Makanan dan Diet Sehat

Diet Rendah Kalori, Turunkan Berat Badan

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 134.785 orang

Berat badan ideal merupakan dambaan setiap orang. Bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih menjadi kurang percaya diri dan berusaha melakukan diet. 

Berbagai cara dilakukan untuk menurunkan berat badan, mulai dari diet ketat, intensif berolahraga atau bahkan hingga mengkonsumsi obat-obatan dan jamu penurun berat badan

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286

Tetapi, apakah Anda yakin cara diet tersebut sudah tepat ? Apakah diet yang sedang Anda lakukan sehat dan efektif menurunkan berat badan Anda ? Diet rendah kalori, merupakan salah satu solusi diet yang disarankan bagi pemilik berat badan berlebih atau obesitas.

Diet rendah kalori adalah diet sehat untuk menurunkan berat badan

Apa itu diet rendah kalori ? Diet rendah kalori adalah salah satu jenis pola diet dengan mengkonsumsi makanan yang berenergi rendah namun memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang cukup, serta serat pangan yang tinggi untuk menurunkan berat badan. 

Kebutuhan nutrisi seperti kalori setiap orang berbeda, tergantung beberapa faktor seperti usia, tingkat aktivitas fisik, status kesehatan, gender, dan kondisi mental (apakah sedang mengalami stres atau tidak). Rata-rata kebutuhan kalori orang dewasa sebanyak 2000 kalori.

Kebutuhan kalori rata-rata tidak menjadi patokan karena bisa saja kurang atau lebih dari jumlah tersebut. Apalagi untuk seseorang dengan berat badan berlebih (gemuk, obesitas) seharusnya mengurangi kalorinya agar berat badan menurun, namun tetap membutuhkannya dalam jumlah cukup untuk energi beraktivitas keseharian.

Tujuan diet rendah kalori

Diet rendah kalori memiliki beberapa tujuan selain untuk menurunkan berat badan, yaitu :

  • Untuk menjaga stabilitas asupan nutrisi bagi tubuh sesuai umur, gender, dan kebutuhan fisik. Kalori yang dikurangi dalam diet ini tidaklah ekstrim atau menyebabkan gangguan kesehatan Anda;
  • Untuk mendapatkan indeks masa tubuh yang ideal (18,5-25 kg/m2);
  • Penurunan berat badan yang lebih efektif (sekitar 1 sampai ½ kg dalam satu minggu) dengan pengurangan energi dan lemak pada tubuh, terutama bagian pinggang dan perut.

Bagaimana cara melakukannya ?

Cara melakukan diet rendah kalori cukup mudah jika Anda tertarik mencobanya, yaitu :

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286

Rendah energi

Pengurangan energi dilakukan secara bertahap bergantung pada kebiasaan makan, kualitas, serta kuantitas makanan yang dimakan. Untuk mencapai penurunan berat badan efektif 1-1,5 kg seminggu, Anda harus mengurangi energi sebanyak 500 hingga 1000 kg/m2.

Kandungan protein lebih banyak

Konsumsi makanan dengan kandungan protein sekitar 1-1,5 gr/kgBB/hari atau setara dengan 15-20% dari kebutuhan total tubuh Anda. Apabila Anda menjalani diet rendah kalori 1500 kalori, Anda harus mengkonsumsi  56 sampai 75 gram protein sehari

Jumlah protein yang lebih banyak ini diharapkan untuk mengurangi rasa lapar Anda saat menjalani diet.

Ada berbagai macam makanan dengan kandungan protein tinggi yang bisa Anda konsumsi seperti daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, telur, daging asap, susu, keju rendah lemak, tempe, tahu, kacang kedelai, serta kacang-kacang lainnya yang diolah tanpa minyak goreng. 

Sedangkan makanan yang perlu dihindari seperti daging kambing, kulit ayam, dan jeroan karena mengandung lemak tinggi.

Kadar lemak cukup atau sedang

Yang harus Anda konsumsi adalah sebanyak 20-25% dari kebutuhan kalori total per hari. Apabila Anda diet rendah kalori sebanyak 1500 kalori, Anda harus mengkonsumsi 33 hingga 41 gram lemak per hari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286

Ada beberapa sumber lemak yang harus dihindari seperti minyak kelapa, kelapa dan santan karena mengandung lemak jenuh ganda yang kadarnya tinggi. Pilihlah makanan dengan sumber lemak yang tepat dan sehat.

Kandungan karbohidrat kompleks

Konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks yang lebih rendah dari porsi normal setiap harinya yaitu sekitar 55-65% karbohidrat. 

Disarankan untuk Anda memilih jenis makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks sehingga gula darah langsung meningkat (nasi, ubi, singkong, kentang, sereal, talas) dibandingkan kandungan karbohidrat sederhana yang terdiri dari gula.

Disarankan juga untuk Anda dalam melakukan diet rendah kalori untuk :

  • Konsumsi makan berat 3 kali seharo serta konsumsi makanan ringan sebanyak 2 hingga 3 kali sehari sebagai selingan;
  • Penuhi kebutuhan vitamin dan mineral Anda dengan jumlah yang cukup sesuao AKG (Angka Kebutuhan Gizi);
  • Mengkonsumsi cairan sebanyak 8 hingga 10 gelas tiap harinya;
  • Hindari olahan makanan dengan santan. Konsumsi semua jenis sayuran diperbolehkan dan juga buah-buahan, tetapi hindari durian, manisan buah, atau buah kaleng.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit