter kemudian merekomendasikan untuk dilakukannya operasi. Apalagi jika gigi tersebut sampai menimbulkan rasa sakit, infeksi yang berulang, kerusakan gigi di sekitarnya, serta munculnya penyakit gusi.

Durasi operasi gigi tidur ini biasanya memakan waktu sekitar 45 menit di mana dokter akan memberikan bius, baik bius lokal ataupun bius umum (tergantung kondisi) sebelum memulai tindakan operasi, sehingga Anda tidak akan merasakan sakit ketika operasi berlangsung. Ketika operasi dilakukan, gusi Anda akan dibedah oleh dokter guna mengeluarkan gigi tidur, kemudian gusi akan dijahit sampai ditutup kembali. 

Jahitan ini biasanya akan kembali menyatu dengan gusi setelah beberapa hari dan akan ada rasa tidak nyaman yang mungkin akan Anda alami selama kurang lebih 3 hari atau lebih. Namun dalam beberapa minggu kemudian biasanya kondisi mulut Anda sudah akan kembali seperti semula.

26 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Removing wisdom teeth. healthdirect. (https://www.healthdirect.gov.au/surgery/removing-wisdom-teeth)
Wisdom tooth pain: Causes, home treatment, and prevention. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319461.php)
Wisdom Teeth Removal, Pain, Recovery Time & Impacted Teeth. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/wisdom_teeth/article.htm)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit