Penyakit yang Dialami Jika Tubuh Kelebihan atau Kekurangan Vitamin D

Dipublish tanggal: Mei 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Penyakit yang Dialami Jika Tubuh Kelebihan atau Kekurangan Vitamin D

Menjaga kesehatan tubuh amatlah penting, berbagai cara dilakukan untuk mencegah penyakit dan juga mempertahankan kebugaran tubuh, seperti mengkonsumsi vitamin.

Vitamin adalah nutrisi yang harus didapatkan melalui makanan atau suplemen, karena tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh. Namun, ada beberapa vitamin yang dapat kita peroleh secara alami dalam tubuh tanpa perlu mengkonsumsi makanan atau suplemen, salah satunya adalah Vitamin D.

Vitamin D mampu diproduksi oleh tubuh manusia melalui sinar matahari yang diserap kulit. Menurut penelitian, paparan sinar matahari yang paling bagus adalah pukul 9 pagi. Berjemurlah selama 15-25 menit dibawah sinar matahari, Anda bisa melakukannya sambil berolahraga seperti jogging atau bersepeda. Lakukan 3x dalam seminggu untuk meningkatkan kadar vitamin D yang signifikan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Manfaat vitamin D bagi tubuh

1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Vitamin D diperlukan oleh tubuh untuk menyerap kalsium dan meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi. Pada usia lanjut, vitamin D dibutuhkan untuk mencegah terjadinya osteoporosis atau kerapuhan tulang, dan pada anak-anak vitamin D diperlukan untuk kesempurnaan pembentukan tulang juga memperkuat pertumbuhan gigi.

2. Menjaga kekebalan tubuh

Vitamin D memiliki peran penting dalam pematangan sel darah putih, yang merupakan sel-sel pertahanan tubuh yang menjadi benteng utama pertahanan kita terhadap bebagai penyakit infeksi.

3. Menyehatkan kulit

Mengkonsumsi vitamin D dapat meremajakan sel-sel kulit, membuat kulit sehat dan juga halus dengan cara memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

4. Melawan berbagai penyakit

Jika imun dalam tubuh kita meningkat, maka kekebalan tubuh pun akan lebih kuat. Penyakit yang datang dari lingkungan sekitar tidak akan mampu menyerang tubuh kita, keuntungannya kita menjadi tidak mudah sakit.

5. Mencegah kanker

Hormon aktif dalam vitamin D yang bernama calcitriol dapat mengurangi perkembangan sel kanker dengan membunuh sel kanker, memperlambat perkembangan pembuluh darah baru di jaringan kanker, serta mengurangi pertumbuhan, penambahan, dan penyebaran sel kanker.

Vitamin D juga diyakini bisa membantu mencegah kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker payudara.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Apa efeknya jika tubuh kekurangan vitamin D?

Dengan manfaat-manfaat yang telah disebutkan, Anda telah mengetahui pentingnya peran vitamin D bagi tubuh. Mulailah mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung vitamin D untuk mencegah hal-hal berikut:

  • Tulang rawan atau mudah keropos
  • Pertumbuhan gigi lambat dan tidak kuat
  • Mudah tertular penyakit
  • Kulit tidak sehat
  • Memperbesar resiko kanker

Apa yang terjadi jika tubuh kelebihan vitamin D?

Sesuatu yang berlebihan tentunya tidak akan baik, begitu pula dengan asupan Vitamin D dalam tubuh. Jika dosisnya berlebih yang terjadi adalah:

  • Sebuah penelitian pada anak dibawah 2 tahun menyatakan kelebihan vitamin D akan menyebabkan diare dan masalah pencernaan lainnya.
  • Gagal ginjal juga bisa terjadi apabila asupan vitamin yang diterima tubuh terlalu berlebihan.

Perlukah mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D?

Perlu atau tidaknya mengkonsumsi suplemen tergantung pada kondisi tubuh dan juga pola makan masing-masing orang. Jika Anda merasa kurang memiliki kekebalan tubuh dan termasuk orang yang jarang terkena sinar matahari pagi ataupun jarang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, cobalah untuk mulai mengkonsumsi suplemen yang dapat menggantikannya.

Amatilah perubahaan kondisi tubuh Anda setelah dan sebelum mengkonsumsi Vitamin D. Ikuti petunjuk yang ada pada kemasan suplemen agar tidak melebihi dosisnya.

Makanan-makanan yang mengandung vitamin D

Jika Anda merasa kesehatan tubuh Anda baik-baik saja, cobalah mempertahankan kandungan vitamin D dalam tubuh dengan cara rutin mengkonsumsi makanan-makanan berikut:

  1. Ikan laut, seperti: salmon, sarden dan tuna
  2. Telur
  3. Tahu dan tempe
  4. Susu kedelai
  5. Susu dan olahanya
  6. Hati Sapi
  7. Jamur, dan
  8. Tiram

Selalu jaga kesehatan Anda dengan mengkonsumsi asupan yang bergizi sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
High Prevalence of Vitamin D Inadequacy and Implications for Health. Mayo Clinic Proceedings. (https://www.mayoclinicproceedings.org/article/S0025-6196%2811%2961465-1/fulltext)
Vitamin D: What’s the “right” level?. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/blog/vitamin-d-whats-right-level-2016121910893)
Chronic Pain & Vitamin D Deficiency. PainScience. (https://www.painscience.com/articles/vitamin-d-deficiency-and-pain.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app