Jangan Langsung Minum Kopi Setelah Minum Obat, Ini Bahayanya

Dipublish tanggal: Jul 2, 2019 Update terakhir: Mei 27, 2021 Tinjau pada Okt 2, 2019 Waktu baca: 2 menit
Jangan Langsung Minum Kopi Setelah Minum Obat, Ini Bahayanya

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Minum kopi setelah minum obat tersebut dapat menyebabkan detak jantung naik drastis dan ini tidak baik untuk kesehatan jantung.
  • Kandungan kafein dari kopi dapat mengganggu proses penyerapan obat di dalam lambung serta usus halus, sehingga obat tidak dapat bekerja secara maksimal
  • Air putih tetap menjadi minuman terbaik yang harus dikonsumsi saat minum obat dan setelahnya.
  • Bila ingin meminum kopi, sebaiknya berikan jeda 2-3 jam setelah minum obat untuk menghindari risiko efek samping yang ditimbulkan.
  • Klik untuk mendapatkan obat-obatan yang Anda butuhkan ke rumah di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Bagi sebagian orang, meminum kopi adalah ritual harian di pagi hari yang sangat penting untuk memulai aktivitas. Meski bisa membantu menenangkan dan menyegarkan pikiran, jangan pernah minum kopi setelah Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu. Bukannya bermanfaat, minum kopi setelah minum obat justru dapat mengancam kesehatan tubuh Anda.

Bahaya minum kopi setelah minum obat

Ada beragam bahaya yang mengintai jika Anda langsung minum kopi setelah minum obat, antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

1. Denyut jantung tidak normal (aritmia)

Setelah minum kopi, mata yang semula mengantuk langsung berubah jadi melek dan lebih waspada. Hal ini terjadi karena efek kafein mampu merangsang kerja otak dan jantung. 

Reaksi ini bisa diperparah bila Anda langsung minum kopi setelah minum obat. Contohnya ialah efedrin dan fenilpropanolamin, dua jenis obat yang biasa digunakan untuk mengatasi gejala flu dan hidung tersumbat.

Efek minum kopi setelah minum obat tersebut dapat menyebabkan detak jantung Anda naik drastis. Hal ini tentu saja sangat buruk pada kesehatan jantung Anda. Dampak ini juga bisa dirasakan bila Andaminum obat asma, theophylline, antidepressan dan obat antipsikotik, kelompok antibiotik kuinolon, hingga pil KB lalu langsung minum kopi setelahnya.

Baca selengkapnya: Penyebab Jantung Berdebar Sesudah Minum Kopi

Dengan kata lain, minum kopi setelah minum obat sangat tidak dianjurkan. Air putih tetap menjadi minuman terbaik yang harus dikonsumsi saat minum obat dan setelahnya.

Bila Anda ingin meminum kopi, sebaiknya berikan jeda 2-3 jam setelah minum obat. Hati-hati, minum kopi langsung setelah minum obat juga dapat memicu keracunan karena kafein akan bertahan lebih lama didalam tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

2. Bikin obat tidak manjur

Ketika Anda langsung minum kopi setelah minum obat, khasiat dan manfaat obat akan lebih lama muncul bahkan bisa jadi kurang manjur. Pasalnya, kandungan kafein dari kopi dapat mengganggu proses penyerapan obat di dalam lambung serta usus halus, sehingga obat tidak dapat bekerja secara maksimal. Hal ini sering terjadi saat Anda mengonsumsi obat-obatan golongan antridepresan, esterogen, serta obat-obatan untuk mengatasi gangguan tiroid dan osteoporosis.

Efek samping kopi saat diminum bersama obat sering kali terlupakan karena orang lebih peduli pada efek samping dari kopi itu sendiri, misalnya jantung berdebar-debar dan susah tidur. Padahal, efek samping minum kopi bisa lebih beragam.

Sebuah penelitian pada tahun 2008 membuktikan bahwa minum kopi dapat menurunkan efektivitas obat levothyroxine, salah satu jenis obat yang digunakan untuk menangani gangguan tiroid, bahkan sampai 55% ketika keduanya diminum bersamaan. Efek serupa juga terjadi pada obat-obatan lain seperti alendronate, sejenis obat osteoporosis yang tingkat efektifitasnya menurun hingga 60%.

Maka dari itu, sebaiknya selalu gunakan air putih saat minum obat agar terserap lebih maksimal dalam tubuh. Bila Anda ingin minum kopi setelah minum obat, berikan jeda 2-3 jam supaya efek sampingnya tidak mengganggu tubuh.

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Anda Harus Menghindari Minum Kopi Saat Perut Kosong

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
American Association of Retired Persons. Coffee Caution: It Can Interfere With Some Medications. (https://blog.aarp.org/healthy-living/coffee-caution-it-can-interfere-with-some-medications). 5 Desember 2011.
The Health Site. Is it OK to take medicines with soft drinks, coffee, milk or juices? (https://www.thehealthsite.com/diseases-conditions/is-it-ok-to-take-medicines-with-soft-drinks-coffee-milk-or-juices-bs1017-527100/). 24 Oktober 2017.
How Coffee Interferes With Thyroid Medication. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/coffee-and-thyroid-medication-3233255)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app