Berapa Lama Istirahat Yang Ideal Ketika Sedang Sakit Flu Atau Pilek?

Dipublish tanggal: Jul 5, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Okt 16, 2019 Waktu baca: 2 menit
Berapa Lama Istirahat Yang Ideal Ketika Sedang Sakit Flu Atau Pilek?

Ketika Anda sedang mengalami sakit flu atau pilek maka dianjurkan untuk izin tidak masuk kerja dan beristirahat di rumah. Kita ketahui bersama kalau penyakit flu ini sangat rentan untuk menular ke orang lain. 

Selain itu bagi Anda yang sedang terserang flu, bisa jadi sangat menyebalkan dan dapat mengganggu aktivitas Anda. Oleh sebab itu berapa lama Anda harus beristirahat agar dapat kembali menjalankan aktivitas seperti biasa ? Berikut ini ulasannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Ketika Terserang Flu Atau Pilek Lebih Baik Istirahat di Rumah Agar Tidak Menular

Mungkin Anda baru menyangka kalau sedang menderita penyakit flu atau pilek. Mengingat Anda baru saja merasakan gejala penyakit flu atau pileknya. Flu ini ditandai dengan hidung mampet, berair, sakit kepala, dan demam

Ternyata penularan flu ini sebenarnya sudah berlangsung sekitar 5 sampai 7 hari setelah gejala flu ini menyerang tubuh. Penularan penyakit flu ini akan berlangsung lebih lama pada tubuh anak-anak dan bagi orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Sehingga flu ini dapat bertahan hingga lebih dari 7 hari.

Pertanda apabila terjadi penularan flu ini dimulai ketika anda mulai merasakan demam. Walaupun anda belum merasakan gejala flu atau pilek, namun partikel udara yang sudah mengandung virus penyakit flu ini sudah dapat menular ke orang lain. Penularan ini dapat terjadi ketika anda bersin, batuk dan bahkan ketika anda berbicara.

Kita ketahui bersama bahwa cipratan air liur pada udara yang sudah mengandung virus flu ini dapat menyebar sejauh 4 meter dari jangkauan anda. Inilah dasar yang menyebabkan penyakit flu ini sangat mudah tersebar dan menular kepada orang lain.

Berapa Lama Istirahat Di Rumah Setelah Terkena Flu Atau Pilek?

Walaupun penyakit flu atau pilek ini sering disepelekan, namun mulai sekarang tidak boleh dibiarkan. Flu atau pilek ini sangat mudah menular kepada orang lain. Apalagi terdapat orang di sekitar anda yang sistem kekebalan tubuhnya menurun maka proses penularannya akan lebih cepat.   

Melihat proses penularan yang begitu mudah dan cepat maka disarankan anda untuk istirahat di rumah sejak pertama kali merasakan demam sampai 24 jam setelah demam pada tubuh menurun. Demam turun itu tanpa Anda mengkonsumsi obat penurun demam. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Ketika demam anda turun setelah meminum obat demam, namun demamnya kembali naik setelah pengaruh obat habis maka dapat dikatakan kalau Anda sebenarnya belum sembuh total. Itu artinya Anda masih berpotensi dapat menularkan virus flu kepada orang lain.

Proses cepat lambatnya sembuh dari penyakit flu atau pilek ini sebenarnya bergantung dari sistem kekebalan tubuh Anda. Terdapat sebagian orang yang terkena flu membutuhkan sekitar 7 sampai 14 hari baru sembuh total. 

Gejala penyakit flu ini sebenarnya hanya berlangsung beberapa hari saja, yang membuat lama yaitu sisa-sisa penyakit dapat bertahan hingga 2 minggu lebih.

Ketika sakit flu yang Anda derita semakin parah maka anda dianjurkan untuk lebih lama beristirahat di rumah. Hal ini disampaikan oleh para ahli bahwa setiap orang yang mengalami penyakit flu seperti muntah, diare, batuk berdahak, demam atau kecapekan, lebih baik menghabiskan waktu istirahat di rumah. 

Mengingat gejala tersebut sangat mudah menular kepada orang lain.

Untuk itu Anda pastikan segera periksa ke dokter ketika penyakit flu ini tidak segera sembuh. Hal ini dikhawatirkan terdapat komplikasi pada sistem pernapasan anda. Setelah itu Anda istirahat di rumah untuk mencegah penularan. Pilih makanan yang cocok dikonsumsi seperti madu, sup hangat dan pisang untuk mempercepat penyembuhan.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How Long Does a Cold or the Flu Last?. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/flu/guide/how-long-does-the-flu-last/)
7 Answers on Tamiflu: Is It Best to Help You Fight Flu?. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/tamiflu-most-effective-if-you-are-at-risk-for-complications/)
How long does the flu last? Timeline and recovery. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325063)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app