HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Lebih Baik Kopi Dengan Gula atau Tanpa Gula?

Dipublish tanggal: Agu 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 1, 2020 Waktu baca: 2 menit
Lebih Baik Kopi Dengan Gula atau Tanpa Gula?

Masyarakat di Indonesia masih menjadikan kopi salah satu minuman primadona dari berbagai kalangan. Bahkan banyak orang terbiasa minum kopi secara rutin sebagai penambah semangat terutama di pagi hari.

Namun tanpa Anda sadari banyak cara untuk bisa menikmati secangkir kopi. Ada yang menambahkan gula sebagai penambah rasa manis dan ada yang tidak, tergantung selera masing-masing. Adakah perbedaan terhadap keduanya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Minum kopi tanpa gula

Beberapa orang menyukai kopi hitam yang dominan pahit tanpa gula. Tentu saja hal tersebut tergantung pada kebiasaan. Inilah beberapa dampak yang terjadi saat minum kopi tanpa gula, antara lain:

  • Kopi hitam tanpa campuran gula mengandung antioksidan yang baik untuk jantung dan pembuluh darah.
  • Kandungan kafein sebagai bahan aktif penambah rasa semangat yang positif. Kafein akan masuk ke pembuluh darah dalam jangka waktu 20 menit pertama dan bertahan selama 12 jam. Membuat denyut jantung, tekanan darah dan energi meningkat dengan cukup signifikan.
  • Pengendali waktu tidur, kandungan kafein melalui zat Adesonin mengakibatkan Anda tidak mudah mengantuk setelah minum kopi.
  • Mempengaruhi hormon serotonin, kopi yang Anda minum akan membantu suasana hati menjadi lebih baik. Namun keadaan tersebut akan menurun pada tiga atau empat jam selanjutnya, sehingga rasa kantuk dan lelah akan kembali Anda rasakan.

Minum kopi tanpa gula

Tambahan gula pada secangkir kopi masih diperbolehkan, namun dalam jumlah yang teratur. Akan tetapi kopi manis menjadi menu yang sangat disukai oleh setiap orang, yakni dengan memasukkan gula dalam jumlah yang terlalu banyak.

Kopi dengan gula yang cukup tinggi akan mudah ditemukan dalam kopi instan yang tersedia dalam kemasan satu kali seduh. Biasanya dalam satu menu Cappucino telah mengandung 77 kalori dan 4gr lemak. Peran gula dalam kopi memang cukup signifikan untuk Anda rasakan setiap hari.

Saat Anda minum kopi dengan gula, otak akan mengeluarkan hormon dopamin yang berakibat pada meningkatnya suasana hati. Namun hal ini akan membuat Anda ketagihan gula dalam jumlah yang banyak dan mengakibatkan penumpukan lemak di dalam tubuh. 

Kopi dengan gula akan membuat peningkatan hormon Insulin yang baik untuk memperbaiki kinerja otak. Akan tetapi jika gula dikonsumsi secara berlebihan akan membuat kadar gula menjadi anjlok, kemudian sumber energi akan menurun secara drastis. 

Mengakibatkan tubuh menjadi lesu dan tidak bersemangat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Anda pilih yang mana?

Minum kopi tanpa gula dianggap lebih baik jika dibandingkan kopi dengan tambahan gula. Beberapa manfaat lainnya adalah mampu memperbaiki sistem saraf di dalam tubuh. 

Hal itu semakin diperkuat dengan sebuah penelitian yang diadakan di John Hopkins University di Amerika Serikat, menyatakan fakta baru tentang minum kopi tanpa gula. Disebutkan mampu meningkatkan daya ingat menjadi lebih baik. 

Bahkan pada 200 ml kopi yang Anda konsumsi dapat membuat kondisi tubuh lebih prima dan bertahan selama 24 jam.

Anda juga tidak disarankan minum kopi tanpa gula secara berlebihan. Hal itu berkaitan dengan pola tidur setiap hari. Usahakan tidak minum kopi lebih dari 3 cangkir setiap hari untuk menyeimbangkan kondisi tubuh.  

Apabila Anda sedang berusaha untuk mulai minum kopi tanpa gula, ada baiknya secara perlahan mengurangi kadar gula secara bertahap. Sehingga lidah menjadi terbiasa untuk minum kopi tanpa gula atau tambahan pemanis lainnya. 

Kemudian nikmati kopi setiap pagi sebelum beraktifitas. Selamat mencoba!

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Coffee: Benefits, nutrition, and risks. Medical News Today. (Accessed via: https://www.medicalnewstoday.com/articles/270202)
Health Benefits of Black Coffee. Livestrong.com. (Accessed via: https://www.livestrong.com/article/77167-health-benefits-black-coffee/)
Is coffee good for you or not?. American Heart Association. (Accessed via: https://www.heart.org/en/news/2018/09/28/is-coffee-good-for-you-or-not)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app