HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Buka Mulut Lebar-Lebar! Yuk, Pelajari Struktur dan Anatomi Mulut Manusia

Mulut adalah rongga yang dibentuk oleh ruang di antara bibir, pipi, lidah, langit-langit dan tenggorokan. Mulut terletak pada garis tengah tubuh, di bawah hidung dan di atas dagu.
Dipublish tanggal: Jul 21, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Buka Mulut Lebar-Lebar! Yuk, Pelajari Struktur dan Anatomi Mulut Manusia

Mulut atau rongga mulut adalah tempat masuknya makanan dan keluar masuknya udara ke dalam tubuh. Di dalam mulut terdapat banyak organ lain, seperti gigi, lidah, dan saluran kelenjar air liur yang bekerja bersama untuk membantu memproses pencernaan dan mencerna makanan. 

Mulut juga memainkan peran utama dalam berbicara melalui gerakan lidah, bibir, dan pipi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Mulut adalah rongga yang dibentuk oleh ruang di antara bibir, pipi, lidah, langit-langit dan tenggorokan. Mulut terletak pada garis tengah tubuh, di bawah hidung dan di atas dagu.

Bibir

Bibir adalah organ lunak, struktur berdaging tanpa tulang yang membentuk batas depan pembukaan eksternal mulut. 

Bibir adalah struktur yang sangat fleksibel dan elastis dan mengandung banyak serat kolagen, elastin dan jaringan adiposa yang ditutupi oleh lapisan tipis epitel skuamosa berlapis. 

Bagian luar bibir bersatu dengan kulit dan ditutupi oleh epitel keratin, sedangkan permukaan bagian dalam bersatu dengan selaput lendir mulut dan ditutupi oleh epitel non-keratin.

Pipi bagian dalam

Pipi bagian dalam adalah struktur yang membentuk samping kiri dan kanan rongga mulut, yang merupakan struktur berdaging yang membentuk sisi mulut. 

Mirip dengan bibir, bagian luar pipi ditutupi oleh epitel skuamosa berstrata keratin yang bersambungan dengan kulit dan bagian dalam ditutupi dengan epitel skuamosa berstrata non-keratin yang berlanjut dengan membran mukosa. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Di antara lapisan epitel terdapat struktur yang merupakan lapisan jaringan ikat, saraf, dan otot. Khususnya otot-otot pipi yang meliputi otot buccinator, orbicularis oris dan zygomaticus mayor, yang berfungsi untuk menggerakkan bibir dan pipi.

Lidah

Lidah membentuk bagian bawah mulut, lidah dapat bergerak dan menempati hampir semua wilayah rongga mulut. 

Sementara banyak orang menganggap lidah sebagai otot, sebenarnya lidah adalah organ yang tersusun dari jaringan epitel, beberapa otot rangka, saraf, dan jaringan ikat.

 Lidah mengandung banyak tonjolan kecil yang dikenal sebagai papillae yang membantu mencengkeram dan memindahkan makanan di sekitar mulut. Papillae juga berfungsi sebagai sensor atau indra perasa yang dapat mendeteksi bahan kimia yang ditemukan dalam makanan.

 Lidah juga membantu dalam proses berbicara dengan mengatur aliran udara melalui mulut untuk menghasilkan suara.

Langit-langit mulut

Langit-langit mulut terdiri dari langit-langit keras dan langit-langit lunak. Langit-langit keras terletak pada bagian ujung mulut mulut depan. langit-langit keras terbentuk oleh permukaan bawah tulang maksila dan palatina. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Tulang-tulang ini ditutupi dengan lapisan tipis jaringan ikat dan selaput lendir, yang membentuk kerutan kecil. 

Pada bagian belakang, langit-langit mulut berlanjut menjadi struktur lunak, yang tersusun atas massa jaringan berdaging fleksibel yang berakhir di uvula (tenggorok). 

Langit-langit yang keras dan lunak bekerja bersama untuk memisahkan mulut dari rongga hidung. 

Langit-langit lunak bergerak saat menelan untuk menutupi nasofaring yang merupakan saluran yang menghubungkan hidung dengan tenggorokan, untuk mencegah makanan memasuki rongga hidung.

Faring

Faring, adalah tabung berbentuk corong yang terletak di bagian belakang mulut. Faring menghubungkan rongga hidung dan mulut ke kerongkongan dan laring di leher. 

Daerah tenggorokan di belakang mulut dikenal sebagai orofaring dan membentuk dinding mulut bagian belakang. Makanan di dalam mulut ditelan ke dalam orofaring dan diteruskan ke kerongkongan dan sisa saluran pencernaan. 

Udara yang dihirup melalui mulut atau hidung juga melewati faring saat menuju laring, dan kemudian melewati faring saat keluar dari tubuh selama proses pernafasan.

Gigi dan gusi

Di dalam mulut ada beberapa struktur yang membantu proses pencernaan makanan. Gigi adalah struktur keras khusus untuk menggigit dan menggiling makanan (dikenal sebagai proses mengunyah). 

Gigi tersusun di bagian bawah mulut yang mengelilingi lidah. 

Gigi juga tersusun di bagian atas rongga mulut dengan susunan yang hampir identik dengan susunan di bagian bawah. Gigi membentuk akar yang dalam ke tulang maxilla dan mandibula, tetapi tumbuh melalui gusi. 

Gusi, atau gingiva, adalah selaput lendir lunak yang mengelilingi gigi, melindungi akar dari kerusakan dan membantu mempertahankan posisi gigi pada tempatnya. 

Kelenjar air Liur

Kelenjar air liur terdapat pada sekitar rongga mulut mengelilingi mulut, dan memproduksi air liur, untuk dialirkan ke dalam mulut melalui banyak saluran kecil. 

Air liur membantu melembabkan dan membantu proses pencernaan makanan di mulut sebelum ditelan. Air liur juga melindungi gigi dari pembusukan dengan mencerna dan membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mouth Anatomy: Overview, Gross Anatomy: Oral Vestibule, Gross Anatomy: Oral Cavity Proper. Medscape. (https://emedicine.medscape.com/article/1899122-overview)
Mouth | anatomy. Encyclopedia Britannica. (https://www.britannica.com/science/mouth-anatomy)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app