Berhenti Merokok? Inilah 7 Manfaat yang Bisa Langsung Dirasakan

Banyaknya manfaat yang bisa langsung Anda rasakan setelah berhenti merokok bisa menjadi alasan kuat meninggalkan rokok.
Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Berhenti Merokok? Inilah 7 Manfaat yang Bisa Langsung Dirasakan

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang harus segera dihentikan. Namun, tidak mudah untuk bisa menjauhi rokok karena kandungan nikotin yang membuat perokok mengalami ketergantungan. 

Banyaknya manfaat yang bisa langsung Anda rasakan setelah berhenti merokok bisa menjadi alasan kuat meninggalkan rokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

1. Pernapasan menjadi lebih lega

Dengan berhenti merokok, kapasitas paru-paru akan meningkat hingga 10% dalam waktu sembilan bulan sehingga Anda menjadi lebih mudah bernapas dan lebih sedikit batuk. Bagi Anda yang berusia 20-30an mungkin tidak merasakan efek merokok terhadap kapasitas paru-paru, kecuali saat Anda berlari.

Pertambahan usia menyebabkan kapasitas paru-paru pada manusia terus berkurang, terlebih pada usia lanjut sehingga kapasitas paru-paru menjadi bagian penting untuk memiliki tubuh yang sehat. 

Dengan kapasitas paru-paru yang lebih besar dan tubuh yang sehat bisa mencegah kita mudah lelah, meskipun pada usia lanjut.

2. Tenaga lebih besar

Setelah Anda berhenti merokok dalam waktu 2-12 minggu, sirkulasi darah Anda akan meningkat sehingga membuat Anda lebih mudah dalam melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan dan berlari. Tenaga yang lebih besar juga membantu Anda dalam melakukan berbagai aktivitas dan tidak mudah merasa lelah.

Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga akan terdorong sehingga tidak mudah terserang penyakit, seperti pilek dan flu. Oksigen dalam tubuh akan mengalami peningkatan sehingga mengurangi kemungkinan sakit kepala. Tubuh yang lebih sehat pun akan Anda dapatkan.

3. Menurunkan tingkat stres

Bagi para perokok aktif, nikotin dianggap sebagai penyelesaian masalah karena mereka akan merasa lebih tenang. Tapi, perasaan yang jauh lebih tenang dari stres akan Anda rasakan jika Anda berhasil menjauhi rokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Apabila Anda menjadikan rokok sebagai pelarian untuk mengurangi stres, maka mulai sekarang carilah pelarian lain yang lebih sehat, seperti olahraga, berlibur, atau kegiatan lainnya.

4. Meningkatkan kualitas hubungan seksual

Aliran darah pada tubuh akan meningkat setelah Anda berhenti merokok. Hal ini akan bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas. Pria yang sudah berhenti merokok akan lebih mudah mendapatkan ereksi dan wanita pun bisa meningkatkan rangsangan untuk mencapai orgasme lebih mudah.

Pasalnya, orang yang tidak merokok lebih mudah memiliki anak karena sperma akan menguat dan lapisan rahim meningkat. Selain itu, risiko keguguran juga lebih kecil pada orang yang tidak merokok.

5. Membuat kulit awet muda

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa berhenti merokok mampu memperlambat penuaan wajah dan mencegah munculnya keriput. Hal ini dikarenakan orang yang berhenti merokok mendapatkan lebih banyak oksigen dan nutrisi. 

Berhenti merokok juga bisa mengembalikan kerutan dan kulit pucat yang biasanya dimiliki perokok.

6. Membuat hidup lebih lama

Merokok dalam jangka panjang dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti jantung, bronkitis kronis dan kanker paru-paru yang meningkatkan risiko meninggal. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Apabila Anda berhenti merokok pada usia 30 tahun, usia Anda akan bertambah 10 tahun lagi dan akan bertambah 3 tahun lagi jika Anda berhenti merokok di usia 60.

7. Melindungi orang yang dicintai

Bahaya rokok tidak hanya dialami oleh perokoknya, tapi juga mereka yang menghirup asap rokok atau yang sering disebut sebagai perokok pasif. Dengan berhenti merokok, maka Anda juga melindungi kesehatan orang-orang di sekitar, seperti pasangan, anak, orang tua, teman atau orang lain di sekitar.

Perokok pasif juga bisa terkenal risiko penyakit jantung, stroke hingga kanker paru-paru. Tidak jarang anak-anak mengalami pneumonia, asma, infeksi telinga hingga sesak napas karena mereka terkontaminasi dengan asap rokok.

Jadi, berhenti merokok adalah pilihan yang bijak karena tidak hanya bermanfaat untuk Anda, tapi juga bermanfaat untuk orang-orang di sekitar Anda. Kuatkan komitmen Anda dan hadapi semua godaan bersama dukungan orang-orang tercinta.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app