Rue: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 17, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Tanaman rue (Ruta graveolens), juga dikenal sebagai Ave-grace, merupakan bagian dari keluarga tumbuhan Rutaceae. Rue merupakan herbal tahunan atau semak kecil dengan aroma yang kuat serta bunga-bunga kecil berwarna kuning kehijauan dan merupakan tanaman asli Eropa Selatan.

Daun dari tanaman Rue memiliki rasa yang pahit. Daun-daunya biasanya digunakan sebagai bumbu untuk membumbui berbagai makanan dan sebagai teh. Tanaman rue juga dapat digunakan mentah atau dikeringkan untuk digunakan sebagai bumbu. Rue kadang-kadang dimakan dalam salad, tetapi karena toksisitasnya yang sedikit, ia hanya boleh dikonsumsi dengan cara ini dalam jumlah kecil.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Rue telah digunakan sepanjang sejarah karena memiliki banyak manfaat. Bagian-bagian yang tumbuh di atas tanah dari tanaman Rue biasanya digunakan untuk membuat obat-obatan.

Manfaat Tanaman Rue

Ekstrak tanaman rue biasanya digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan termasuk masalah nafsu makan, sakit perut, dan diare. Rue juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah jantung termasuk jantung berdebar dan pengerasan pembuluh darah (aterosklerosis). Beberapa orang juga menggunakan rue untuk mengatasi masalah pernapasan termasuk rasa nyeri dan batuk karena pembengkakan di sekitar paru-paru (radang selaput paru-paru).

Rue juga dapat digunakan untuk mengatasi kondisi penyakit lainnya termasuk sakit kepala, radang sendi, kram, dan kejang otot dan untuk masalah sistem saraf termasuk epilepsi, multiple sclerosis, dan Bell's palsy. Kegunaan lain dari tanaman rue termasuk pengobatan demam, perdarahan, hepatitis, dan kanker mulut. Rue juga dapat digunakan untuk membunuh bakteri dan jamur.

Rue kadang-kadang dapat diletakkan langsung ke kulit untuk mengobati radang sendi, dislokasi, keseleo, cedera tulang, kulit bengkak, sakit telinga, sakit gigi, sakit kepala, tumor, kutil dan sebagai pembasmi serangga.

Dalam makanan dan minuman, ekstrak tanaman rue dan minyaknya dapat digunakan sebagai penyedap. Dalam produksi pabrik, minyak rue dapat digunakan sebagai pewangi sabun dan kosmetik.

Dosis Tanaman Rue

Dosis rue yang sesuai tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang sesuai untuk penggunaan rue. Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman dan penggunaan dosis bisa menjadi sangat penting. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakannya.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Efek Samping Tanaman Rue

Ekstrak Rue bersifat mutagenik dan furocoumarin yang telah dikaitkan dengan fotosensitisasi. Jika tertelan, minyak rue dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan degenerasi hati. Penggunaan tanaman rue dalam dosis besar dapat menyebabkan nyeri lambung yang hebat, muntah, dan komplikasi sistemik, termasuk kematian. Karena kemungkinan efek yang dapat menyebabkan keguguran, tanaman tersebut tidak boleh dicerna oleh wanita yang sedang hamil.

Interaksi Tanaman Rue dengan Obat Lain

Hati-hati menggunakan tanaman rue bersamaan dengan beberapa obat-obatan.

Obat-obatan yang meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari (obat Fotosensitisasi). Beberapa obat dapat meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari. Rue juga dapat meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari. Menggunakan tanaman rue bersamaan dengan obat-obatan yang meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari dapat meningkatkan kemungkinan kulit terbakar, lepuh atau ruam pada area kulit yang terpapar sinar matahari. Pastikan untuk memakai tabir surya dan memakai pelindung ketika menghabiskan waktu di bawah sinar matahari.

Beberapa obat yang dapat menyebabkan fotosensitivitas: 

Perhatian

  • Kehamilan dan menyusui: Tidak aman bagi ibu hamil dan bayinya untuk mengkonsumsi tanaman rue selama masa kehamilan atau menyusui. Rue dapat menyebabkan kontraksi uterus, yang dapat menyebabkan keguguran dan juga memiliki efek serius bagi ibu.
  • Masalah perut dan usus (gastrointestinal): Rue dapat memperburuk masalah pencernaan yang ada. Jika Anda memiliki gangguan perut atau usus sebaiknya tidak menggunakan tanaman rue.
  • Masalah ginjal dan saluran kemih: Rue dapat membahayakan ginjal dan mengiritasi saluran kemih. Jika Anda memiliki masalah ginjal atau saluran kemih, sebaiknya hindari penggunaan rue.
  • Masalah hati: Rue dapat memperburuk masalah hati yang ada. Jika Anda memiliki kelainan hati, sebaiknya juga tidak menggunakan ekstrak tanaman rue.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Asgarpanah, Jinous & R, Khoshkam. (2012). Phytochemistry and pharmacological properties of Ruta graveolens L. Journal of Medicinal Plants Research. 6. 10.5897/JMPR12.040.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/235671941_Phytochemistry_and_pharmacological_properties_of_Ruta_graveolens_L)
Rue Uses, Benefits & Dosage. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/rue.html)
Identity and pharmacognosy of Ruta graveolens Linn. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3733200/)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app