Cara Mudah Tidur Nyenyak

Dipublish tanggal: Sep 4, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Tidur merupakan salah satu kegiatan paling penting bagi kesehatan fisik maupun mental. Kualitas tidur ditentukan dari waktu tidur dan kondisi Anda saat bangun di pagi harinya. Apabila tidur Anda berkualitas, maka setelah bangun tidur pagi hari, tubuh Anda akan terasa segar kembali. 

Banyak sekali akibat dari kurang tidur, antara lain : menurunnya kemampuan berkonsentrasi, daya pikir, serta kemampuan bekerja. Apabila Anda terus menerus kurang tidur, maka bisa menyebabkan akibat lebih serius seperti kanker, serangan jantung, diabetes, serta obesitas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Penyebab Sulit Tidur

Setiap orang mungkin saja mengalami kesulitan tidur dengan berbagai macam penyebab, antara lain :  

Usia

Sebagian besar orang dengan usia lebih dari 60 tahun akan mengalami perubahan pola tidur yaitu sulit tidur nyenyak dan sering terbangun saat dini hari. 

Stress

Stress juga dapat menyebabkan Anda tidak dapat tidur dengan nyenyak karena stress merupakan suatu kondisi yang dapat mempengaruhi emosional, fisik, dan perilaku Anda serta menyebabkan tubuh cemas dan tegang. Akibatnya, Anda akan mengalami masalah tidur.

Irama tidur atau ritme sirkadian

Ritme sirkadian merupakan suatu ritme akibat adanya "alarm tubuh" pada manusia. Ritme sirkadian juga dapat mempengaruhi siklus tidur Anda. Apabila semakin stabil dan teratur waktu tidur Anda, maka setiap hari akan terbentuk siklus tidur Anda yang teratur pula. Akibatnya, kualitas tidur Anda juga akan semakin baik. 

Kegiatan-kegiatan seperti olahraga, paparan cahaya, tidur siang, pergi ke suatu daerah dengan zona waktu berbeda, dan sering melihat gawai / gadget sebelum tidur bisa menyebabkan ritme sirkadian Anda berubah dan dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. 

Kondisi medis

Beberapa kondisi medis tertentu juga dapat menyebabkan Anda tidak bisa tidur nyenyak, seperti radang sendi, asma, depresi, nyeri kronis, hipertiroidisme (kelainan tiroid), penyakit asam lambung, dan alergi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Efek zat kimia

Banyak orang beranggapan bahwa mengonsumsi alkohol dan kafein dapat menenangkan ketika tidur. Namun, pada kenyataannya mengonsumsi alkohol dan kafein justru menyebabkan Anda tidak tidak bisa tidur dengan nyenyak dan sering terbangun di malam hari. 

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol juga tidak baik karena justru menyebabkan sakit kepala dan keringat berlebihan

Tips Tidur Nyenyak di Malam Hari 

Berikut adalah tips supaya Anda bisa tidur nyenyak : 

Membuat jadwal tidur tetap

Tidur dengan jadwal tidur tetap dapat membuat Anda dapat tidur lebih nyenyak karena tubuh dan otak Anda membuat alarm alami untuk tidur. Suasana tidur yang senyaman mungkin dan pencahayaan redup dalam kamar tidur juga dapat membantu Anda dapat tidur lebih nyenyak. 

Menghindari olahraga berat sebelum tidur

Melakukan olahraga berat sebelum tidur justru dapat membuat tubuh Anda segar dan terjaga, sehingga menyebabkan Anda semakin sulit tidur setelah berolahraga. Apabila Anda mengalami kesulitan tidur setelah berolahraga, Anda bisa mengganti kegiatan olahraga Anda dengan olahraga ringan seperti yoga. 

Selain itu, Anda juga bisa melakukan kegiatan menenangkan lain seperti mendengarkan musik, membaca buku, atau mandi air hangat sebelum tidur supaya tidur Anda lebih nyenyak. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Membatasi tidur siang

Terlalu banyak waktu tidur siang Anda, maka akan semakin sulit pula tidur Anda ketika malam hari. Maka, sebaiknya Anda membatasi waktu tidur siang Anda, yaitu maksimal 20 menit. Anda juga bisa mengganti kegiatan tidur siang Anda dengan kegiatan lain seperti mengobrol, berjalan kaki, atau minum minuman dingin. 

Menghindari bekerja, menonton TV, dan menggunakan gadget di kamar tidur

Anda bisa membuat pikiran Anda rileks dengan cara menghindari menonton TV, bekerja, dan bermain gadget di kamar tidur. Anda juga bisa menenangkan pikiran dengan sejenak melupakan masalah pekerjaan, ujian, atau deadline lain ketika akan tidur. 

Menghindari konsumsi kopi dan merokok sebelum tidur

Kualitas tidur Anda dapat menurun apabila Anda merokok atau minum kopi sebelum tidur karena kafein dalam kopi dan nikotin dalam rokok dapat menyebabkan Anda sulit mengantuk. Akibatnya, waktu tidur Anda akan berkurang. 

Menghindari makan makanan berat sebelum tidur

Makan makanan berat sebelum tidur dapat menyebabkan pencernaan Anda bekerja sebelum tidur. Akibatnya, Anda akan sulit tidur nyenyak. Apabila Anda lapar sebelum tidur, Anda bisa mengonsumsi makanan ringan seperti susu, biskuit, dan sereal. Anda juga bisa membatasi waktu makan anda yaitu maksimal 1 jam sebelum tidur. 

Tidur sangat penting bagi kesehatan Anda. Tidur memiliki banyak manfaat antara lain : menjaga mood atau suasana hati, menjaga pikiran supaya tidak stress, serta memperkuat daya tahan tubuh

Maka, sangat penting bagi Anda untuk dapat tidur dengan nyenyak. Apabila tips di atas tidak membantu Anda untuk dapat tidur nyenyak, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih optimal.

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Sleep Better, Lead Better. Harvard Business Review. (https://hbr.org/2018/09/sleep-well-lead-better)
How to Sleep Well Despite Changes in Your Schedule. Johns Hopkins Medicine. (https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/how-to-sleep-well-despite-changes-in-your-schedule)
How to sleep better: Tips and home remedies. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325303)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app