Cara Ampuh Mengatasi Gusi Bengkak Bernanah

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Cara Ampuh Mengatasi Gusi Bengkak Bernanah

Ada banyak orang yang menderita akibat rasa sakit pada gigi dan gusi. Salah satu masalah yang tak sedikit orang mengalaminya adalah gusi bernanah, kondisi ini sering disertai juga dengan adanya pembengkakan pada gusi. Keluhan tersebut sudah pasti sangat mengganggu dan menimbulkan penderitaan sehingga harus cepat-cepat diatasi.

Gusi bengkak bernanah merupakan suatu keadaan yang berkaitan dengan infeksi. Gusi yang bernanah menandakan bahwa telah terjadi suatu proses infeksi oleh bakteri pada gusi. Nanah merupakan hasil akhir yang terbentuk dari proses tubuh dalam melawan infeksi. Nanah yang tidak dapat dikeluarkan akan tersimpan di dalam rongga jaringan yang akan menumpuk dan menimbulkan pembengkakan yang disebut dengan abses.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Penyebab dan Gejala Gusi Bengkak Bernanah

Infeksi tidak serta merta terjadi begitu saja, melainkan adanya berbagai faktor penyebab. Sumber infeksi yang dapat menjadi penyebab gusi bernanah dapat berasal dari :

  • Karies (gigi berlubang) : gigi yang berlubang akan menimbulkan infeksi yang kemudian dapat menjalar ke ujung akar gigi, saraf gigi, pembuluh darah hingga akhirnya ke gusi dan tulang untuk menimbulkan abses yang disebut dengan abses periapikal
  • Plak dan karang gigi : plak dan karang gigi yang menumpuk dapat merusak perlekatan antara gusi dan gigi mengakibatkan terjadinya infeksi pada celah antara gusi dan gigi yang dapat menimbulkan abses yang disebut dengan abses periodontal

Gusi yang telah mengalami abses akan menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif terhadap rangsangan panas, dingin, dan tekanan. Pada mulanya nyeri yang ditimbulkan bersifat ringan, lama kelamaan nyeri tersebut semakin bertambah berat dan terasa berdenyut. Gusi akan tampak membengkak dan bewarna kemerahan. 

Jika gusi yang mengalami pembengkakan tersebut pecah, maka akan keluar cairan nanah yang bewarna kekuningan dan berbau busuk. Jika gusi yang mengalami pembengkakan tersebut tidak pecah dan isinya tidak dapat keluar, ada kemungkinan infeksi dapat menyebar ke gigi dan gusi di sekitarnya.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Bernanah

Untuk dapat mengatasi gusi bengkak bernanah ada dua cara yang dapat dilakukan yaitu :

Pengobatan terhadap gejala

Untuk mengatasi rasa nyeri yang ditimbulkan akibat gusi bengkak bernanah dapat dilakukan dengan beberapa hal yaitu:

  • Obat pereda nyeri : meminum obat pereda nyeri seperti asam mefenamat, parasetamol, ibuprofen dan OAINS lainnya dapat dengan cepat menghilangkan rasa nyeri
  • Kompres dingin : mengkompres pipi yang mengalami gusi bengkak dengan es batu yang telah dibungkus dengan kain dapat membantu utuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan
  • Air garam : berkumur dengan larutan garam yang dibuat dengan satu sendok garam dapur yang dilarutkan dalam satu gelas air hangat sebayak tiga kali sehari dapat membantu untuk menenangkan peradangan pada gusi dan mengurangi rasa nyeri
  • Minyak Cengkeh : mengoleskan minyak cengkeh ke gusi yang bengkak tiga kali sehari dapat membantu untuk mengurangi peradangan dan mengurangi rasa nyeri

Baca juga: Cara mengatasi gusi bengkak

Pengobatan terhadap penyebab

Untuk dapat mengobati dengan efektif maka dokter gigi harus melakukan pembersihan terhadap nanahnya terlebih dahulu kemudian meghilangkan infeksi dari sumbernya dengan cara sebagai berikut:

  • Pada abses periapikal atau infeksi yang dimulai dari gigi berlubang, dokter gigi akan membersihkan nanah dan kemudian melakukan perawatan endodontik (saluran akar) sampai bersih. Perawatan ini umumnya memerlukan beberapa kali kunjungan untuk dapat benar – benar bersih dan akhirnya ketika sudah bersih dan tidak terasa sakit lagi maka penambalan terhadap gigi yang berlubang dapat dilakukan.
  • Pada abses periodontal atau infeksi yang dimulai dari plak dan karang gigi yang menumpuk, dokter gigi akan melakukan pembersihan terhadap plak dan karang gigi secara menyeluruh, bahkan ada kemungkinan untuk dilakukan kuretase pada gusi dan penghalusan dari akar gigi yang bertujuan untuk dapat membersihkan permukaan akar gigi dari infeksi bakteri.
  • Setelah perawatan terhadap gigi dan gusi dilakukan, pengobatan dengan antibiotik dapat diberikan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.

Walau bagaimana pun mencegah lebih baik daripada mengobati, coba perhatikan lagi hal-hal yang menyebabkan gusi bernanah dan bengkak seperti di atas, lakukanlah pembenahan apabila Anda masih memilikinya.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Gum disease. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/gum-disease/)
Swollen Gums: Causes, Treatments, and Prevention. Healthline. (https://www.healthline.com/health/gums-swollen)
Swollen gum around one tooth: Causes and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326016.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app