Kesehatan Mulut dan Gigi

Apakah Gigi Bungsu Harus Dicabut? Apa Penyebabnya?

Direkomendasikan untuk remaja agar mendapatkan operasi pencabutan gigi bungsu. Orang-orang yang mencabut gigi bungsunya pada usia yang masih muda akan sembuh lebih cepat sejak operasi, sebelum akar dan tulang benar-benar terbentuk. Hal ini bisa menghindarkan dari masalah sebelum benar-benar terjadi.
Dipublish tanggal: Agu 10, 2019 Update terakhir: Apr 30, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apakah Gigi Bungsu Harus Dicabut? Apa Penyebabnya?

Terkadang pada usia antara 17 hingga 21 tahun, kebanyakan pada orang dewasa tubuh seri ke tiga gigi geraham. Geraham ini lebih sering disebut dengan gigi bungsu.

Gigi dikategorikan berdasarkan letak dan fungsinya. Gigi yang lebih tajam dapat merobek makanan hingga ukuran yang lebih kecil dan gigi yang lebih datar dapat menggerus makanan menjadi lebih kecil. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Gigi bungsu adalah tipe gigi yang lebih mendatar, yang disebut dengan gigi geraham. Geraham berada di bagian belakang mulut Anda. Orang dewasa memiliki tiga seri gigi geraham pada bagian atas dan bawah, dan pada kedua sisi mulut mereka.

Mulai dari usia balita hingga dewasa muda, pada manusia tumbuh satu seri gigi, lalu gigi tersebut lepas, dan mendapatkan seri yang baru lagi. 

Terdapat jeda yang cukup lama, dan lanjut lagi, pada awal masa dewasa, seri gigi yang terakhir akan muncul ke permukaan.

Gigi tersebut disebut dengan gigi bungsu karena gigi tersebut merupakan gigi yang muncul paling terakhir.

Seberapa sering pada seseorang tumbuh gigi bungsu?

Semua gigi yang dimiliki oleh seseorang telah ada sejak mereka lahir, terdapat di bagian terdalam struktur tengkorak. Awalnya, seri gigi susu 20 buah muncul dan lepas. 

Kemudian muncul 32 buah gigi muncul kembali. Gigi geraham seri awal biasanya terlihat muncul pada usia 6 tahun, dan seri kedua pada usia 12 tahun, dan gigi bungsu akan muncul sekitar pada usia 21 tahun.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Gigi bungsu merupakan gigi yang penting untuk manusia era awal karena mereka memakan akar, tumbuham, daging dan kacang-kacangan, tetapi gigi bungsu tidak lagi diperlukan era ini. 

Saat ini, manusia memasak makanan untuk memperlembutnya, dan manusia bisa memotong dan menggerusnya dengan menggunakan peralatan makan.

Antropolog percaya bahwa manusia telah berevolusi sehingga tidak memerlukan gigi bungsu, sehingga beberapa orang tidak memilikinya. Gigi bungsu mungkin telah masuk ke dalam appendiks dan menjadi tidak diperlukan sama sekali. 

Merupakan hal yang tidak mengagetkan bagi beberapa peneliti jika suatu saat seseorang tidak memiliki gigi bungsu sama sekali.

Namun, genetik juga menyebabkan kebanyakan orang dewasa memiliki gigi bungsu. Satu studi menemukan bahwa setidaknya 53 persen orang memiliki setidaknya satu gigi bungsu yang muncul. 

Pria memiliki kemungkinan lebih tinggi daripada wanita.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Namun, hanya karena Anda tidak melihat gigi bungsu Anda, tidak berarti gigi bungsu tersebut tidak ada. 

Terkadang gigi bungsu tidak muncul dan tidak terlihat. X-ray bisa mengkonfirmasi apakah Anda memiliki gigi bungsu di bawah gusi Anda.

Baik terlihat atau tidak, gigi bungsu bisa menyebabkan masalah kesehatan mulut. Gigi bungsu yang tidak muncul ke permukaan gusi disebut dengan gigi terimpaksi. 

Terkadang hal ini menyebabkan masalah yang lebih banyak dibandingkan dengan gigi bungsu yang muncul ke permukaan.

Apakah gigi bungsu harus dicabut?

Manusia dan rahang kita menjadi lebih kecil seiring waktu. Terdapat kira-kira beberapa alasan kenapa evolusi ini mengalami kemajuan. 

Beberapa peneliti percaya bahwa otak manusia semakin besar seiring bertambahnya waktu, rahang juga menjadi lebih kecil untuk mengakomodasi ruangan nya.

Makanan dan kebutuhan mulut juga berubah secara drastis. Rahang yang lebih kecil berarti tidak ada cukup ruang di dalam mulut untuk semua gigi yang seharusnya kita miliki. 

Terdapat empat gigi bungsu yang secara keseluruhan kita miliki, dua di atas dan dua dibawah. Seseorang bisa memiliki jumlah gigi bungsu tersebut atau lebih sedikit dari itu, bahkan tidak sama sekali.

Kebanyakan rahang berhenti tumbuh ketika seseorang berusia 18 tahun, tetapi kebanyakan gigi bungsu muncul ketika seseorang berusia sekitar 19.5 tahun. 

Kebanyakan masalah yang disebabkan gigi bungsu adalah disebabkan faktanya bahwa tidak ada cukup ruang.

Masalah yang berhubungan dengan gigi bungsu antara lain:

  • Gigi yang keropos
  • Gigi yang terlalu banyak
  • Gigi bungsu tumbuh menyamping
  • Nyeri pada rahang
  • Kista di bawah gusi dan kemungkinan memiliki tumor

American Dental Association mengindikasikan bahwa pencabutan gigi bungsu akan diperlukan jika perubahan pada gigi tersebut terlihat.

Direkomendasikan untuk remaja agar mendapatkan operasi pencabutan gigi bungsu. 

Orang-orang yang mencabut gigi bungsunya pada usia yang masih muda akan sembuh lebih cepat sejak operasi, sebelum akar dan tulang benar-benar terbentuk. Hal ini bisa menghindarkan dari masalah sebelum benar-benar terjadi. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Wisdom tooth pain: Causes, home treatment, and prevention. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319461.php)
Why Do We Have Wisdom Teeth: What Are They, Growing in, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/why-do-we-have-wisdom-teeth)
Wisdom Teeth: Picture, Problems, Removal. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/wisdom-teeth)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app