Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Cedera Medial Malleolus - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.841.595 orang

Medial malleolus adalah benjolan di bagian dalam pergelangan kaki Anda. Medial malleolus sebenarnya bukan tulang terpisah, tetapi tulang ini adalah ujung dari tulang tulang kering.Medial malleolus adalah segmen terbesar dari tiga segmen tulang yang membentuk pergelangan kaki Anda. 

Dua lainnya adalah lateral dan posterior malleolus.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Patah tulang pergelangan kaki adalah cedera yang paling sering terjadi pada orang dewasa, dan medial malleolus paling sering mengalami cedera dalam patah tulang pergelangan kaki. Cedera medial malleolus lebih sering terjadi pada wanita (hampir 60%) daripada pria

Hampir setengah dari semua Cedera medial malleolus pada orang dewasa disebabkan karena terjatuh, dan 20% lainnya disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas.

Cedera medial malleolus juga sering terjadi pada anak-anak. Anak-anak yang berusia 11 hingga 12 tahun paling sering mengalami patah tulang jenis ini.

Apa penyebab Cedera Medial Malleolus?

Cedera medial malleolus umumnya terjadi ketika kaki terpuntir ke dalam (inversion) atau ke (eversion) luar. Ketika kaki terpuntir ke dalam dengan gaya yang cukup kuat, dapat menyebabkan kompresi pada medial malleolus di sisi dalam pergelangan kaki. 

Ketika kaki terpuntir ke luar dapat menyebabkan medial malleolus tertarik, sehingga dapat menyebabkan patah tulang.

Cedera medial malleolus juga dapat terjadi akibat fraktur stres. Dalam kasus ini, patah tulang tidak disebabkan oleh cedera akibat gaya yang kuat, melainkan stres berulang yang disebabkan oleh suatu kegiatan sehingga menyebabkan struktur tulang yang melemah. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Fraktur stres pergelangan kaki paling sering terlihat pada atlet atau anggota militer.

Gejala fraktur medial malleolus dapat meliputi:

  • Nyeri pada pergelangan kaki yang parah
  • Bengkak di sekitar pergelangan kaki
  • Memar
  • Nyeri tekan pada pergelangan kaki
  • Ketidakmampuan untuk memberikan beban pada sisi yang cedera
  • Kelainan bentuk tulang pergelangan kaki

Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya Cedera Medial Malleolus?

Meskipun berbagai metode telah diusulkan untuk mencegah terjadinya Cedera medial malleolus, Tetapi tidak ada metode yang secara pasti dapat mencegah terjadinya Cedera medial malleolus . 

Anda dapat mencegah terjadinya Cedera medial malleolus dengan mengatasi faktor risiko yang dapat dimodifikasi, contohnya :

  • Ubah tingkat aktivitas atau pola pelatihan, dan pastikan istirahat yang memadai
  • Pemberian suplemen kalsium harian (2.000 mg) dan vitamin D (800 IU) 21
  • Pertimbangkan untuk menggunakan sepatu yang pas, nyaman dan sesuai dengan aktivitas Anda.

Bagaimana penanganan Cedera Medial Malleolus yang tepat?

Diagnosa

Jika hasil pemeriksaan Anda menunjukan:

  • Pemeriksaan menunjukkan ada rasa sakit di sekitar malleolus dan pada titik-titik tertentu pada tibia atau fibula (tulang kaki).
  • Anda tidak bisa berdiri di atas pergelangan kaki Anda tepat setelah cedera, dan Anda tidak bisa berjalan empat langkah pada saat Anda diperiksa oleh dokter.

Maka dokter akan melakukan pemeriksaan foto rontgen pergelangan kaki untuk menentukan apakah Anda mengalami cedera pada medial malleolus. Pemeriksaan medial dapat menegakan diagnosa jika Anda mengalami cedera ini.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Pengobatan Patah Tulang Medial Malleolus

Pengobatan untuk mengobati cedera medial malleolus, dapat dilakukan baik dengan non-bedah dan pembedahan. Secara umum, sebagian besar dokter merekomendasikan operasi untuk patah tulang yang mengalami pergeseran segmen.

 Apalagi cedera terjadi pada pasien yang memiliki rutinitas yang membutuhkan pergelangan kakinya seperti atlet atau tentara.

Perawatan non- bedah

  • Jika cedera tidak disertai dengan patah tulang, maka perawatan dapat dilakukan dengan pemasangan gips kaki pendek atau penyangga yang bisa dilepas.
  • Jika cedera disertai dengan luka terbuka yang menyebabkan pendarahan, dokter akan menangani pendarahan dan memastikan tidak ada pembuluh darah besar atau saraf yang terluka akibat cedera ini. Anda mungkin diberikan antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi, terutama jika luka terbuka berukuran besar.

Perawatan bedah

Sebagian besar kasus patah tulang medial malleolus memerlukan pembedahan bahkan pada patah tulang dengan pergeseran tulang yang sangat minimal (2 mm). Operasi yang dilakukan menggunakan teknik Open Reduction Internal Fixation (ORIF).

Prosedur ini dilakukan dengan memasang sekrup, pin, plat, atau wire khusus untuk merekonstruksi posisi tulang yang mengalami pergeseran..

Meskipun patah tulang medial malleolus merupakan cedera yang serius, prospek pemulihannya cukup baik, dan komplikasinya jarang terjadi. Masa penyembuhan setelah operasi dapat memakan waktu 3 hingga 4 bulan. 

Setelah menjalani operasi disarankan bagi Anda untuk menjalani terapi fisik untuk mengembalikan rentang gerak Anda dan mempercepat penyembuhan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit