Fraktur Smith: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Mar 26, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 424.745 orang

Fraktur adalah istilah medis yang ditujukan untuk retak atau patah pada tulang yang utuh. Kondisi ini dapat terjadi pada tulang mana saja pada tubuh, tapi mungkin lebih seringnya pada bagian kaki atau tangan.

Fraktur Smith adalah salah satu jenis fraktur yang terjadi di bagian tangan. Meskipun tergolong jarang terjadi, kondisi ini ternyata paling banyak dialami oleh pria usia muda atau wanita dewasa. Lantas, seperti apa fraktur Smith itu dan apa saja gejalanya? Mari simak seluk-beluk fraktur Smith berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
HonestDocs Health Shop - Pesan Obat Jadi Lebih Mudah!

GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia hingga Rp.30,000 (minimum transaksi Rp.50,000)

Medicine delivery 01

Apa itu fraktur Smith?

Fraktur Smith mempunyai banyak nama lainnya. Fraktur Smith sering disebut juga dengan fraktur Goyrand dan fraktur Colles terbalik.

Fraktur Smith adalah kondisi retak atau patah pada tulang radius distal. Tulang radius merupakan tulang terbesar yang ada di lengan, sedangkan ujung tulang radius yang terletak di dekat sendi pergelangan tangan disebut dengan distal.

Cedera ini mengakibatkan tulang radius menonjol ke arah depan (arterior) dari posisi normal. Namun, fraktur pada tulang radius tidak akan meluas ke sendi pergelangan tangan. 

Mengenai fraktur Smith

Penyebab

Ada 2 hal utama yang bisa menjadi penyebab fraktur Smith, yaitu:

  • Jatuh menumpu pada pergelangan tangan dan menyebabkan terkilir.
  • Trauma atau pukulan langsung yang mengenai radius distal, misalnya karena kecelakaan mobil.

Osteoporosis ternyata juga bisa meningkatkan risiko patah tulang, termasuk juga fraktur Smith. Pasalnya, osteoporosis menyebabkan kekuatan tulang jadi menurun sehingga lebih rentan cedera.

Namun, kebanyakan kasus patah tulang akibat fraktur Smith terjadi pada tulang yang sehat. Baik karena terjatuh, pukulan, atau kecelakaan.

Iklan dari HonestDocs
HonestDocs Health Shop - Pesan Obat Jadi Lebih Mudah!

GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia hingga Rp.30,000 (minimum transaksi Rp.50,000)

Medicine delivery 01

Gejala

Pada dasarnya, gejala fraktur Smith cenderung mirip dengan jenis patah tulang lainnya. Tanda dan gejala fraktur Smith adalah:

  • Rasa nyeri
  • Memar
  • Bengkak

Tergantung pada tingkat keparahan patah tulangnya, fraktur Smith terkadang juga menyebabkan pergelangan tangan jadi bengkok. Oleh karena itu, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Bila tidak cepat-cepat ditangani, fraktur Smith dapat memicu komplikasi dan cedera serius lainnya. Salah satu komplikasi fraktur Smith adalah sindrom nyeri regional kompleks, yaitu nyeri kronis pada anggota tubuh lainnya setelah cedera. Hal ini diduga karena fraktur Smith telah menyebabkan kerusakan pada sistem saraf tubuh.

Pencegahan fraktur Smith

Cara terbaik untuk mencegah fraktur Smith adalah menjaga keselamatan Anda sebaik mungkin. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fraktur Smith dapat terjadi akibat terjatuh, pukulan, atau kecelakaan.

Oleh karena itu, pastikan Anda selalu menggunakan sabuk pengaman saat mengendarai mobil. Berhati-hatilah saat mengemudi supaya Anda terhindar dari kecelakaan yang dapat memicu fraktur Smith.

Seiring bertambahnya usia, risiko penuaan tulang alias osteoporosis akan semakin besar. Nah, supaya tulang tetap sehat dan kuat, selalu penuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D harian Anda. Salah satu cara termudahnya adalah dengan rajin berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sumber kalsium dan vitamin D. Contohnya susu, telur, keju, ikan, kacang-kacangan, dan sebagainya.

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Tinggi Kalsium

Pengobatan fraktur Smith

Bila Anda baru saja jatuh dengan posisi menumpu pada pergelangan tangan, tapi rasa sakitnya tidak terlalu parah, maka tunggulah sampai besok sebelum pergi ke dokter. Anda bisa mencoba kompres dingin untuk membantu meringankan nyeri di pergelangan tangan.

Namun bila jari-jari Anda mulai berwarna kemerahan, pergelangan tangan bengkok, dan tangan terasa mati rasa, maka segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan rontgen untuk melihat seberapa jauh posisi tulang radius yang bergeser. 

Pengobatan fraktur Smith berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini tergantung dari usia pasien, kualitas istirahat, dan tingkat aktivitasnya. Tujuan pengobatannya adalah untuk mengembalikan tulang yang patah ke posisi semula sampai benar-benar sembuh.

Berikut ini berbagai cara yang dilakukan untuk mengobati fraktur Smith, yaitu:

Reduksi tertutup

Reduksi tertutup adalah sebuah tindakan non-bedah untuk mengatasi fraktur Smith. Tindakan reduksi tertutup ini dilakukan dengan memindahkan tulang yang patah kembali ke tempatnya seperti semula.

Sebetulnya, prosedur reduksi juga bisa dilakukan dengan prosedur operasi. Hal ini ditentukan oleh tingkat keparahan cedera pada masing-masing pasien.

Memakai gendongan (belat) dan gips tangan

Setelah prosedur reduksi tertutup selesai dilakukan, dokter biasanya akan menutup pergelangan tangan dengan belat atau gips. Pada awalnya, tangan pasien akan dibelat untuk mengurangi efek pembengkakannya terlebih dahulu.

Setelah seminggu atau ketika bengkaknya sudah mulai mengecil, barulah dokter akan mengganti belat tersebut dengan gips. Dokter mungkin juga meresepkan obat-obatan seperti ibuprofen atau paracetamol guna mengurangi nyeri dan bengkak.

Baca Selengkapnya: Paracetamol: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Operasi

Operasi dapat dilakukan jika fraktur Smith menyebabkan tulang radius keluar dari tempatnya, sehingga tidak dapat diatasi dengan reduksi tertutup. Dokter akan menyayat area pergelangan tangan, lalu meluruskan tulang yang bergeser ke posisi semula.

Setelah itu, tulang akan ditahan pada posisi tersebut sampai sembuh dengan menggunakan gips, pin logam, pelat, atau skrup. Gips biasanya akan dibuka setidaknya dalam waktu 6 minggu, tapi bisa juga lebih lama tergantung dari kondisi masing-masing pasien.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit