Beragam Kemungkinan Penyebab Mati Rasa pada Wajah yang Penting Diketahui

Beberapa penyakit yang dapat mengganggu kesehatan Anda yang menyebabkan munculnya sensasi mati rasa di wajah, antara lain:
Dipublish tanggal: Sep 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Apr 1, 2020 Waktu baca: 3 menit
Beragam Kemungkinan Penyebab Mati Rasa pada Wajah yang Penting Diketahui

Sebagian orang pasti pernah mengalami kondisi mati rasa atau kesemutan dalam kesehariannya. Mati rasa dan sensasi kesemutan dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, seperti di tangan, kaki, bahkan wajah. 

Saat sensasi ini muncul, banyak yang menganggapnya sebagai akibat dari duduk atau berdiri dalam waktu yang cukup lama. Padahal, terdapat hal lain yang menjadi penyebab timbulnya sensai mati rasa atau kesemutan pada berbagai bagian tubuh, terutama bagian wajah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Mati rasa yang Anda alami di bagian wajah bisa jadi disebabkan oleh beberapa penyakit yang perlu diwaspadai dan membutuhkan penanganan yang serius. 

Saat terjadi kerusakan atau iritasi pada bagian saraf wajah Anda, maka Anda pun akan mengalami sensasi mati rasa di wajah. Apabila Anda mengalami keluhan ini, Anda perlu mewaspadainya, karena sensasi mati rasa tersebut bisa menjadi pertanda bahwa ada gangguan kesehatan tertentu yang mendasari kemunculannya. 

Beberapa penyakit yang muncul ditandai dengan gejala mati rasa pada wajah 

Beberapa penyakit yang dapat mengganggu kesehatan Anda yang menyebabkan munculnya sensasi mati rasa di wajah, antara lain:

1. Diabetes 

Menjadi penyakit yang sering dialami oleh sebagian orang, diabetes merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya peningkatan kadar gula darah

Jika penyakit ini tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat dan berkelanjutan, diabetes dapat menyebabkan penderitanya mengalami berbagai komplikasi, salah satunya adalah gangguan saraf atau neruopati diabetik. 

Gangguan inilah yang dapat menimbulkan sensasi mati rasa di bagian tubuh manapun, termasuk mati rasa pada wajah dan kaki. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

2. Stroke 

Penyakit yang terjadi saat aliran darah ke otak terganggu karena adanya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah menjadi salah satu penyebab keluhan mati rasa. Kondisi ini membuat otak tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan. 

Selain keluhan mati rasa atau kelumpuhan yang terjadi pada wajah, lengan, dan kaki, penyakit stroke juga memunculkan gejala seperti kesulitan dalam berbicara, kesulitan melihat (baik pada satu mata atau keduanya), dan kesulitan berjalan. 

3. Multiple sclerosis 

Kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang selaput pelindung saraf (mielin) yang mampu melumpuhkan otak dan sumsum tulang belakang disebut dengan multiple sclerosis.

Penyakit ini dapat memunculkan gejala, seperti mati rasa yang terjadi hanya di salah satu anggota tubuh, termasuk wajah serta mengalami sensasi yang terasa seperti sengatan listrik saat menggerakan leher. 

4. Bell’s palsy 

Memiliki gejala yang hampir sama dengan stroke membuat Bell’s palsy seringkali dianggap sebagai penyakit yang terjadi akibat peyumbatan atau pecahnya pembuluh darah tersebut. Bell’s palsy merupakan kondisi di mana seseorang mengalami kelumpuhan yang terjadi pada otot-otot di salah satu sisi wajah. 

Kondisi ini terjadi ketika saraf yang berperan dalam mengendalikan wajah mengalami gangguan akibat adanya peradangan

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Akibat penyakit ini, penderitanya seringkali tidak dapat menutup salah satu mata dan mengalami rasa nyeri yang timbul pada otot-otot wajah. Tidak hanya itu, Bell’s palsy juga dapat membuat salah satu sisi wajah penderitanya yang mengalami kelumpuhan menjadi mati rasa. 

5. Migrain hemiplegia

Migrain hemiplegia merupakan salah satu jenis migrain yang sangat jarang terjadi dan sangat serius. 

Memiliki gejala yang hampir sama dengan penyakit stroke, migrain ini memunculkan gejala yang menyebabkan kelemahan pada otot sehingga penderitanya mengalami kelumpuhan sementara pada satu sisi tubuh atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah hemiplegia. 

Gejala yang timbul akibat migrain hemiplegia dapat meliputi mati rasa yang hanya terjadi pada satu sisi tubuh, mulai dari lengan, kaki, serta berkurangnya keseimbangan dan koordinasi. 

Kondisi mati rasa yang terjadi pada wajah Anda merupakan hal yang tidak bisa dianggap remeh. Jika mengalami mati rasa dengan berbagai keluhan lainnya, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter saraf. 

Saat menjalani pemeriksaan, dokter akan mencari tahu dan memastikan apa yang menjadi penyebab dari sensasi mati rasa pada wajah yang Anda alami dan menentukan penanganan yang tepat untuk diberikan sesuai dengan penyebab kondisi mati rasa. 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Numb face: 5 causes and what to do. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326933)
Left sided facial numbness: Causes and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326530)
Why Is My Face Numb? 8 Possible Causes of Facial Numbness. WebMD. (https://www.webmd.com/a-to-z-guides/face-numb-causes#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Kenali Penyebab Mati rasa Di Paha
Kenali Penyebab Mati rasa Di Paha

Infeksi atau kerusakan saraf dapat menyebabkan Anda mengalami mati rasa dan kesakitan, khususnya di daerah paha.Ada banyak kondisi medis yang terkait dengan mati rasa di paha, diantaranya adalah:

Buka di app