Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Artichoke: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: SEP 15, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 389.716 orang

Apa Anda pernah mendengar kata artichoke? Atau apakah Anda mengetahui apa itu artichoke? Bagi sebagian orang mungkin artichoke sudah tidak asing lagi karena seringkali menjadikannya sebagai sayuran pelengkap makan.

Akan tetapi, ternyata artichoke juga merupakan herbal yang memiliki berbagai kegunaan. Bagi Anda yang tidak tahu, sangatlah penting untuk mengetahui karakteristik herbal artichoke.

Jadi, mari simak detil herbal artichoke di bawah ini.

Mengenai Artichoke

Artichoke merupakan tunas bunga thistle berwarna hijau yang ekstraknya dijadikan sebagai pemanis dalam minuman maupun sebagai obat herbal.

Ekstrak artichoke mengandung konsentrasi tinggi senyawa tertentu yang berguna bagi kesehatan. Artichoke banyak dibudidayakan di wilayah Mediterania, dan Eropa Tengah. Artichoke telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat herbal.

Golongan

Obat atau suplemen herbal artichoke dijual bebas, namun lebih disarankan untuk mendiskusikan penggunaanya dengan dokter.

Kemasan

Ekstrak artichoke dijadikan obat atau suplemen herbal berupa tablet, dan tingtur (cairan).

Kandungan

Secara nutrisi, kepala artichoke mengandung lemak, karbohidrat, dan protein. Artichoke juga mengandung serat, kalsium, fosfor, kalium, asam folat, vitamin C, niasin, tiamin, dan karotenoid. Selain itu, artichoke juga merupakan sumber asam lemak tak jenuh, dan berada di antara sayuran yang paling kaya antioksidan.

Manfaat Artichoke

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak artichoke dapat mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti mual, muntah, perut kembung, dan sakit perut.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa ekstrak artichoke dapat mengurangi kolesterol pada orang dengan kolesterol tinggi.

Selain itu, artichoke digunakan untuk merangsang aliran empedu dari hati, mengurangi gejala mulas, mabuk karena alkohol, iritasi usus, masalah ginjal, anemia, radang sendi, infeksi kandung kemih, dan masalah hati termasuk hepatitis C.

Artichoke juga digunakan sebagian orang untuk mengobati gigitan ular, mencegah batu empedu, menurunkan tekanan darah, menurunkan gula darah, meningkatkan aliran urin, dan dijadikan pula sebagai tonik atau stimulan.

Akan tetapi, masih dibutuhkan lebih banyak bukti untuk menilai efektivitas penggunaan artichoke ini.

Efek Samping Artichoke

Artichoke aman bila diminum sebagai obat, dan hanya memiliki sedikit efek samping. Hal tersebut telah terbukti dalam penelitian. Akan tetapi, pada beberapa orang, artichoke dapat menyebabkan efek samping seperti sakit perut, kembung, dan diare

Artichoke juga dapat menyebabkan reaksi alergi. Bila Anda memiliki alergi terhadap tanaman seperti marigold, aster, dan tumbuhan sejenis lainnya, penggunaan artichoke mungkin akan menimbulkan alergi pada tubuh Anda.

Dosis Artichoke

Dosis berikut telah dipelajari dalam penelitian ilmiah:

  • 320-640 mg ekstrak daun artichoke telah digunakan tiga kali sehari hingga 8 minggu untuk gangguan pencernaan.
  • 500-1920 mg ekstrak artichoke telah diminum setiap hari dalam dosis terbagi untuk kolesterol tinggi.
  • Larutkan 20 tetes tingtur artichoke dalam ½ gelas air (100 ml)  sebanyak 2-3 kali sehari.
  • Minumlah suplemen tablet artichoke sebanyak 1-2 tablet setiap hari.

Interaksi Artichoke

Herbal artichoke dapat berpengaruh pada obat yang saat ini Anda konsumsi atau kondisi medis tertentu yang terjadi pada Anda.

Sebelum menggunakan herbal ini, ada baiknya bila Anda berkonsultasi pada dokter.

Perhatian

Tidak ada informasi yang cukup tentang keamanan menggunakan artichoke bagi anak-anak, ibu hamil maupun ibu menyusui. Jadi, hindarilah penggunaannya agar tetap aman. 

Sementara itu, jika Anda memiliki penyumbatan saluran empedu, jangan gunakan artichoke sebelum berdiskusi dengan dokter. Ada kekhawatiran bahwa artichoke dapat memperburuk penyumbatan saluran empedu dengan meningkatkan aliran empedu

Artichoke juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang yang sensitif terhadap keluarga Asteraceae/Compositae. Anggota keluarga ini, meliputi ragweed, krisan, marigold, aster, dan lainnya.  

Bila Anda memiliki alergi, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakan artichoke.

Artichoke juga bisa memperburuk batu empedu dengan meningkatkan aliran empedu. Jadi, tetaplah berhati-hati dalam menggunakannya.

Demikian berbagai hal mengenai herbal artichoke yang dapat Anda ketahui. Bila Anda teratrik atau memerlukan pengobatan dengan artichoke, konsultasikanlah pada dokter Anda. Hal tersebut dilakukan agar kondisi Anda selalu terpantau, dan Anda bisa mendapatkan manfaat penuh dari herbal ini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp