7 Efek Akibat Membiasakan Postur Tubuh Yang Buruk

Dipublish tanggal: Sep 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit

Postur tubuh sangat mempengaruhi kesehatan, seperti saat berjalan, berdiri, maupun duduk. Bukan hanya itu saja, postur tubuh merupakan investasi yang baik bagi kesehatan tulang dalam jangka panjang. 

Selain itu, postur tubuh yang buruk yang dibiasakan akan menimbulkan banyak efek buruk bagi tubuh Anda. Apa saja itu?

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Fisioterapi via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket fisioterapi hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia p01 fisioterapi

Efek postur tubuh yang buruk

Postur tubuh yang buruk sangat berkaitan dengan gangguan otot di bagian tubuh, seperti otot leher dan area tertentu pada otak yang mengatur tekanan darah. Namun, jika Anda selalu membiasakan postur tubuh yang tidak baik ini, maka Anda akan beresiko terkena serangan hipertensi.

Jika Anda sering merasa sakit kepala, perhatikan lagi bagaimana cara Anda duduk. Karena, salah postur saat dalam posisi duduk dapat menyebabkan sakit kepala. Kaku pada daerah leher, pundak, dan mata adalah hal yang memicu sakit tersebut.

Beberapa wanita dilaporkan 'ngompol' ketika tertawa terlalu keras atau batuk. Hal itu disebabkan oleh adanya gangguan pada kandung kemih. Lantas apa hubungannya dengan postur tubuh yang buruk? 

Ya, saat Anda memiliki postur tubuh yang buruk saat duduk atau tidak berdiri, ternyata dapat menimbulkan kebocoran di saluran urine. 

Biasanya, orang-orang yang sering mengeluh kelelahan memiliki postur tubuh yang buruk. Hal itu dikarenakan paru-paru mereka gagal menerima asupan oksigen secara maksimal. Sebab menarik nafas dalam memang sulit dilakukan jika postur tubuh seseorang begitu buruk. 

Kondisi ini hanya akan menambah parah jika dilakukan oleh penderita asma dan penyakit paru-paru. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Pasca Stroke 5 Kali Visit di NK Health

Untuk Pemulihan Pasien, pasca pemulihan dari rawat inap stroke. Latihan termasuk Anamnesa dan Tes Khusus, dengan terapi Bobath Method, Breathing Exercise, PNF (Procioceptive Neuromuscular Stabilization), Modality dan Exercise Therapy. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi pasca stroke 1x visit di nk health

Heartburn adalah sensasi terbakar yang menyakitkan di sekitar ulu hati hingga kerongkongan akibat reflux asam lambung. Biasanya penyebab heartburn adalah konsumsi makanan asam tinggi. 

Namun ternyata postur tubuh yang buruk juga mengganggu sistem pada dasar kerongkongan, sehingga terjadi refluk asam yang memicu kondisi heartburn.

Postur tubuh yang buruk dapat mengakibatkan perut Anda menjadi kembung. Sebab,tulang punggung merosot dan perut kehilangan volume normalnya. Kembung juga bisa dijadikan indikasi osteoporosis

Jadi setelah makan, sebaiknya Anda tidak langsung duduk atau tidur dengan postur yang buruk.

  •  Sedih dan malu

Pada tahun 2015, American Psychological Association mempublikasikan hasil dari percobaan tentang bagaimana postur tubuh mempengaruhi tingkat stress seseorang. Hasilnya, Ternyata, orang-orang yang duduk secara tegak mempunyai rasa percaya diri yang lebih tinggi dan mood yang lebih baik. 

Sebaliknya, orang-orang yang memiliki postur tubuh buruk cenderung merasa depresi dan kehilangan energi. Akibat postur tubuhnya, membuat mereka merasa malu dan sedih, sehingga berkurangnya rasa percaya diri. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Pinggang 5 Kali Visit Di NK Health

Dengan fisioterapis dapat membantu mengurangi kekakuan otot sekitar pinggang dan menambah kekuatan otot core muscle dengan core strengthening exercise, stretching dan exercise lainnya. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit pinggang 5x visit di nk health

Membiasakan postur tubuh yang baik

Secara visual, cara berdiri dan duduk seseorang dapat dijadikan tolak ukur baik tidaknya postur tubuh seseorang. Orang dengan postur tubuh yang baik akan memiliki perawakan yang tegap dan lurus (tapi tidak kaku). Berikut adalah posisi yang dapat Anda latih ketika duduk maupun berdiri.

Jika sedang duduk, tarik pundak ke belakang dan posisikan punggung secara tegak. Posisi kaki sebaiknya membentuk lekukan sekitar 90 derajat dari tubuh. Jaga agar leher, punggung dan tumit dalam posisi yang sedemikian rupa dan sejajar secara vertikal. 

Hindari hasrat untuk duduk bergaya malas (pinggang menyentuh dudukan alih-alih sandaran).

Ketika berdiri, tahan kepala agar tetap tegak dengan dagu sedikit ditarik ke atas. Kedua pundak ditarik secara proporsional ke belakang, dada sedikit dibusungkan. Pengalokasian berat tubuh sebaiknya tidak dibebankan pada tumit maupun jari kaki. 

Posisi lengan sebaiknya menggantung secara alami.

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Kim, D., Cho, M., Park, Y., & Yang, Y. (2015). Effect of an exercise program for posture correction on musculoskeletal pain. Journal of physical therapy science, 27(6), 1791–1794. https://doi.org/10.1589/jpts.27.1791. National Center for Biotechnology Information. (Accessed via: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4499985/)
How Poor Posture Causes Neck Pain. Spine-Health. (Accessed via: https://www.spine-health.com/conditions/neck-pain/how-poor-posture-causes-neck-pain)
What Causes Bad Posture?. Verywell Health. (Accessed via: https://www.verywellhealth.com/posture-fixes-what-are-you-up-against-297037)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app