Dampak Buruk Posisi Postur Tubuh yang Salah

Dipublish tanggal: Jun 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Dampak Buruk Posisi Postur Tubuh yang Salah

Postur tubuh ditentukan oleh perilaku keseharian seperti kebiasaan tidur, duduk, dan berjalan. Orangtua kita juga tentunya sering menasehati kita untuk tidak sering membungkuk ketika duduk belajar dan sebagainya. Sebenarnya itu semua dilakukan untuk kebaikan postur tubuh kita.

Dampak Buruk Postur Tubuh yang Salah

Menciderai ligament dan sendi

Postur tubuh yang salah akan sangat membebani ligamen dan sendi pada tubuh. Hal ini dikarenakan postur tubuh yang salah tidak dapat menahan beban tekanan yang seharusnya ditopang hingga beban ini kemudian akan dirasakan oleh persendian dan ligamen.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Pasca Stroke 5 Kali Visit di NK Health

Untuk Pemulihan Pasien, pasca pemulihan dari rawat inap stroke. Latihan termasuk Anamnesa dan Tes Khusus, dengan terapi Bobath Method, Breathing Exercise, PNF (Procioceptive Neuromuscular Stabilization), Modality dan Exercise Therapy. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi pasca stroke 1x visit di nk health

Penyebab timbulnya scoliosis

Scoliosis merupakan kondisi tulang punggung yang tidak berada pada posisi normal, yaitu bengkok ke kanan ataupun ke kiri. Akibat dari scoliosis tidak main-main karena dapat menimbulkan kegagalan kerja pada organ dalam seperti paru-paru dan jantung. 

Anda juga bisa merasakan rasa sakit teramat sangat pada daerah punggung serta menimbulkan sakit kepala karena terhambatnya aliran darah ke kepala.

Mempengaruhi Kesehatan Mental

Setiap kondisi yang tidak normal dari tubuh kita akan sangat berpengaruh pada kondisi kejiwaan kita. Percaya atau tidak, orang yang mengalami postur tubuh yang tidak baik akan memiliki risiko lebih mudah marah dan gangguan mental lainnya akibat rasa sakit yang dideritanya. 

Bahkan ketika kelainan postur tubuh ini mempengaruhi penampilannya mereka akan lebih sensitif terhadap orang-orang di sekitarnya.

Membebani otot

Tubuh secara normal perlu bekerja dalam kondisi yang tegap dan seimbang. Oleh karena itu meski postur tubuh mengalami kelainan, otot akan bekerja ekstra untuk membuat tubuh tetap seimbang. Hal ini menyebabkan otot menjadi tidak fleksibel karena menjadi lebih tegang karena tekanan.

Meningkatkan Tekanan Darah

Gangguan otot leher dan bagian pada otak dapat disebabkan oleh postur tubuh yang buruk. Gangguan ini dapat mengganggu sistem peredaran darah hingga berisiko terserang hipertensi.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Leher 5 Kali Visit Di NK Health

Untuk pemulihan pasien yang mengalami keluhan pada leher, seperti tightness pada otot-otot sekitar leher sampai ke pundak, timbul gejala neurologis yang terjadi pada penjalaran saraf cervical pada vertebrae dengan menggunakan exercise dan manipulasi. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang (Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit leher 5x visit di nk health

Gangguan pada kandung kemih

Ketika postur tubuh ketika duduk dan berdiri tidak dalam kondisi normal maka berisiko gagal menopang kandung kemih. Akibatnya dapat menimbulkan saluran urin bocor dan mudah “ngompol” ketika tertawa dan batuk.

Memperburuk asma

Kondisi postur tubuh yang salah membuat asupan oksigen ke dalam paru-paru terganggu. Hal ini diperburuk dengan kemampuan menarik napas dalam yang juga terganggu ketika postur tubuh buruk. Akibatnya akan memperburuk penyakit pernapasan seperti asma.

Cara Menjaga Postur Tubuh Tetap Normal

Duduk dan berjalan dalam kondisi tegap

Biasakan untuk duduk dan berjalan dalam kondisi punggung tegap. Banyak orang yang lebih nyaman membiarkan punggungnya membungkuk ketika duduk karena merasa lebih nyaman. 

Namun kebiasaan ini justru akan membuat postur tubuh memburuk. Usahakan kepala tetap vertikal dengan posisi bahu tetap santai. Posisikan lengan sejajar dengan tubuh dan kaki tetap tegak.

Hindari duduk dalam posisi yang salah

Menurut studi yang baru-baru ini dilakukan menunjukkan bahwa postur tubuh orang di masa kini cenderung lebih memburuk ketimbang dulu. Hal ini dikarenakan banyak faktor. 

Misalnya terus-menerus menunduk ketika sedang mengoperasikan laptop ketika bekerja. Selain itu posisi duduk di dalam bus yang harus berhimpit membuat posisi duduk menjadi tidak normal dan sebagainya.

Tidur miring

Tidur miring ternyata baik untuk kesehatan postur tubuh. Usahakan untuk membiasakan tidur miring menggunakan bantal yang dapat menyangga leher.

Tidak menggunakan alas kaki tinggi

Usahakan untuk mengurangi frekuensi menggunakan alas kaki high heels karena akan mempengaruhi postur tulang belakang. Gunakan sandal low heels yang dapat menopang seluruh telapak kaki.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
11 Surprising Side Effects Of Bad Posture That Go Beyond Appearance. Bustle. (Accessed via: https://www.bustle.com/p/11-surprising-side-effects-of-bad-posture-that-go-beyond-appearance-50002)
What Causes Bad Posture?. Verywell Health. (Accessed via: https://www.verywellhealth.com/posture-fixes-what-are-you-up-against-297037)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app