Pose Yoga Terbaik untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Dipublish tanggal: Mei 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Pose Yoga Terbaik untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh selain berpengaruh pada penampilan rupanya juga sangat berpengaruh pada kesehatan. Postur yang buruk dapat menyebabkan sakit punggung. Bahkan postur tubuh membungkuk juga dapat membuat Anda mudah stres. 

Oleh karena itu, jika Anda memiliki postur tubuh yang tidak baik, sangat penting untuk segera memperbaiki postur tubuh Anda. Karena dengan postur tubuh yang baik, Anda akan sepenuhnya menjadi pribadi yang sehat baik secara fisik maupun psikis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Pose-pose Yoga untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Beberapa gerakan dan pose yoga ternyata dapat membantu Anda untuk memperbaiki postur tubuh Anda. Yoga juga akan menjaga postur tubuh Anda, baik saat Anda berdiri, duduk maupun berbaring. Berikut ini adalah pose-pose yoga yang akan memperbaiki postur tubuh Anda :

1. Bridge Pose

Pose ini dapat Anda lakukan dengan cara :

  • Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan biarkan tangan Anda tetap lurus di samping badan. Jaga supaya kedua telapak kaki tetap menempel di lantai dengan rata.
  • Tariklah napas dalam secara perlahan sambil mengangkat pinggul Anda hingga posisi tubuh Anda miring.
  • Tahan posisi pinggul di udara, seperti membentuk jembatan, kemudian kaitkan kedua tangan Anda di bawah punggung. Pastikan siku Anda tetap lurus, tidak menekuk ataupun terangkat dari lantai.
  • Tahan pose ini selama 3 – 4 kali napas panjang lalu turunkan kembali pinggul Anda. Ulangilah gerakan ini sebanyak 2 – 5 kali

Bridge Pose adalah gerakan yoga yang tepat untuk memperbaiki postur tubuh Anda dengan membantu meluruskan dan memperkuat tulang belakang. Hal ini akan mencegah tubuh Anda supaya tidak mudah bungkuk.

2. Table Top

Table Top adalah pose yoga yang dapat Anda lakukan dengan cara :

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1
  • Berbaring telentang lalu tekuklah lutut Anda. Usahakan supaya telapak kaki tetap menginjak lantai atau matras.
  • Ambil napas dalam, pastikan telapak tangan Anda menghadap ke arah kaki kemudian angkatlah badan Anda secara perlahan menggunakan tumpuan dari kedua tangan.
  • Ketika badan sudah terangkat, buanglah napas Anda secara perlahan.
  • Jaga posisi punggung, pinggang, pinggul, sehingga pantat Anda tetap lurus. Buatlah supaya tulang belakang lurus.
  • Tahan posisi selama 3 – 5 kali tarikan napas panjang dan ulangilah gerakan ini selama 2 – 3 kali.

Pose ini dapat membantu meluruskan tulang belakang Anda.

3. Upward Facing Dog

Pose Upward Facing Dog dapat Anda lakukan dengan cara :

  • Berbaring tengkurap di atas matras dengan posisi kedua telapak tangan tertekuk menempel di lantai, tepatnya sisi pinggang.
  • Angkatlah badan Anda dengan meluruskan lengan ke atas. Pastikan lengan Anda tetap tegak lurus dengan lantai, kemudian tarik bahu Anda ke belakang.
  • Tahan posisi tersebut selama 2 – 4 kali napas panjang. Usahakan jangan biarkan paha, lutut, pinggang turun menyentuh matras. Bagian tubuh yang menempel di matras hanya telapak tangan, sedikit bagian punggung kaki, dan jari jempol kaki saja.
  • Turunkanlah tubuh Anda ke matras dan ulangi gerakan ini hingga 2 – 3 kali.

Pose ini memiliki manfaat yang sangat baik yaitu mampu membuka bahu dan dada Anda serta mampu memperkuat tulang belakang Anda.

4. Mountain Pose

Mountain Pose dapat Anda lakukan dengan cara :

  • Berdiri dengan santai sambil merapatkan kedua kaki.
  • Tarik dan jatuhkan bahu Anda ke belakang, sembari membusungkan dada ke arah depan. Biarkan lengan Anda menggantung di samping badan dengan siku sedikit ditekuk dan telapak tangan menghadap depan.
  • Renggangkan leher ke atas, jaga posisi kepala Anda supaya tetap tegak lurus.  Usahakan pandangan selalu fokus ke depan. Rasakanlah punggung Anda yang mengencang saat melakukan gerakan ini, hingga tulang punggung benar-benar lurus.
  • Tahan posisi ini selama beberapa saat sembari ambil 5 – 10 kali tarikan napas dalam dan lakukan secara perlahan.

Pose ini mampu melatih tubuh Anda supaya dapat berdiri dengan tegap sempurna.

Selain keempat pose yoga di atas masih ada beberapa pose yang juga dapat membantu Anda memperbaiki postur tubuh Anda, di antaranya adalah Warrior Pose dan Plank

Gerakan-gerakan yoga seperti Warrior Pose sangat bermanfaat untuk meregangkan otot punggung, otot pinggang dan otot bahu Anda sehingga baik untuk memperbaiki postur tubuh.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How Practicing Yoga Benefits Your Health. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/fitness-pictures/10-surprising-health-perks-of-yoga.aspx)
6 Yoga Poses for Better Posture. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/yoga-poses-to-improve-your-posture-3567224)
Yoga – Benefits Beyond the Mat. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/yoga-benefits-beyond-the-mat)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app