HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Seks dan Hubungan

Tips Agar Anda Tetap Bergairah di Usia 50 Ke Atas

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Apr 14, 2020 Waktu baca: 1 menit
Tips Agar Anda Tetap Bergairah di Usia 50 Ke Atas

Jika seks sudah menjadi sesuatu yang tidak lagi Anda sukai atau bahkan menyakitkan, tak perlu risau. Ada cara untuk mengatasi gairah yang nyaris padam ini. Anda tidak sendiri, banyak wanita, terutama yang berusia di atas 50 tahun mengeluhkan hal yang sama; kondisi ini seringkali dikaitkan dengan hambatan seksual yang relatif meningkat seiring dengan pertambahan usia. Contohnya, vagina kering maupun masalah medis lainnya seperti diabetes dan kelebihan berat badan. Untuk mengatasinya, Anda dapat menerapkan saran berikut supaya kehidupan seks tetap bergairah. 

Tips Agar Anda Tetap Bergairah di Usia 50 Ke Atas 

1. Latihan, latihan, latihan

Aktivitas seksual mirip seperti olahraga; jika Anda ingin tetap bugar, Anda harus tetap berlatih. Lakukan hubungan intim bersama pasangan secara rutin misal 3 kali dalam seminggu

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

2. Lumasi dan lembapkan

Jika hubungan seksual menyakitkan, cobalah menggunakan pelumas khusus vagina. Jika penggunaan pelumas tidak cukup membantu, Anda dapat menambahkan pelembap. Pelumas digunakan hanya untuk tujuan memperlancar hubungan seks; sedangkan  pelembap digunakan untuk mempertahankan kelembapan vagina sehingga tidak terjadi kekeringan.

4. Ingin kehidupan seks Anda lebih baik? Bicarakan!

Kurangnya hasrat seksual seringkali dikaitkan dengan problem pada relasi interpersonal. "Cobalah komunikasikan dengan menggunakan kata saya ketimbang kamu. Misalnya, "Saya rasa kita patut mencoba posisi baru ketika berhubungan intim." Penggunaan kata "kamu" cenderung bertendensi tuduhan dan dapat memperburuk situasi.

6. Olahraga teratur

Kenaikan berat badan dapat menurunkan rasa percaya diri dan membuat Anda merasa tidak menarik lagi. Anda pun sulit memercayai orang lain yang mengatakan Anda tetap menarik. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk tetap rutin berolahraga misal dengan berjalan cepat.

7. Coba sesuatu yang berbeda

Kondisi medis dapat membatasi aktivitas seksual. Di sinilah Anda dan pasangan bisa mencoba kreatif. Coba posisi seksual yang berbeda untuk membuat hubungan seksual lebih nyaman, atau coba alternatif lain seperti pijat, mencoba berbagai jenis pelumas dan mainan seks. Terpenting, lakukanlah hubungan seksual dengan perasaan senang.Ketika Anda merasa senang, maka kepuasan akan mudah Anda raih. Selamat bersenang-senang dengan suami tercinta.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
My Tips for Great Sex After 50. Healthline. (https://www.healthline.com/health/menopause/sex-after-50)
Why do women have less sex as they age?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325724.php)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app