Makanan dan Diet Sehat

10 Sumber Makanan Yang Mengandung Vitamin D Terbaik

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Jun 1, 2019 Waktu baca: 2 menit
10 Sumber Makanan Yang Mengandung Vitamin D Terbaik

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Vitamin D dikenal memiliki fungsi penting bagi tubuh yaitu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Salah satu sumber vitamin D alami bisa didapatkan dari paparan sinar matahari. Kebutuhan harian vitamin D untuk orang dewasa berkisar antara 600-4.000 IU per hari
  • Kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan deformitas tulang seperti rakhitis pada anak-anak, nyeri tulang dan osteomalacia pada orang dewasa, penurunan sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan risiko kanker
  • Selain sinar matahari, vitamin D juga bisa didapatkan dari makanan yang mengandung vitamin D, seperti minyak ikan kod, ikan salmon, sarden dan tuna, telur ayam, tahu, tempe, susu, hati sapi, jamur, udang, dan tiram

Layaknya vitamin lain yang bermanfaat bagi tubuh, vitamin D juga memiliki fungsi penting yaitu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kita dapat memenuhi kebutuhan vitamin D dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. 

Selain itu sumber vitamin D alami lainnya diproduksi oleh tubuh ketika kulit kita terkena terpapar sinar matahari. Hal ini sangat penting, karena kekurangan vitamin D dapat menyebabkan deformitas tulang seperti rakhitis pada anak-anak, nyeri tulang dan nyeri akibat kondisi yang disebut osteomalacia pada orang dewasa.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang lemah, meningkatkan risiko kanker, pertumbuhan rambut yang buruk, dan osteomalacia (kondisi otot dan tulang melemah). Kelebihan vitamin D dapat menyebabkan tubuh menyerap terlalu banyak kalsium, yang menyebabkan peningkatan risiko serangan jantung dan batu ginjal.

10 Sumber Makanan Yang Mengandung Vitamin D Terbaik

Oleh karena itu, kita harus memperhatikan kebutuhan harian vitamin D, yaitu 600-4000 IU per hari untuk orang dewasa. Berikut adalah jenis-jenis sumber makanan yang mengandung vitamin D:

Minyak Ikan Kod

Minyak ikan kod sangat kaya akan vitamin D. Bahkan cukup dengan satu sendok teh (5 mL) per hari dengan kandungan vitamin D 400 IU sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin D.

Ikan Berlemak

Ikan laut seperti salmon, sarden dan tuna adalah sumber vitamin D yang besar. Mengonsumsi ikan minimal 100 gram per hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin D.

Telur Ayam

Makanan hewani yang mudah didapat ini merupakan sumber vitamin D yang baik. Satu butir telur ayam ukuran sedang (50 gram) mengadung sekitar 87 IU Vitamin D atau setara dengan 17% dari kebutuhan harian vitamin D.

Tahu dan Tempe

Produk olahan kedelai ini juga merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin D. Dalam 100 gram tahu mengadung sekitar 157 IU vitamin D atau setara dengan 26% kebutuhan harian vitamin D.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Dapatkan Obat Antiseptik Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 31

Susu Kedelai

Produk kedelai lainnya yang tak kalah pentingnya sebagai sumber vitamin D yaitu susu kedelai. Dalam secangkir susu kedelai (245 gram) mengandung 130 IU vitamin D.

Susu dan Produknya

Susu dan berbagai jenis makanan yang terbuat darinya, seperti keju juga kaya akan vitamin D. Susu juga mengandung kalsium, maka tak heran banyak iklan yang mempromosikan produk susu untuk kesehatan tulang dan gigi.

Hati Sapi

Selain terkenal sabagai makanan penambah darah karena kandungan zat besi, vitamin B, dan asam folatnya yang tinggi, hati sapi juga merupakan sumber vitamin D yang bagus.

Jamur

Saat ini telah banyak tersedia makanan olahan yang terbuat dari jamur seperti jamur crispy dan lainnya. Jangan sia-siakan karena jamur juga merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin D. Karena jamur secara ajaib menyimpan vitamin D dari sinar matahari. 100 gram jamur mengandung 446 IU vitamin D.

Udang

85 gram udang mengandung 129 IU vitamin D atau setara dengan 32% kebutuhan harian. Selain vitamin D, Udang juga kaya akan protein dan mineral penting seperti zink, yang membantu menunjang sistem kekebalan tubuh.

Tiram

Lebih dahsyat lagi dari udang, ternyata tiram memiliki kandungan vitamin D yang lebih tinggi. 85 gram tiram mengandung 272 IU vitamin D atau setara dengan 68% kebutuhan harian vitamin D. Seperti golongan seafood lainnya tiram juga menjadi sumber mineral penting, zink. Penuhi kebutuhan harian vitamin D Anda dengan sumber alami daripada suplemen multivitamin, demi menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Vitamin D foods: Fruits, vegetables, and other sources. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324590.php)
7 Healthy Foods That Are High in Vitamin D. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/9-foods-high-in-vitamin-d)
Calcium and Vitamin D: Top Foods to Prevent Osteoporosis. WebMD. (https://www.webmd.com/food-recipes/guide/calcium-vitamin-d-foods)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app