Gairah Seksual Suami Istri Menurun? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya penurunan gairah seksual pada pria dan wanita disebabkan oleh faktor yang hampir sama. Berikut ini beberapa penyebab yang dapat menurunkan gairah seksual antara suami-istri:
Dipublish tanggal: Sep 4, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit

Tidak dipungkiri seks memang menjadi salah satu bagian penting dalam menjaga hubungan suami istri. Umumnya penurunan gairah seksual suami-istri atau libido tidak terjadi secara tiba-tiba melainkan secara bertahap. 

Anda dan pasangan tidak bisa membiarkan hal tersebut begitu saja, perlu upaya-upaya untuk menghidupkan kembali gairah seksual Anda bersama pasangan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Indikasi gairah seksual suami istri menurun

Penurunan gairah seksual suami-istri dapat ditandai jika hubungan seksual Anda bersama pasangan lebih sedikit daripada frekuensi pasangan pada umumnya, yakni sekitar satu kali dalam seminggu. Apabila hal ini Anda alami, segera ketahui penyebabnya. 

Seksolog mengatakan bahwa masalah ini harus ditangain secepatnya.

Beberapa indikasi jika pria mengalami penurunan gairah seksual yaitu seperti pria menganggap seks tidak sebagai hal yang dinanti-nantikan dan hanya sebagai rutinitas saja. 

Selain itu, indikasi lain terganggunya gairah seksual yaitu berkurangnya fantasi seks pada pasangan, kegiatan bersentuhan dengan pasangan hanya terjadi di kamar tidur, dan jarang melakukan hubungan seksual.

Sedangkan pada wanita penurunan gairah seksual ditandai dengan hilangnya ketertarikan pada aktivitas seksual apapun, tidak ada fantasi skes pad apasanngan, dan merasa terganggu dengan aktivitas seksual suami-istri.

Penyebab menurunnya gairah seksual suami istri

Sebenarnya penurunan gairah seksual pada pria dan wanita disebabkan oleh faktor yang hampir sama. Berikut ini beberapa penyebab yang dapat menurunkan gairah seksual antara suami-istri:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Pria

    • Rendahnya hormon testosteron
    • Ketidakseimbangan hormon tiroid 
    • Gangguan psikologis seperti stres atau depresi
    • Rasa malu atau kurang percaya diri terhadap kemampuan dalam memuaskan pasangan
    • Kondisi penyakit tertentu seperti diabetes
    • Kelebihan berat badan (obesitas)
    • Efek samping dari penggunaan obat 
    • Hubungan suami-istri renggang

    Wanita

    • Rendahnya hormon estrogen
    • Gangguan psikologis
    • Gangguan hormonal
    • Hamil atau menyusui
    • Kondisi penyakit tertentu seperti diabetes atau kanker
    • Perubahan berat badan
    • Efek samping dari penggunaan obat seperti obat antidepresan
    • Kelelahan
    • Menopause
    • Hubungan dengan pasangan terganggu
    • Ada konflik yang belum terselesaikan
    • Komunikasi tidak lancar
    • Kepercayaan yang kurang pada suami

    Inilah cara mengatasinya

    Apabila Anda dan pasangan mengalami penurunan gairah seksual, jangan terlalu cemas. Anda dan pasangan bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mencari solusinya. Yang terpenting adalah mengetahui penyebab penurunan gairah seksual suami-istri. 

    Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda dan pasangan lakukan untuk menghidupkan kembali gairah seksual:

    1. Terapi hormon

    Jika penyebab penurunan gairah seksual karena hormon testosteron yang rendah, Anda bisa melakukan terapi hormon. Biasanya dokter akan memberikan terapi hormon testosteron berupa suntikan, koyo (patch), atau gel yang dioleskan pada dada, bahu, atau perut.

    Sedangkan pada wanita yang sudah menopause, hormon estrogen memang mengalami penurunan yang dapat menurunkan gairah seksual. Anda bisa melakukan terapi penggantian hormon atau hormon replacement therapy. Terapi ini juga mampu mengatasi vagina kering.

    2. Mengganti obat-obatan yang mempunyai efek samping menurunkan gairah seksual

    Apabila penyebab penurunan gairah seksual berasal dari efek samping penggunaan obat-obatan, segera konsultasikan kepada dokter mengenai obat pengganti yang tidak akan mempengaruhi gairah seksual. Biasanya dokter akan merubah dosis atau menggantinya dengan obat yang sejenis.

    3. Konseling dengan psikolog atau seksolog

    Anda dan pasangan juga bisa berkonsultasi dengan para psikolog atau seksolong untuk membantu menyelesaikan masalah Anda. Seorang psikolog atau seksolog akan membantu mencarikan solusi atau jalan keluar dengan memperhatikan kedua belah pihak, artinya tidak ada yang merasa diuntungkan atau dirugikan. 

    Iklan dari HonestDocs
    Beli Obat Diabetes via HDmall

    Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

    Default internal ads 36

    Tapi sebelum Anda dan pasangan menggunakan jasa psikolog atau seksolog, tidak ada salahnya untuk berbicara empat mata dan menyelesaikan masalah bersama. Hal ini akan membantu membangkitkan keharmonisan rumah tangga Anda dan pasangan. 

    4. Berikan perhatian lebih pada pasangan Anda

    Apakah penyebab penurunan gairah seksual terjadi karena mulai berkurangnya perhatian antar pasangan? Cobalah introspeksi diri terlebih dahulu, sudah sejauh mana Anda memberikan perhatian pada pasangan Anda setelah menikah. 

    Gairah seksual pada antara suami-istri dapat berkurang karena tidak ada perhatian dan waktu yang diberikan.

    Cobalah untuk memberikan perhatian-perhatian kecil pada pasangan Anda. Misalnya, saling berkirim pesan teks atau suara dan menelpon pasangan Anda  saat jam istirahat kerja. Anda juga bisa menyiapkan masakan yang ia sukai atau air hangat selepas pasangan Anda pulang kerja. 

    Pintar-pintarlah dalam mencuri hati pasangan Anda. 

    5. Jangan kaku

    Jangan takut untuk mencoba hal-hal yang baru bersama pasangan Anda. Tidak perlu terlalu heboh, cukup cari hal-hal yang sekiranya bisa membuat Anda dan pasangan menjadi saling memiliki. 

    Bahkan seperti melakukan hal-hal sepele seperti menggunakan bau parfum yang ia suka, memotong rambut yang ia anggap seksi, dan lainnya. Berikan pasangan Anda surprise yang tidak ia sangka.

    6. Rencanakan liburan berdua

    Mungkin akhir-akhir ini Anda dan pasangan sibuk bekerja atau bisnis sampai-sampai tidak ada waktu untuk bercengkrama. Hal ini juga bisa menurunkan gairah seksual suami-istri. Anda dan pasangan bisa merencanakan liburan berdua untuk menyegarkan pikiran sambil menghidupkan lagi romantisme rumah tangga. 

    Selain itu, liburan juga dapat membuat Anda dan pasangan terhindar dari gangguan psikologis seperti stres atau depresi.


    4 Referensi
    Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
    Loss of libido (reduced sex drive). NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/loss-of-libido/)
    What to Do If Your Partner Is Uninterested in Sex. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/partner-not-interested-in-sex-3970535)

    Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

    Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
    (1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

    Tanya Dokter

    Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


    Lampirkan file (foto atau video)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    * Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

    Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

    Submit
    Buka di app