Bolehkah Berolahraga Sebelum Sarapan?

Sarapan sebelum berolahraga memang akan memberikan asupan energi, tetapi tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan tersebut. Oleh karena itu, beberapa ahli menyarankan berolahraga di pagi hari sebaiknya dilakukan sebelum sarapan. Untuk mengetahui apakah berolahraga sebelum sarapan aman bagi kesehatan, simak penjelasan berikut ini.
Dipublish tanggal: Jul 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Bolehkah Berolahraga Sebelum Sarapan?

Sarapan dan berolahraga adalah kegiatan yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan. Namun, saat ingin berolahraga di pagi hari banyak orang yang bingung, apakah harus sarapan dahulu atau tidak. 

Di pagi hari tubuh membutuhkan asupan energi, setelah tidak mengkonsumsi makanan selama tertidur. Saat berolahraga tubuh juga membutuhkan makanan sebagai sumber energi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Sarapan sebelum berolahraga memang akan memberikan asupan energi, tetapi tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan tersebut. Oleh karena itu, beberapa ahli menyarankan berolahraga di pagi hari sebaiknya dilakukan sebelum sarapan. 

Untuk mengetahui apakah berolahraga sebelum sarapan aman bagi kesehatan, simak penjelasan berikut ini.

Berolahraga sebelum sarapan dapat membakar lemak lebih banyak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berolahraga sebelum sarapan aman bagi kesehatan. Bahkan berolahraga sebelum sarapan mampu membakar lemak 20% lebih banyak. 

Energi yang dibakar saat berolahraga sebelum sarapan lebih banyak didapatkan dari cadangan lemak, sehingga penurunan berat badan juga lebih cepat.

Selain itu, melakukan olahraga sebelum sarapan juga akan membuat tubuh tidak cepat lapar. Hal ini disebabkan perubahan kinerja hormon insulin dalam tubuh. Berolahraga sebelum sarapan akan membantu tubuh beradaptasi dengan produksi hormon insulin

Setelah makan, hormon insulin akan bekerja lebih efektif dalam menyerap nutrisi makanan, sehingga tubuh akan kenyang lebih lama.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Melakukan olahraga sebelum sarapan juga meningkatkan kinerja hormon pertumbuhan. Hal ini akan menyebabkan pembentukan otot dan tulang menjadi lebih baik. Namun, semua efek ini akan didapatkan jika cukup tidur di malam hari.

Tidak semua olahraga dapat dilakukan sebelum sarapan

Jika Anda berolahraga untuk menurunkan berat badan, melakukan olahraga sebelum sarapan memang efektif membakar lemak dalam jumlah lebih banyak. 

Namun, jika Anda berolahraga untuk meningkatkan kebugaran, kekuatan, dan kecepatan, melakukan olahraga sebelum sarapan kurang efektif dilakukan.

Bagi penderita diabetes, sangat tidak disarankan melakukan olahraga sebelum sarapan. Penderita diabetes sering mengalami kekurangan kadar gula darah. Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan mengonsumsi sedikit cemilan sebelum berolahraga.

Menu sarapan sebelum berolahraga

Agar tubuh berenergi saat berolahraga di pagi hari, tidak ada salahnya mengonsumsi makanan yang bergizi sebelum berolahraga. Sebaiknya konsumsilah makanan dalam jumlah yang sedikit, agar tidak mengganggu sistem pencernaan

Berikut beberapa makanan bergizi yang dapat dikonsumsi sebelum berolahraga

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Telur

Telur merupakan salah satu makanan bergizi yang dapat dikonsumsi sebelum berolahraga. Dalam sebutir telur terkandung protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh saat berolahraga.

Yogurt

Yogurt mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam yogurt antara lain kalsium, magnesium, dan kalium. Sebaiknya pilihlah yogurt plain untuk menghindari tambahan gula yang berlebihan. 

Agar lebih lezat, Anda bisa menambahkan madu atau buah-buahan saat mengonsumsi yogurt.

Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang kaya serat dan vitamin. Mengkonsumsi oatmeal akan membuat Anda lebih berenergi. Selain itu, kandungan serat di dalam oatmeal, akan membuat Anda kenyang lebih lama. Oatmeal juga mengandung karbohidrat yang akan memberikan asupan energi saat berolahraga.

Susu

Susu merupakan minuman yang kaya protein. Selain itu, susu juga mengandung lemak yang akan memberikan energi saat berolahraga.

Berolahraga pagi sebelum sarapan memang tidak ada salahnya. Bahkan berolahraga sebelum sarapan akan membakar lemak lebih banyak, sehingga proses penurunan berat badan lebih cepat. 

Namun, jika Anda tidak kuat melakukan olahraga sebelum sarapan, tidak ada salahnya mengkonsumsi sedikit makanan terlebih dahulu. Anda dapat mengkonsumsi telur, yogurt, oatmeal, atau susu sebelum berolahraga.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Exercise before breakfast 'leads to extra weight loss'. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/news/lifestyle-and-exercise/exercise-before-breakfast-leads-to-extra-weight-loss/)
Exercising before breakfast may be most healthful choice. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326811)
Eating and exercise: 5 tips to maximize your workouts. Mayo Clinic. (https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/exercise/art-20045506)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app